RPKPS METODE PENELITIAN HADIS 2020








Saat ini pembelajaran diarahkan menerapkan OBE (Outcome Based Education). Pendekatan ini berperan memastikan outcome (capaian) pembelajaran.

Bersama ini terbit Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 2500 Tahun 2018 tentang Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dan Capaian PembelajaranLulusan (CPL) Program Studi (Prodi) Jenjang Sarjana pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI).

Keputusan ini menetapkan Profil Lulusan Prodi, Rumusan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), dan Capaian Pembelajaran Program Studi.

Prodi berperan menjawab arah kebijakan melalui penyusunan Profil Lulusan. Profil ini akan dijawab melalui Rencana Program dan Kegiatan Pembelajaran Semester (RPKPS).

RPKPS disajikan untuk menjawab visi, misi, profil lulusan, dan CPL Prodi. Karena itu, RPKPS perlu menetapkan Capaian Pembelajran Mata Kuliah (CPMK) berikut Sub-CPMK.

Profil Lulusan mengarahkan RPKPS sesuai tujuan pendidikan. Tujuan ini disusun sesuai Taksonomi Bloom, yaitu C.1 mengingat, C.2 memahami, C.3 mengaplikasikan, C.4 menganalisis, C.5 mengevaluasi, dan C.6 mencipta.

Tegaslah bahwa pendekatan OBE menuntut capaian pembelajaran. Sesuai harapan OBE, kami sajikan RPKPS Metode Penelitian Hadis Revisi Ke-4, silahkan Klik Di Sini.

Lihat pula model lain, RPKPS Mata Kuliah MSDM, Klik Di Sini.

Tak ada gading yang tak retak, RPKPS ini jauh dari sempurna. Hal ini disajikan untuk mendapat reviu dari para ahli.


Bandung, 07 Maret 2020
Wahyudin Darmalaksana, Fakultas Ushuluddin UIN SGD Bandung

Comments

Popular posts from this blog

UIN SGD BANDUNG RAIH PERINGKAT PERTAMA DI INDONESIA VERSI SCIMAGO

PRESTASI

BANDUNG: TOP 10 PUBLIKASI INDEX SCOPUS