-->

Notification

×

Iklan

Iklan

BERSAMA MAHASISWA FU UIN BANDUNG DEKLARASI GERAKAN MENULIS ARTIKEL

Wednesday, November 18, 2020 | 9:34:00 AM WIB Last Updated 2022-12-01T11:08:19Z

 

Publikasi ilmiah di jurnal diakui menjadi puncak tertinggi pencapaian insan akademik. "Menulis artikel ilmiah bukan perkara sulit. Jurnal ilmiah telah menyediakan ketentuan. Patuhi saja ketentuan itu," tutur Moch. Fachruroji saat menjadi narasumber di Fakultas Ushuluddin (FU) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Selasa, 17/11/2020.

"Hal paling sulit itu membiasakan penelitian. Lalu hasil penelitian ditulis dan dikirim ke jurnal ilmiah," ungkap akademisi Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) UIN Sunan Gunung Djati Bandung ini.

 

Pernyataan tersebut diperkuat oleh narasumber ke dua, Busro, Dosen FU UIN Sunan Gunung Djati Bandung. "Pekerjaan saya menolak artikel. Jurnal ilmiah pasti menyediakan template. Jika artikel tidak sesuai template pasti ditolak," ujar Busro.

"Baru saya kirim ke penelaah ahli untuk penilaian kelayakan konten bila artikel telah memenuhi ketentuan selingkung dan similarity rendah. Bukan berarti konten tidak penting, tapi kesesuaian dengan ketentuan jurnal yang dilihat mula pertama," lajut pengelola jurnal di lingkungan FU ini.

 

Hal di atas mengemuka di acara Latihan Menulis Artikel. Acara ini digelar oleh Laboratorium FU UIN Sunan Gunung Djati Bandung. "Latihan menulis menjadi kebutuhan akademisi. Mahasiswa perlu mendapat pendampingan dalam penulisan artikel ilmiah. Khususnya mahasiswa tingkat akhir untuk publikasi hasil penelitian di jurnal ilmiah," ungkap Irma Riyani, Ph.D., Ketua Laboratorium FU.

"Publikasi artikel di jurnal ilmiah bisa melalui konferensi. Ada banyak konferensi tiap tahun. Mahasiswa bisa berkolaborasi dengan Dosen dalam penelitian untuk publikasi di jurnal ilmiah. Mahasiswa banyak yang menjadi pemakalah di konferensi tahun 2020 ini," lanjutnya.

Wahyudin Darmalaksana, Dekan FU UIN Sunan Gunung Djati Bandung menyatakan "Publikasi artikel menjadi tantangan bersama. Tantangan ini kita pecahkan bersama. Caranya kita temukan langkah paling efektif."

"Tidak ada pilihan. Gerakan menulis artikel paling tepat. Kita deklarasikan bersama Mahasiswa," tegas Dekan.

 

Kegiatan latihan menulis diperuntukan bagi Dosen dan Mahasiswa. Hadir sekitar 30 orang. Acara ini digelar di Lt. 4 Aula FU Kampus I UIN Sunan Gunung Djati Bandung Jalan AH. Nasution 105 Bandung [Nur].

×
Berita Terbaru Update