Menuju Ide Masyarakat 5.0 di Era Revolusi Industri 4.0

 
Intisari Online




Ide masyarakat 5.0 yang berusaha menempatkan manusia pada posisi pusat sedang diupayakan di berbagai negara termasuk Indonesia. Salah satu syaratnya adalah menerima era revolusi industri 4.0 sebagai kenyataan.
 
Masyarakat 5.0 bukan kelanjutan dari revolusi industri 4.0, melainkan ekosistem baru yang siap menerima perubahan. Revolusi industri 4.0 telah menghasilkan perubahan-perubahan melalui perkembangan “kecerdasan buatan” yang sangat cepat. Syarat pertama untuk mewujudkan ide masyarakat 5.0 adalah adaptasi terhadap berbagai perkembangan yang diciptakan oleh revolusi industri 4.0.
 
Ide masyarakat 5.0 menghendaki manusia tampil menjadi pengendali. Syarat utamanya adalah “tidak boleh buang-buang waktu.” Pada masyarakat 5.0, setiap orang harus mengembangkan kapasitas, menghadirkan ide-ide kreatif, dan mewujudkan berbagai inovasi.
 
Tujuan masyarakat 5.0 adalah berubah, bahagia, dan sejahtera. Ini bisa terwujud dengan menguatkan potensi yang telah diberikan oleh Allah Swt., melakukan kolaborasi, dan menguji segala hal yang telah tercapai untuk menemukan prototipe yang lebih tepat.
 
 
Bandung, 29 Maret 2022
Wahyudin Darmalaksana, Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung
 

Comments

Popular posts from this blog

CARA MENENTUKAN JUDUL PENELITIAN SKRIPSI

CARA MEMBUAT JUDUL PENELITIAN

LATIHAN MENULIS PENDAHULUAN ARTIKEL ILMIAH