KELAS MENULIS UNTUK BANTUAN PENULISAN AKADEMIK

 

 


Pusat penulisan (writing center) bukan subjek yang asing di dunia pendidikan global (Fowler-Amato, 2020). Pusat-pusat ini biasanya disiapkan untuk bantuan keberhasilan siswa dalam academic writing (Ito, 2020). Pusat-pusat penulisan didirikan secara formal di pendidikan tinggi global sejak 1980-an (Schell-Barber, 2020).

Penulisan akademik menjadi perhatian utama sejalan dengan perkembangan dari pendidikan pengajaran ke pendidikan penelitian (Tavares de Sousa et al., 2020). Siswa ditransfer pengetahuan dalam pendidikan pengajaran (Mimirinis & Ahlberg, n.d.). Berbeda dengan pendidikan pengajaran, siswa mengakses informasi untuk dikelola menjadi pengetahuan ilmiah dalam pendidikan penelitian (Demetrescu et al., 2020). Untuk menghasilkan pengetahuan ilmiah dalam pendidikan penelitian dibutuhkan kemampuan skill penulisan akademik (Bedoya Osorio, 2020).

Pusat bantuan penulisan memiliki peran strategis dalam pendidikan penelitian global (Bhakta, n.d.). Siswa dilatih mengakses temuan-temuan baru di bidang keilmuan dari repositori terpercaya (Saliba, 2020). Dilatih memberikan ulasan terhadap hasil-hasil penelitian (Nikolaidis et al., 2020). Pusat bantuan penulisan berperan strategis dalam melatih siswa untuk menghasilkan penulisan akademik dengan kebaruan dan originalitas (Darakhvelidze, n.d.).

Pendidikan tinggi global berpacu menyiapkan pusat penulisan professional (Org, 2019). Disiapkan manual terstandar untuk panduan latihan peserta (Coit, 2004). Pusat penulisan menempatkan tutor ahli (Org, 2019). Siswa memiliki jadwal pertemuan untuk pelatihan menulis di pusat penulisan dalam hal teknis latihan penyusunan paragraph (Wali & Madani, 2020) dan sitasi ilmiah (Sibanda, 2020) secara peer-group (DiMaio, 2020). Terhadap hasil latihan dilakukan umpan balik (Bakla, 2020) untuk memastikan peningkatan kualitas sejak awal hingga akhir penulisan (Org, 2019). 

Membentuk pusat penulisan menarik dipertimbangkan di pendidikan tinggi Indonesia (Darmalaksana, 2020a). Diakui informasi sangat melimpah mudah diakses di repositori bereputasi (Darmalaksana, 2020b). Penguatan skill mengelola informasi menjadi pengetahuan ilmiah telah cukup massif diupayakan di Indonesia (Darmalaksana, Wahyudin and Mighfaza, 2020). Pada dasarnya pengembangan dari pendidikan pengajaran ke pendidikan penelitian tengah berlangsung seiring era kemitraan untuk produktifitas publikasi ilmiah di Indonesia (Rosa et al., 2020).

Pusat penulisan dalam bentuk kelas menulis sedang berkembang di Indonesia (Darmalaksana, 2020a). Ini merupakan suatu semangat seiring tantangan arus global (Bhakta, n.d.) bersamaan dengan tuntutan pola baru akibat pandemi (Lobner & As, n.d.) melalui penerapan protokol (Siemann, 2020). Yuk gabung kelas menulis ! (Darmalaksana, 2020c).

 

 

Bandung, 07 Agustus 2020

Wahyudin Darmalaksana, Pegiat Kelas Menulis UIN Sunan Gunung Djati Bandung

 

 

 

Daftar Pustaka

Bakla, A. (2020). A mixed-methods study of feedback modes in EFL writing.

Bedoya Osorio, M. (2020). Implementing Project-Based Learning to Improve Tenth Graders’ Writing skill.

Bhakta, S. (n.d.). Writing in a Global World: The Increasing Prevalence of Online Writing Centers.

Coit, C. (2004). Peer review in an online college writing course. IEEE International Conference on Advanced Learning Technologies, 2004. Proceedings., 902–903.

Darakhvelidze, T. (n.d.). Logos Universality Mentality Education Novelty: Philosophy & Humanistic Sciences Article Tools.

Darmalaksana, Wahyudin and Mighfaza, M. H. (2020). Kemajuan Kelas Menulis: Studi Kasus Dema FU UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Jurnal Kelas Menulis UIN Sunan Gunung Djati Bandung. http://digilib.uinsgd.ac.id/32359/

Darmalaksana, W. (2020a). Indonesia Menulis: Sebuah Pengajuan Penyelenggaraan Kelas Menulis. Jurnal Kelas Menulis UIN Sunan Gunung Djati Bandung. http://digilib.uinsgd.ac.id/32306/

Darmalaksana, W. (2020b). Sitasi Ilmiah Menggunakan Perangkat References pada Microsoft Word. Jurnal Kelas Menulis UIN Sunan Gunung Djati Bandung. http://digilib.uinsgd.ac.id/32339/

Darmalaksana, W. (2020c). Yuk Gabung Kelas Menulis! Latihan Efektif Kelas Menulis Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Demetrescu, C., Ribichini, A., & Schaerf, M. (2020). Are Italian research assessment exercises size-biased? Scientometrics, 1–17.

DiMaio, L. (2020). Negotiating Difference: A Critical Discourse Analysis of Writing Center Interactions Between Peer Tutors and Multilingual Tutees.

Fowler-Amato, M. (2020). New Possibilities for Field Experiences: Learning In Practice in a University Writing Center. Teaching/Writing: The Journal of Writing Teacher Education, 9(1), 22.

Ito, T. (2020). Generating fluent sentences from early-stage drafts for academic writing assistance.

Lobner, J., & As, C. O. (n.d.). COVID 19 & Its Implications For The Writing Center.

Mimirinis, M., & Ahlberg, K. (n.d.). Variation in education doctoral students’ conceptions of university teaching. British Educational Research Journal.

Nikolaidis, G. F., Woods, B., Palmer, S., & Soares, M. O. (2020). Classifying information-sharing methods: a citation-mining systematic review.

Org, A. (2019). The process of essay writing in a literature course: the student’s views and the tutor’s feedback. Estonian Journal of Education/Eesti Haridusteaduste Ajakiri, 7(2).

Rosa, S. A. S., Irawati, I., Saefullah, D., & Myrna, R. (2020). Partnership Dalam Produktivitas Publikasi Hasil Penelitian di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. Jurnal Administrasi Publik, 11(1).

Saliba, K. (2020). Academics’ perspective of open access and institutional repositories, University of Malta: a case study. Aberystwyth University.

Schell-Barber, L. A. (2020). Writing Centers between Past and Future: Outstanding Scholarship Award Texts and Student Success. Kent State University.

Sibanda, J. (2020). Citation Mania in Academic Theses Writing: A Case Study. Academic Journal of Interdisciplinary Studies, 9(4), 219.

Siemann, C. (2020). Writing Center Continuity Plan.

Tavares de Sousa, R., Lopes, A., & Boyd, P. (2020). Initial teacher education and the relationship with research: student teachers’ perspectives. Studia Paedagogica, 25(2), 161.

Wali, O., & Madani, A. Q. (2020). The Importance of Paragraph Writing: An Introduction. Organization, 3(07).

 

 

 

 


Comments

Popular posts from this blog

UIN SGD BANDUNG RAIH PERINGKAT PERTAMA DI INDONESIA VERSI SCIMAGO

PRESTASI

CARA MEMBUAT JUDUL PENELITIAN