Tulisan ini memaparkan tujuan jurusan pendidikan tinggi. Setiap
jurusan dipastikan menghendaki tercapainya lulusan yang hebat. Terutama lulusan
yang siap menghadapi tantangan dunia.
Tujuan dan Sasaran
Pendidikan tinggi bertugas menyusun tujuan dan sasaran bagi
penyelenggaraan fakultas melalui pelaksanaan program studi atau jurusan. Di saat
yang sama jurusan bertugas menyusun tujuan dan sasaran spesifik sejalan dengan kebijakan
fakultas dan pendidikan tinggi. Tujuan dan sasaran spesifik jurusan –di lingkup
fakultas dalam sebuah perguruan tinggi-- akan beragam di masing-masing jurusan,
bergantung profil lulusan jurusan.
Dokumen Profil Lulusan
Profil lulusan jurusan merupakan dokumen kebijakan di tingkat
fakultas dalam sebuah Pendidikan tinggi. Dokumen kebijakan profil lulusan jurusan
meliputi visi, misi, tujuan dan sasaran jurusan. Termasuk di dalamnya tinjauan
kondisi objektif, kurikulum, sumber daya manusia, prioritas, sasaran keluaran dan
pencapaian. Khusus sasaran lulusan meliputi kualifikasi kemampuan sikap,
kemampuan akademik atau pengetahuan, dan kemampuan keterampilan, baik umum
maupun khusus. Penyusunan dokumen profil lulusan jurusan dibutuhkan bahan
kajian.
Bahan Kajian Jurusan
Bahan kajian meliputi beberapa hal. Antara lain kebijakan internal
dan eksternal. Eksternal mencakup aturan nasional, regional, dan global.
Sedangkan internal meliputi aturan internal pendidikan tinggi, fakultas, dan
jurusan sendiri. Bahan kajian termasuk juga peluang lapangan kerja untuk
lulusan, dan tingkat sebaran lulusan jurusan di dunia kerja. Bahan kajian mencakup
pula kemajuan pengetahuan berkenaan dengan bidang keilmuan jurusan.
Capaian Pembelajaran Lulusan
Capaian pembelajaran lulusan diarahkan pada kualifikasi kemampuan
sikap, akademik, dan keterampilan lulusan. Ini diperlukan kurikulum, bahan ajar
dengan bobotnya, dan metode dan strategi pembelajaran. Capaian pembelajaran
dilakukan pengukuran yang meliputi pengetahuan, pemahaman, aplikasi, analisis,
evaluasi, dan kreasi.
Strategi
Pembelajaran Efektif
Materi pembelajaran akan meliputi teori, metodologi, analisis atau
pendekatan, dan penerapan. Sehingga perlu dipikirkan bagaimana mengembangkan
strategi pembelajaran teori yang efektif, strategi pembelajaran metodologi,
strategi pembelajaran analisis, dan seterusnya. Ini biasanya dibutuhkan ekstra
kurikuler meliputi kursus teori, kursus metodologi, kursus analisis, dan
seterusnya.
Latihan Materi Terapan
Materi terapan mencakup internalisasi nilai, kesiapan bahasa asing,
skill academic writing, dan pemanfaatan teknologi. Ini dibutuhkan
latihan-latihan efektif kemampuan sikap, akademik, dan keterampilan. Latihan
efektif untuk penguatan sikap yang dilandasi nilai-nilai inti. Latihan efektif
untuk penguatan akademik mencakup critical thinking, design thinking,
high order thinking skill, dan lain-lain. Latihan efektif untuk keterampilan
khusus meliputi bahasa, penelitian, karya ilmiah, dan publikasi jurnal. Serta
keterampilan teknologis untuk pelayanan masyarakat.
Menuai Keluaran dan Pencapaian
Keluaran terdiri atas terlaksananya kualitas dan mutu pengajaran,
penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Pencapaian terdiri atas prestasi
akademik, konferensi, olimpiade, publikasi karya ilmiah hasil penelitian, inovasi,
pengembangan pengetahuan, produk, market, dan penerapannya di masyarakat. Tak
terkecuali kesiapan mental dalam menghadapi tatangan dunia.
Setiap jurusan pasti mengupayakan target capaian lulusan yang
hebat !
Bandung, 15 Desember 2019
Yudi Wahyudin Darmalaksana, Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung
Djati Bandung