AFI USHULUDDIN YOUTH FOR UNITY AND VOLUNTEER ACTION









Youth for Unity and Volunteer Action (YUVA) merupakan agenda besutan Jurusan Aqidah dan Filsafat Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Dr. Neng Hannah, M.Ag., Ketua Jurusan AFI menjadi person in charge program YUVA.


Kegiatan ini dimaksudakan untuk menyiapkan mahasiswa sebagai relawan dalam program pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak di Kabupaten Bandung. Program ini merupakan program kerjasama antara STKS, UIN SGD Bandung dan pemerintah Kabupaten Bandung. Terdapat 15 Desa di Kabupaten Bandung yang akan menjadi sasaran pengabdian mahasiswa AFI pada tahun 2010.

Sebaran desa meliputi Desa Melati wangi Cimenyan, Desa Malasari Cimaung, Desa Jaga Baya Cimaung, Desa Rawa Bogo Ciwidey, Desa Nangkelen Ciwidey, Desa Bumi Wangi Ciparay, Desa Maruyung Pacet, Desa Nagrak Pacet, Desa Cibiru Wetan Cileunyi, Desa Sudi Ibun, Desa Mandala Mekar Cimenyan, Desa Ciburial Cimenyan, Desa Marga Mukti Pangalengan, Desa Marga Mekar Pangalengan, dan Desa Marga Hurip Banjaran.

Sebelum menjadi relawan, para mahasiswa AFI akan terlebih dahulu dilatih di STKS pada tanggal 15-16 Februari 2020. Di antara modul pelatihan yang akan diajarkan, pertama Modul materi pelatihan  Sekolah Perempuan Hebat (SPH). Modul ini berisi 5 materi yaitu:  Gender dalam Keluarga, Ketahanan Keluarga, Pengasuhan Anak, Keuangan Keluarga dan Kewirausahaan Perempuan.


Kedua Modul Materi Pelatihan Sekolah Barudak Hebat (SBH). Modul ini berisi 5 materi yaitu: Citra Diri Anak/Remaja, Gender Anak / Remaja, Kesehatan Reproduksi, Literasi Media Sosial dan Kreativitas Milienial. Sedangkan Modul Materi Pelatihan Relawan berisi materi: Bekerja Dalam Team, Bekerja Dengan Masyarakat, Assesmen dan Laporan Sosial, Advokasi dan Social Marketing, Kewirausahaan Sosial dan Etika dan kode etik relawan


Ditekankan, 15 Mahasiswa AFI yang akan menjadi relawan pendamping desa diharapkan mengikuti semua program dengan baik. Untuk itu jurusan bermaksud untuk memberikan pembekalan dan penguatan agar bisa bekerjasama dengan pihak lain.

Selain memenuhi amanat tridarma perguruan tinggi salah satunya yaitu pengabdian masyarakat, program seperti ini juga sangat mendukung kepada Profil Lulusan sarjana AFI. Profil Lulusan AFI paling tidak memiliki 3 profil yaitu sebagai asisten peneliti, analis masalah sosial kemasyarakatan dan kefilsafatan juga sebagai seroang pemikir keaqidahan dan kefilsafatan yang diharapkan bisa memiliki solusi terkait berbagai permasalahan keagamaan dan sosial. 


Sebagai salah satu jurusan di Fakutas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung, AFI juga harus mengkerangkai berbagai program dan kegiatan yang dijalani dengan paradigma Wahyu Memandu Ilmu dalam Bingkai Akhlakul Karimah. Sehingga kelak para sarjana bisa menjadi sarjana yang bermanfaat bagi masyarakat luas dan berakhlak mulia. Sebagai perwujudan dari sabda Nabi Muhammad saw, bahwa sebaik baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia yang lain.


YUVA Kabupaten Bandung berintegrasi dengan Pengabdian Masyarakat Mahasiswa (PPM). Jurusan AFI menggelar pembekalan PPM untuk mensukseskan YUVA. Acara berlangsung di Lab AFI Ushuluddin Jalan AH. Nasution 105 Bandung, Senin, 03 Februari 2020.


(Hannah)

Comments

Popular posts from this blog

UIN SGD BANDUNG RAIH PERINGKAT PERTAMA DI INDONESIA VERSI SCIMAGO

PRESTASI

BANDUNG: TOP 10 PUBLIKASI INDEX SCOPUS