PUSAT STATISTIK DILUNCURKAN USHULUDDIN UIN BANDUNG

 



Pusat statistik diluncurkan di Fakultas Ushuluddin (FU) Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung. Ini bersamaan dengan Workshop Penelitian Kuantitatif yang digelar di Kampus I Jalan AH. Nasution 105, Bandung, Jum’at, 06/11/2020.
 
Workshop menghadirkan pembicara kunci, Dr. Agus Abdul Rahman, M.Psi., Dekan Fakultas Psikologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Wrokshop dipandu oleh Dr. Medina Chodijah, M.Pd., Dosen Tasawuf dan Psikoterapi (TP) FU.
 
“Fakultas memulai pelatihan penelitian lapangan sejak tahun 2000-an. Pelatihan ini dilaksanakan seiring dengan kebutuhan dosen bagi tuntutan penelitian lapangan,” ujar Dr. Wahyudin Darmalaksana, M.Ag., Dekan FU.
 
“Saat ini kebutuhan penelitian kuantitatif lebih mendesak lagi. Khususnya, bagi kebutuhan bimbingan mahasiswa di Jurusan TP yang memilih penelitian statistik. Karenanya keberadaan pusat statistik tidak bisa ditawar-tawar lagi bagi pengembangan metodologi penelitian lapangan di FU,” tegasnya.


Pembicara kunci memaparkan topik utama yakni rancangan penelitian kuantitatif. “Penelitian kuantitatif dan penelitian kualitatif pada dasarnya beda tipis. Hal perbedaan tipis ini yang perlu kehati-hatian,” papar Dr. Agus Abdul Rahman, M.Psi.
 
“Mahasiswa hendaknya memiliki kemampuan teoritik yang memadai tentang realitas. Identifikasi masalah dari lapangan tidak cukup tanpa proses deduktif berdasarkan kemampuan teoritik. Masalah di lapangan akan mudah diidentifikasi bila memiliki pemahaman teoritikal melalui teknik literatur reviu,” lanjut Dekan Fakultas Psikologi.
 
“Literatur reviu menjadi penting untuk identifikasi masalah hingga tersusunnya rumusan masalah. Hipotesis yang merupakan jawaban sementara tehadap rumusan masalah dibangun melalui proses deduktif,” tegasnya.
 
“Untuk beberapa kasus, peneliti bisa menerapkan desain penelitian kombinasi antara kuantitatif dan kualitatif,” lanjut Dr. Agus Abdul Rahman, M.Psi., Dekan Fakultas Psikologi.


Dr. Muhtar Ghazali, M.Ag., Ketua Jurusan beserta Dr. Cucu Setiawan, M.Ag., Sekretaris, menyatakan kesiapan membuka pusat statistik di Jurusan TP. Workshop digelar oleh Laboratorium Jurusan TP yang digawangi oleh Dr. Dian Siti Nurjanah, M.Ag.
 
Peserta tampak antusias mengajukan berbagai pertanyaan. Acara ini dihadiri oleh sekitar 30 peserta aktif dari dosen senior dan dosen muda serta mahasiswa. Wokshop berlangsung sejak pukul 09.00-11.30 WIB. [Yudi].
 

Comments

Popular posts from this blog

UIN SGD BANDUNG RAIH PERINGKAT PERTAMA DI INDONESIA VERSI SCIMAGO

PRESTASI

CARA MEMBUAT JUDUL PENELITIAN