-->

Notification

×

Iklan

Iklan

LATIHAN MENYUSUN PETA KONSEP PENELITIAN SKRIPSI

Thursday, November 21, 2019 | 10:06:00 AM WIB Last Updated 2022-09-23T14:36:46Z

Latihan membuat peta konsep sangat penting untuk penguatan skill akademik bagi penyusunan paper atau penulisan penelitian skripsi. Peta konsep dapat disamakan dengan istilah kerangka berpikir, kerangka teori, dan landasan teori.



Peta Konsep
Peta konsep adalah suatu gambar yang memaparkan struktur konsep yaitu keterkaitan antar konsep dari suatu gambaran yang menyatakan hubungan yang bermakna antarakonsep-konsep dari suatu materi pelajaran yang dihubungkan dengan suatu kata penghubung sehingga membentuk suatu proposisi.

Kerangka Berpikir
Kerangka berpikir adalah serangkaian konsep dan kejelasan hubungan antar konsep tersebut yang dirumuskan oleh peneliti berdasar tinjauan pustaka, dengan meninjau teori yang disusun dan hasil-hasil penelitian yang terdahulu yang terkait.

Kerangka Teori
Kerangka teori adalah kemampuan seorang peneliti dalam mengaplikasikan pola berpikirnya dalam menyusun secara sistematis teori-teori yang mendukung permasalahan penelitian. Teori berguna menjadi titik tolak atau landasan berpikir dalam memecahkan atau menyoroti masalah.

Landasan Teori
Landasan teori adalah seperangkat definisi, konsep serta proposisi yang telah disusun rapi serta sistematis tentang variable-variabel dalam sebuah penelitian. Landasan teori ini akan menjadi dasar yang kuat dalam sebuah penelitian yang akan dilakukan.

Latihan menyusun peta konsep penelitian skripsi diterapkan kepada mahasiswa Semester VII Jurusan Ilmu Hadis Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati. Beberapa peta konsep di bawah ini:






















Adapun alur pelaksanaan studi lapangan Living Hadis di bawah ini:


×
Berita Terbaru Update