-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Kerangka (Nalar) Ilmu Hadis

Saturday, October 7, 2023 | 7:34:00 PM WIB Last Updated 2023-10-10T12:51:30Z

 


Kerangka (Nalar) Ilmu Hadis ini merupakan inti sari ilmu hadis. Menurut KBBI, kerangka adalah: 1) rangka (tulang-tulang); 2 garis besar; rancangan. Di dalamnya terdapat instilah-istilah dan konsep-konsep yang saling terhubung dalam suatu kesatuan teori ilmu hadis.


Kerangka ini cocok digunakan oleh pemula yang sedang belajar ilmu hadis. Pengguna dapat melacak pengertian-pengertian dalam kerangka tersebut. Pelacakan dapat melalui penelusuran di platform digital bigdata atau mengacu pada sumber aslinya yaitu buku ilmu hadis.


Peminat ilmu hadis dapat memahami teori ilmu hadis secara utuh melalui kerangka ini. Bukan dari istilah-istilahnya saja, melainkan pemahaman bagian-bagian dan sekaligus keterhubungan antara satu bagian dengan bagian yang lainnya. Sehingga diperoleh keutuhan dalam memahami ilmu hadis.


Di tahun-tahun ke belakang, kerangka ini sering digunakan sebagai alat untuk menalar ilmu hadis. Tiap orang maju ke depan kelas untuk memaparkan kerangka tersebut secara terstuktur lengkap dengan pengertian-pengertiannya. Tujuan utamanya bukan hafal melainkan mengerti keutuhan ilmu hadis.


Sekian, semoga bermanfaat sebagai pengetahuan untuk khalayak umum di satu sisi, dan sebagai landasan teori bagi peminat ilmu hadis dalam pelaksanaan penelitian di sisi lain.

×
Berita Terbaru Update