MENGAPA MENULIS BLOG


Mengapa membuat Blog. Blog adalah aplikasi web untuk memuat tulisan-tulisan.

Masing-masing Blogger, penulis Blog, memiliki motivasi beragam. Motivasi kami pernah dituturkan sebelum ini.

Ketika itu kami merasa ada yang perlu disampaikan ke publik. Karena itu, kami membuat Blog.

Tidak hanya itu. Kami merasa perlu menyimpan beberapa tulisan. Ketika tulisan tersebut dibutuhkan lagi maka kami tidak sulit mencarinya. 

Juga menulis di Blog berperan menjaga dan sekaligus menguji konsistensi. Apa yang ditulis belakangan dengan tulisan terdahulu pasti dijaga konsistensinya. Rasanya naif bila tulisan-tulisan yang dibuat sendiri tidak konsisten dalam arti saling bertolak belakang.

Selain menjaga konsistensi sekaligus juga menguji konsistensi. Dunia ini maju ke depan. Pasti ada perkembangan-perkembangan. Kenyataan ini berbeda dengan konsistensi. Kenyataan ini lebih sebagai keharusan berubah.

Seiring perjalanan waktu, pasti ada ide-ide baru, strategi-strategi baru, dan terobosan-terobosan baru. Bagi suatu kemajuan, kami tidak mungkin menolak inovasi-inovasi dan pengembangan. Justru misi kami untuk berubah lebih baik.

Meskipun kami merasa ingin terciptanya himpunan khalayak dengan misi dan visi yang sama. Namun, hal itu bukan tujuan utama kami. Tujuan kami lebih dimaksudkan berbagi pengalaman.

Masing-masing orang memiliki jalan, tujuan, dan cita-cita. Tapi pasti ada tujuan bersama dan cita-cita bersama. Untuk hal itu dirasa penting kami membuka ruang berbagi melalui tulisan-tulisan.

Tulisan terkadang sensitif. Sehingga mengelola Blog ada bahayanya juga. Bisa saja khalayak tersinggung. Atau ada rahasia yang semestinya tidak perlu dituliskan. Tapi semangat berbagi itulah yang lebih memotivasi kami terus menulis. Tentu saja kami berusaha hati-hati menjaga sensitivitas.

Usia Blog ini satu tahun. Kami mulai aktif menulis Bulan Agustus 2019. Saat ini, akhir 2020, Blog ini telah mencapai 100.000 pengunjung (view).

Tentu kami sangat berterimakasih kepada semua pihak. Hal ini lebih menyadarkan kami untuk berusaha menyajikan konten yang syarat kualitas.

Namun demikian, Blog ini lebih dimaksudkan untuk menyapa khalayak. Dalam rangka saling berkonektivitas untuk membangun kualitas bersama. Dari situ pasti tewujud komunitas.

Akhirnya, selamat jelang tahun 2021. Semoga segala aktivitas handai taulan mendapat kelancaran, kemudahan, dan keberhasilan.




Bandung, 27 Desember 2020
Wahyudin Darmalaksana, biasa dipanggil "Yudi" adalah akademisi Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

CARA MEMBUAT JUDUL PENELITIAN

UIN SGD BANDUNG RAIH PERINGKAT PERTAMA DI INDONESIA VERSI SCIMAGO

PRESTASI