-->
×

Iklan

Iklan

MEMULAI BUDAYA SETORAN PARAGRAF

Tuesday, August 25, 2020 | 7:36:00 PM WIB Last Updated 2020-08-25T12:36:10Z





Artikel ilmiah diarahkan penulisan pendek. Apabila kepanjangan biasanya pelik memangkas. Jika kependekan maka mudah dikembangkan. Apabila kepanjangan maka diarahkan untuk menulias dua topik artikel. Aturannya ialah baik dan benar. Baik adalah singkat, padat, sederhana, dan to the point. Benar ialah penulisan mengikuti tubuh artikel.

Peserta kelas menulis mula-mula menyiapkan proposal penelitian. Cara menulis proposal dipandu. Mulai dari formula penelitian, tinjauan pustaka, kerangka berpikir, dan metode penelitian. Ini berlangsung secara bertahap dengan memastikan dilaksanakannya feedback melalui email. Sehingga dihasilkan proposal standar berorientasi penulisan artikel untuk publikasi di jurnal ilmiah.

Tiba di situ, gilaran menulis hasil dan pembahasan penelitian. Bagian ini diberlakukan setoran per paragraf. Peserta kelas menulis mengirim paragraf dan tutor melakukan review (reviu). Reviu merupakan sebuah “interogasi” yang berperan mengawasi penulisan paragraf untuk mengikuti diagram kerangka berpikir. Sasaran setoran paragraf ialah tuntas penulisan hasil dan pembahasan penelitian.

Memulai budaya setoran paragraf menjadi inisiatif kelas menulis untuk lingkup mahasiswa. Penulisan artikel ilmiah pada dasarnya ialah mengurus kalimat dan pengendalian paragraf. Mahasiswa setor paragraf merupakan pola baru di kelas menulis, hal ini pasti dibudayakan untuk percepatan keberhasilan publikasi ilmiah.


Wahyudin Darmalaksana, Pegiat Kelas Menulis UIN Sunan Gunung Djati Bandung


×
Berita Terbaru Update