NANTI SUATU SAAT ...

 



 
Nanti suatu saat, penulisan artikel ilmiah pasti menjadi kebutuhan seluruh akademisi. Pada saat itu, Mahasiswa pasti sangat menunggu feedback (umpan balik) dari Dosen. Mahasiswa menulis paragraf demi paragraf secara bertahap, dikirim ke email, dan Dosen memberikan umpan balik.
 
Kapan situasi itu akan berlangsung. Saat ini sudah berlangsung. Ketika lulusan melamar ke dunia kerja, pasti diminta portofolio pengalaman literasi digital. Publikasi artikel di open access journal syarat dengan literasi digital. Pengalaman publikasi artikel ilmiah di open access journal menempati portofolio paling utama di dunia pendidikan.
 
Publikasi di open access journal menjadi penilaian akareditasi program studi pendidikan tinggi. Penilaian meliputi capaian publikasi Dosen, capaian publikasi Mahasiswa, dan capaian publikasi kemitraan Dosen dan Mahasiswa.
 
Makalah pasti bergeser ke artikel open access journal. Mahasiswa pasti dilatih literasi digital penulisan akademik. Suatu saat, Dosen pasti mewajibkan penulisan artikel ilmiah. Pada saat itu, Mahasiswa pasti butuh reviu untuk peningkatan kualitas tulisan. Mahasiswa pasti butuh umpan balik untuk memastikan keberhasilan.
 
Suatu nanti yang amat dekat, sebentar lagi, dan bahkan telah mulai. Sebab, saat ini era praktik.
 
 
Bandung, 29 Oktober 2020
Wahyudin Darmalaksana, Pegiat Kelas Menulis Di UIN Sunan Gunung Djati Bandung


Comments

Popular posts from this blog

UIN SGD BANDUNG RAIH PERINGKAT PERTAMA DI INDONESIA VERSI SCIMAGO

PRESTASI

BANDUNG: TOP 10 PUBLIKASI INDEX SCOPUS