ANALISIS DATA KUALITATIF DENGAN PERANGKAT NVIVO





ANALISIS DATA KUALITATIF DENGAN PERANGKAT NVIVO





Berbagai aplikasi untuk membantu pengolahan data terus menjamur. Aplikasi untuk pengolahan data kuantitatif tumbuh lebih pesat. Hadir pula aplikasi untuk pengolahan data kualitatif bernama NVivo.

NVivo adalah perangkat lunak yang dirancang untuk para peneliti kualitatif yang bekerja menggunakan informasi berbasis teks dan atau multimedia. Perangkat ini bermanfaat untuk memudahkan para peneliti kualitatif secara efektif, membantu penyusunan desain penelitian, dan memberikan fasilitas untuk menganalisis konten. 

Langkah pertama create new project yang berfungsi memasukan file referensi yang digunakan dalam penelitian. Secara otomatis, peneliti dapat melakukan import berbagai jenis data dari berbagai repositori termasuk data dari media sosial Twitter atau Facebook. Secara otomatis pula, perangkat ini mampu mengklasifikasi dan mengelompokan data-data yang berupa teks yang sedang diteliti dengan terlebih dahulu membuat koding. Ini sangat memudahkan peneliti dalam langkah review referensi.

Secara otomatis, perangkat ini melakukan pengolahan terhadap data-data yang telah diklasifikasikan. Peneliti dapat memanfaatkan fasilitas text search untuk mencari kata-kata yang serupa dalam seluruh data. Peneliti dapat mengetahui kata-kata yang sering muncul dan dapat melihat hubungan kata dengan kata lainnya. Peneliti dapat menganalisis kecenderungan kata yang sering ditulis dalam media social. Selebihnya, peneliti dapat menghubungkan beberapa variabel yang berbeda kedalam sebuah tabel. 

Lebih jelas lagi tentang penggunaan aplikasi NVivo silahkan klik laman FISIPOL UGMini. Pemanfaatan NVivo untuk penelitian kualitatif perlu dilaksanakan pelatihan efektif.

Sebagai pengenalan awal dapat dilihat beberapa tutorial. Antara lain tutorial NVivo untuk literature review silahkan klik link audio visual ini. Adapun tutorial untuk koding data silahkan klik link audio ini.


Bandung, 12 Januari 2020
Yudi Wahyudin Darmalaksana


Comments

Popular posts from this blog

UIN SGD BANDUNG RAIH PERINGKAT PERTAMA DI INDONESIA VERSI SCIMAGO

PRESTASI

CARA MEMBUAT JUDUL PENELITIAN