Pusat penulisan (writing center) bukan subjek yang asing di dunia pendidikan global (Fowler-Amato, 2020). Pusat-pusat ini biasanya disiapkan untuk bantuan keberhasilan siswa dalam academic writing (Ito, 2020). Pusat-pusat penulisan didirikan secara formal di pendidikan tinggi global sejak 1980-an (Schell-Barber, 2020).
Penulisan
akademik menjadi perhatian utama sejalan dengan perkembangan dari pendidikan
pengajaran ke pendidikan penelitian (Tavares de Sousa et al., 2020). Siswa ditransfer pengetahuan dalam pendidikan pengajaran (Mimirinis & Ahlberg, n.d.). Berbeda dengan pendidikan pengajaran, siswa mengakses
informasi untuk dikelola menjadi pengetahuan ilmiah dalam pendidikan penelitian
(Demetrescu et al., 2020). Untuk menghasilkan pengetahuan ilmiah dalam pendidikan
penelitian dibutuhkan kemampuan skill penulisan akademik (Bedoya Osorio, 2020).
Pusat
bantuan penulisan memiliki peran strategis dalam pendidikan penelitian global (Bhakta, n.d.). Siswa dilatih mengakses
temuan-temuan baru di bidang keilmuan dari repositori terpercaya (Saliba, 2020). Dilatih memberikan
ulasan terhadap hasil-hasil penelitian (Nikolaidis et al., 2020). Pusat bantuan penulisan berperan strategis dalam melatih
siswa untuk menghasilkan penulisan akademik dengan kebaruan dan originalitas (Darakhvelidze, n.d.).
Pendidikan tinggi global berpacu menyiapkan pusat penulisan professional (Org, 2019). Disiapkan manual terstandar untuk panduan latihan peserta (Coit, 2004). Pusat penulisan menempatkan tutor ahli (Org, 2019). Siswa memiliki jadwal pertemuan untuk pelatihan menulis di pusat penulisan dalam hal teknis latihan penyusunan paragraph (Wali & Madani, 2020) dan sitasi ilmiah (Sibanda, 2020) secara peer-group (DiMaio, 2020). Terhadap hasil latihan dilakukan umpan balik (Bakla, 2020) untuk memastikan peningkatan kualitas sejak awal hingga akhir penulisan (Org, 2019).
Membentuk
pusat penulisan menarik dipertimbangkan di pendidikan tinggi Indonesia (Darmalaksana, 2020a). Diakui informasi sangat melimpah mudah diakses di repositori
bereputasi (Darmalaksana, 2020b). Penguatan skill mengelola informasi menjadi pengetahuan
ilmiah telah cukup massif diupayakan di Indonesia (Darmalaksana, Wahyudin and Mighfaza, 2020). Pada dasarnya pengembangan dari pendidikan pengajaran ke
pendidikan penelitian tengah berlangsung seiring era kemitraan untuk
produktifitas publikasi ilmiah di Indonesia (Rosa et al., 2020).
Pusat
penulisan dalam bentuk kelas menulis sedang berkembang di Indonesia (Darmalaksana, 2020a). Ini merupakan suatu semangat seiring tantangan arus global (Bhakta, n.d.) bersamaan dengan tuntutan pola baru akibat pandemi (Lobner & As, n.d.) melalui penerapan protokol (Siemann, 2020). Yuk gabung kelas menulis ! (Darmalaksana, 2020c).
Bandung, 07
Agustus 2020
Wahyudin
Darmalaksana, Pegiat Kelas Menulis UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Daftar Pustaka
Bakla, A. (2020). A mixed-methods study of feedback modes
in EFL writing.
Bedoya Osorio, M. (2020). Implementing Project-Based
Learning to Improve Tenth Graders’ Writing skill.
Bhakta, S. (n.d.). Writing in a Global World: The
Increasing Prevalence of Online Writing Centers.
Coit, C. (2004). Peer review in an online college writing
course. IEEE International Conference on Advanced Learning Technologies,
2004. Proceedings., 902–903.
Darakhvelidze, T. (n.d.). Logos Universality Mentality
Education Novelty: Philosophy & Humanistic Sciences Article Tools.
Darmalaksana, Wahyudin and Mighfaza, M. H. (2020). Kemajuan
Kelas Menulis: Studi Kasus Dema FU UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Jurnal
Kelas Menulis UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
http://digilib.uinsgd.ac.id/32359/
Darmalaksana, W. (2020a). Indonesia Menulis: Sebuah Pengajuan
Penyelenggaraan Kelas Menulis. Jurnal Kelas Menulis UIN Sunan Gunung Djati
Bandung. http://digilib.uinsgd.ac.id/32306/
Darmalaksana, W. (2020b). Sitasi Ilmiah Menggunakan Perangkat
References pada Microsoft Word. Jurnal Kelas Menulis UIN Sunan Gunung Djati
Bandung. http://digilib.uinsgd.ac.id/32339/
Darmalaksana, W. (2020c). Yuk Gabung Kelas Menulis! Latihan
Efektif Kelas Menulis Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Demetrescu, C., Ribichini, A., & Schaerf, M. (2020). Are
Italian research assessment exercises size-biased? Scientometrics, 1–17.
DiMaio, L. (2020). Negotiating Difference: A Critical
Discourse Analysis of Writing Center Interactions Between Peer Tutors and
Multilingual Tutees.
Fowler-Amato, M. (2020). New Possibilities for Field
Experiences: Learning In Practice in a University Writing Center. Teaching/Writing:
The Journal of Writing Teacher Education, 9(1), 22.
Ito, T. (2020). Generating fluent sentences from
early-stage drafts for academic writing assistance.
Lobner, J., & As, C. O. (n.d.). COVID 19 & Its
Implications For The Writing Center.
Mimirinis, M., & Ahlberg, K. (n.d.). Variation in
education doctoral students’ conceptions of university teaching. British
Educational Research Journal.
Nikolaidis, G. F., Woods, B., Palmer, S., & Soares, M. O.
(2020). Classifying information-sharing methods: a citation-mining
systematic review.
Org, A. (2019). The process of essay writing in a literature
course: the student’s views and the tutor’s feedback. Estonian Journal of
Education/Eesti Haridusteaduste Ajakiri, 7(2).
Rosa, S. A. S., Irawati, I., Saefullah, D., & Myrna, R.
(2020). Partnership Dalam Produktivitas Publikasi Hasil Penelitian di Lembaga
Ilmu Pengetahuan Indonesia. Jurnal Administrasi Publik, 11(1).
Saliba, K. (2020). Academics’ perspective of open access
and institutional repositories, University of Malta: a case study.
Aberystwyth University.
Schell-Barber, L. A. (2020). Writing Centers between Past
and Future: Outstanding Scholarship Award Texts and Student Success. Kent
State University.
Sibanda, J. (2020). Citation Mania in Academic Theses
Writing: A Case Study. Academic Journal of Interdisciplinary Studies, 9(4),
219.
Siemann, C. (2020). Writing Center Continuity Plan.
Tavares de Sousa, R., Lopes, A., & Boyd, P. (2020).
Initial teacher education and the relationship with research: student teachers’
perspectives. Studia Paedagogica, 25(2), 161.
Wali, O., & Madani, A. Q. (2020). The Importance of
Paragraph Writing: An Introduction. Organization, 3(07).