GLOBAL PUBLIC COMMUNITY FACULTY OF USHULUDDIN UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG 2020




"Pelaksanaan kebaikan di planet dunia menuntut untuk bersedia bergabung
dan berkolaborasi bersama komunitas publik global"


Video Ushuluddin
USHULUDDIN FOR GLOBAL CHALLENGES

Pemerintah Republik Indonesia telah memberikan mandat bagi pelaksanaan pendidikan tinggi yang berdaya saing. Mandat ini menjadi visi Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati (SGD) Bandung.  




Fakultas Ushuluddin (FU) UIN SGD memastikan komitmen pelaksanaan mandat. Misi UIN SGD adalah mandat bagi pelaksanaan akademik FU UIN SGD. Sebagai bentuk komitmen pelaksanaan mandat, FU UIN SGD menggelar rapat kerja (Raker). Raker ini mengambil tema “Bergegas mewujudkan SDM unggul berdaya saing nasional, regional, dan global.”


Tujuan Raker adalah untuk mengupas Rencana Strategis (Renstra) FU UIN SGD 2020-2023. Renstra ini telah tuntas proses drafting. Raker diarahkan untuk menguji draft Renstra FU UIN SGD untuk memastikan terlaksananya mandat misi UIN SGD Bandung melalui pelaksanaan akademik yang dikelola FU UIN SGD.


Renstra disusun berdasarkan sistematika, yaitu tinjauan lingkungan eksternal dan internal, kondisi objektif, analisis, program dasar (program prioritas), sasaran strategis, indikator kinerja utama (IKU), visi, misi, tujuan, strategi, target pencapaian, timeline, plan of action, dan alur proses pelaksanaan kegiatan. Ini menjadi bahan utama untuk dikupas pada Raker.


Renstra FU UIN SGD berfokus pada sasaran strategis pemerintah RI., yaitu SDM unggul menuju Indonesia maju. Serta sasaran strategis pendidikan tinggi Nasional, yakni kualitas, relevansi, dan daya saing. Lebih khusus berfokus pada tahapan pengembangan PTKI Diktis Kemenag RI., yaitu National Comparative Advantages 2020-2024. Serta tahapan pengembangan UIN SGD, yakni take off stage 2020-2024.


Kondisi objektif meliputi exsisting tata kelola, kelembagaan, dan struktur. Ini dikupas dengan analisis SOAR. Dokumen resmi UIN SGD digunakan untuk merujuk program prioritas, sasaran strategis, dan IKU. Sehingga dihasilkan visi, misi, tujuan, dan strategi FU UIN SGD Bandung 2020-2023.

Berpijak pada garis dasar (baseline), FU UIN SGD menyusun target pencapaian 2020-2023. Serta disusun timeline, yakni: 1) Kelembagaan dan SDM 2020; 2) Kerjasama strategis 2021; 3) Penguatan kurikulum 2022; dan 4) Pembelajaran 2023. Disusun pula matrik plan of action yang mencakup aktivitas kunci, penerima manfaat, input, output, alat verifikasi, mitra, pelaksana, anggaran, dan metode monev. Berilutnya, plan of action dituangkan ke dalam alur proses kegiatan.

Dekanat FU UIN SGD telah bertugas meyiapkan draft Renstra melibatkan ahli strategic planning. Sedangkan Jurusan, Laboratorium, dan Tata Usaha telah bertugas menyusun plan of action dan alur proses kegiatan. Bahan materi Raker disiapkan dengan menempuh waktu yang cukup panjang.

Peserta Raker bertolak dari Bandung siang hari. Sebagian membawa kendaraan pribadi. Acara dibuka pukul 16.00 WIB. Dekan membuka kegiatan. Raker digelar di Villa Rancabango, Garut, Jawa Barat, Selasa-Kamis, 21-23 Januari 2020.


Acara ditunda menjelang magrib dan dilanjut kembali ba’da Isya. Wakil Dekan I memaparkan draft Renstra FU UIN SGD 2020-2023. Metodologi penysunan Renstra dipaparkan oleh Adi Kurnia praktisi strategic planning, Jakarta. Renstra mendapat tanggapan dari audiens.


Sesi II dilanjut pemaparan plan of action oleh para Ketua Jurusan dan Ketua Laboratorium. Akreditasi menjadi prioritas utama jurusan. Akreditasi B ditarget untuk pencapaian akreditasi A atau unggul. Sedangkan jurusan dengan akreditasi A ditarget untuk pencapaian assessment AUN-QA. Audiens memberikan respons. Sesi ini dipandu oleh Wakil Dekan III.


Sela-lela kegiatan Raker dimanfaatkan untuk koordinasi dan konsolidasi. Ini bertujuan untuk penguatan materi rencana implementasi plan of action. Situasi ini menjadi momentum koordinasi dan konsolidasi bersama seluruh sivitas FU UIN SGD Bandung. Sekaligus berperan sebagai diseminasi rencana implementasi plan of action kepada seluruh peserta Raker.




Tiba esok harinya, Rabu, 22 Januari 2020, panitia meyiapkan pelaksanaan capacity building. Peserta menempuh off road di pebukitan Samarang, Garut. Berlangsung pula simulasi dan game. Ini bertujuan untuk mengidupkan nilai-nilai inti leadership, service, dan collaboration. Nilai-nilai ini melandasi dan melingkupi Renstra FU UIN SGD 2020-2023.

Silahkan Klik: Video Off Road



Silahkan Klik: Video Kompilasi Foto









Jelang malam disediakan gala dinner dengan formasi rouud table. Ini bertujuan untuk membicarakan implementasi plan of action secara rileks di antara kolega sivitas FU UIN SGD. Peristiwa ini menjadi penuh makna ketika perbicangan diarahkan untuk menggagas solusi-solusi implementasi plan of action yang lebih efektif. Agenda ini berlangsung dengan kemasan gathering bagi terciptanya suasana rekreatif.


Silahkan Klik: Vide Colorful Night

Praktis tercipta suasana yang hangat penuh kekeluargaan seiring digelarnya pojok musik sivitas FU UIN SGD. Beberapa sivitas tampak menyumbangkan suara emasnya untuk menghibur audiens dan mencipta kehangatan. Sebuah peristiwa setahun sekali yang sengaja dicipta untuk menghadirkan pikiran-pikiran brilliant.






Kamis, 23 Januari 2020 menjadi hari terakhir tuntasnya agenda Raker. Dekanat memastikan telah mengakomodir seluruh masukan audiens. Jurusan dan laboratorium memastikan berbagai masukan audiens menjadi catatan penting. Berbagai pandangan audiens berperan sangat berharga bagi kepentingan penyempurnaan dan penetapan Renstra FU UIN SGD 2020-2023.


Ada tiga rekomendasi utama sebagai hasil pelaksanaan Raker. Pertama, penyempurnaan Renstra FU UIN SGD melalui penyelarasan dengan Renstra UIN SGD 2020-2023. Kedua, penelitian ilmih hendaknya diteruskan dalam tinjauan kondisi objektif untuk memperoleh data yang valid. Ketiga, plan of action masing-masing jurusan dan laboratorium hendaknya segera dibuat job desk.



Pelaksanaan Raker belangsung lancar dan sukses. Indikator suksesnya adalah seluruh sivitas FU UIN SGD sepakat menguatkan kedalaman ilmu dasar Islam, mengungkit SDM unggul, meluaskan kerjasama strategis, menhebatkan kurikulum, dan memantapkan pembelajaran. Semua ini dibutuhkan tata kelola yang baik.

Penyelenggara mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang terlibat mensukseskan Raker. Terlebih khusus kami ucapkan terimakasih atas segala dedikasi seluruh sivitas FU UIN SGD. Kami sampaikan permohonan maaf untuk berbagai hal yang kurang berkenan.

Akhirnya, semua kita pastikan segera bergegas jangkau rekognisi nasional dan “ready for global challenges.” Ini menuntut sivitas untuk bergabung dan berkolaborasi bersama publik komunitas global.



(Committee)


Comments

Popular posts from this blog

UIN SGD BANDUNG RAIH PERINGKAT PERTAMA DI INDONESIA VERSI SCIMAGO

PRESTASI

CARA MEMBUAT JUDUL PENELITIAN