TERNYATA INI ALASAN KELAS MENULIS MAHASISWA ...

 
 
 


 
Saat ini merupakan era publikasi ilmiah, yaitu penyebarluasan karya tulis hasil penelitian kepada masyarakat. Salah satunya publikasi artikel di jurnal ilmiah.
 
Kemitraan dosen dan mahasiswa dalam publikasi artikel di jurnal ilmiah merupakan tagihan akreditasi program studi pendidikan tinggi. Akreditasi ialah penilaian pihak eksternal berkenaan dengan kualitas pendidikan tinggi.
 
Penilaian akreditasi pendidikan tinggi menempatkan posisi mahasiswa sebagai pusat pembelajaran. Proses pembelajaran dilangsungkan secara interaktif untuk memastikan partisipasi aktif mahasiswa dalam mengoptimalkan kompetensi.
 
Kompetensi di antaranya keterampilan khusus mahasiswa dalam bidang penulisan artikel ilmiah. Pengembangan kapasitas kompetensi mahasiswa dalam bidang penulisan artikel ilmiah dituangkan di dalam penyelenggaraan kurikulum, baik formal melalui pembelajaran di dalam kelas maupun informal melalui pelatihan di luar kelas.
 
Hal paling utama adalah strategi peningkatan kapasitas kompetensi keterampilan khusus mahasiswa dalam bidang penulisan artikel ilmiah. Hasil dari strategi ini diarahkan demi terlaksananya agenda kemitraan dosen dan mahasiswa dalam publikasi artikel di jurnal ilmiah.
 
Kemitraan dosen dan mahasiswa dimulai sejak penyusunan proposal penelitian. Dilanjut dengan pelaksanaan penelitian. Berikutnya ialah penulisan artikel hasil penelitian. Terakhir, yakni pengiriman artikel tersebut ke jurnal untuk sasaran publikasi ilmiah.
 
Mahasiswa jenjang sarjana berperan sebagai asisten dosen dalam pelaksanaan penelitian. Termasuk asisten dalam publikasi hasil penelitian tersebut di jurnal ilmiah. Asisten adalah orang yang bertugas membantu orang lain dalam melaksanakan tugas profesional.
 
Kelas Menulis untuk kalangan mahasiswa diselenggarakan untuk penguatan kapasitas kompetensi keterampilan khusus mahasiswa di dalam bidang penulisan artikel ilmiah. Kelas Menulis ini berperan sebagai pembibitan mahasiswa untuk diarahkan menjadi asisten dosen dalam penelitian dan publikasi ilmiah.
 
Kelas Menulis telah berlangsung di Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Bandung. Luaran dari kelas ini diarahkan untuk tantangan era publikasi ilmiah dan penilaian akreditasi program studi berkenaan dengan kemitraan dosen dan mahasiswa dalam publikasi artikel di jurnal ilmiah.
 
Lebih jauh lagi Kelas Menulis disiapkan sebagai pembibitan asisten peneliti. Adapun ujungnya diharapkan sebagai pembibitan peneliti. Suatu tuntutan pengembangan dari universitas berbasis pengajaran ke universitas berbasis penelitian.
 
 
Bandung, 25 Oktober 2020
Wahyudin Darmalaksana, Pegiat Kelas Menulis Di UIN Sunan Gunung Djati Bandung
 


Comments

Popular posts from this blog

UIN SGD BANDUNG RAIH PERINGKAT PERTAMA DI INDONESIA VERSI SCIMAGO

PRESTASI

CARA MEMBUAT JUDUL PENELITIAN