MENGHEBATKAN LULUSAN JURUSAN PENDIDIKAN TINGGI


Tulisan ini memaparkan tujuan jurusan pendidikan tinggi. Setiap jurusan dipastikan menghendaki tercapainya lulusan yang hebat. Terutama lulusan yang siap menghadapi tantangan dunia.







Tujuan dan Sasaran
Pendidikan tinggi bertugas menyusun tujuan dan sasaran bagi penyelenggaraan fakultas melalui pelaksanaan program studi atau jurusan. Di saat yang sama jurusan bertugas menyusun tujuan dan sasaran spesifik sejalan dengan kebijakan fakultas dan pendidikan tinggi. Tujuan dan sasaran spesifik jurusan –di lingkup fakultas dalam sebuah perguruan tinggi-- akan beragam di masing-masing jurusan, bergantung profil lulusan jurusan.

Dokumen Profil Lulusan
Profil lulusan jurusan merupakan dokumen kebijakan di tingkat fakultas dalam sebuah Pendidikan tinggi. Dokumen kebijakan profil lulusan jurusan meliputi visi, misi, tujuan dan sasaran jurusan. Termasuk di dalamnya tinjauan kondisi objektif, kurikulum, sumber daya manusia, prioritas, sasaran keluaran dan pencapaian. Khusus sasaran lulusan meliputi kualifikasi kemampuan sikap, kemampuan akademik atau pengetahuan, dan kemampuan keterampilan, baik umum maupun khusus. Penyusunan dokumen profil lulusan jurusan dibutuhkan bahan kajian.

Bahan Kajian Jurusan
Bahan kajian meliputi beberapa hal. Antara lain kebijakan internal dan eksternal. Eksternal mencakup aturan nasional, regional, dan global. Sedangkan internal meliputi aturan internal pendidikan tinggi, fakultas, dan jurusan sendiri. Bahan kajian termasuk juga peluang lapangan kerja untuk lulusan, dan tingkat sebaran lulusan jurusan di dunia kerja. Bahan kajian mencakup pula kemajuan pengetahuan berkenaan dengan bidang keilmuan jurusan.

Capaian Pembelajaran Lulusan
Capaian pembelajaran lulusan diarahkan pada kualifikasi kemampuan sikap, akademik, dan keterampilan lulusan. Ini diperlukan kurikulum, bahan ajar dengan bobotnya, dan metode dan strategi pembelajaran. Capaian pembelajaran dilakukan pengukuran yang meliputi pengetahuan, pemahaman, aplikasi, analisis, evaluasi, dan kreasi.

Strategi Pembelajaran Efektif
Materi pembelajaran akan meliputi teori, metodologi, analisis atau pendekatan, dan penerapan. Sehingga perlu dipikirkan bagaimana mengembangkan strategi pembelajaran teori yang efektif, strategi pembelajaran metodologi, strategi pembelajaran analisis, dan seterusnya. Ini biasanya dibutuhkan ekstra kurikuler meliputi kursus teori, kursus metodologi, kursus analisis, dan seterusnya.

Latihan Materi Terapan
Materi terapan mencakup internalisasi nilai, kesiapan bahasa asing, skill academic writing, dan pemanfaatan teknologi. Ini dibutuhkan latihan-latihan efektif kemampuan sikap, akademik, dan keterampilan. Latihan efektif untuk penguatan sikap yang dilandasi nilai-nilai inti. Latihan efektif untuk penguatan akademik mencakup critical thinking, design thinking, high order thinking skill, dan lain-lain. Latihan efektif untuk keterampilan khusus meliputi bahasa, penelitian, karya ilmiah, dan publikasi jurnal. Serta keterampilan teknologis untuk pelayanan masyarakat.       

Menuai Keluaran dan Pencapaian
Keluaran terdiri atas terlaksananya kualitas dan mutu pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Pencapaian terdiri atas prestasi akademik, konferensi, olimpiade, publikasi karya ilmiah hasil penelitian, inovasi, pengembangan pengetahuan, produk, market, dan penerapannya di masyarakat. Tak terkecuali kesiapan mental dalam menghadapi tatangan dunia.

Setiap jurusan pasti mengupayakan target capaian lulusan yang hebat !


Bandung, 15 Desember 2019
Yudi Wahyudin Darmalaksana, Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung


Comments

Popular posts from this blog

UIN SGD BANDUNG RAIH PERINGKAT PERTAMA DI INDONESIA VERSI SCIMAGO

PRESTASI

BANDUNG: TOP 10 PUBLIKASI INDEX SCOPUS