MAHASISWA WAJIB MENGUTIP KARYA DOSEN DI GOOGLE SCHOLAR








Mahasiswa wajib mengutip karya ilmiah dosen di Google Scholar. Pernyataan ini dilontarkan dekan Fakultas Ushuluddin (FU) UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Menurutnya, mahasiswa sudah biasa membuat makalah dan diakhir mereka memiliki tugas menyusun skripsi. “Tugas makalah dan penyusunan skripsi wajib mengutip karya ilmiah dosen di Google Scholar,” tegas Wahyudin Darmalaksana, Dekan FU UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Fakultas memiliki tujuan mengembangkan ilmu berbasis masing-masing jurusan. Dosen telah berusaha menyusun buku dan artikel ilmiah. Karya-karya dosen dapat diakses dengan mudah di mesin pencarian Google Scholar. “Kewajiban mahasiswa mengutip karya dosen berperan penting untuk pembinaan ilmu masing-masing jurusan,” tegas Wahyudin Darmalaksana.

Mahasiswa maksimal semester dua hendaknya sudah dikenalkan berbagai repositori data bereputasi minimal mesin Google Scholar. Mahasiswa harus dilatih melakukan pengutipan. “Mahasiswa semester dua harus dipastikan telah menguasai aplikasi pengutipan,” papar Dekan FU UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Pelatihan skill menulis karya ilmiah hendaknya dimulai dari yang paling sederhana. Hal yang sederhana adalah pelatihan mengakses karya-karya ilmiah dari Google Scholar dan pelatihan pengutipan dengan aplikasi references. Adapun Profil Google Scholar para Akademisi UIN Sunan Gunung Djati Bandung silahkan klik di sini.

“Pengutipan karya ilmiah dosen oleh mahasiswa tidak bisa ditawar-tawar lagi,” demikian papar Dekan FU UIN Sunan Gunung Djati Bandung saat ditemui awak media di kantornya Jalan AH. Nasution 105 Bandung, Kamis, 13 Februari 2020.


(One)







  

Comments

Popular posts from this blog

UIN SGD BANDUNG RAIH PERINGKAT PERTAMA DI INDONESIA VERSI SCIMAGO

PRESTASI

CARA MEMBUAT JUDUL PENELITIAN