PANDUAN MENULIS ARTIKEL: SEJAK PENULISAN PROPOSAL SAMPAI TERBIT DI JURNAL ILMIAH

 





Beberapa panduan menulis artikel ilmiah telah disediakan. Sejumlah panduan tersebut disusun dari pengalaman pelaksanaan menulis artikel ilmiah. Seluruh panduan penulisan artikel ilmiah diawali dengan penyusunan proposal penelitian.
 
Dari Proposal Menjadi Artikel Ilmiah I
Ini pengalaman di Semester IV. Mahasiswa berlatih menyusun proposal. Lalu dibuat artikel sampai terbit di jurnal ilmiah. Perjalanan latihan dicatat dan dibukukan menjadi panduan penulisan artikel ilmiah. Buku panduan ini silakan klik dan download di sini !
 
Dari Proposal Menjadi Artikel Ilmiah II
Ini pengalaman di Semester VI. Mahasiswa berlatih menyusun proposal. Lalu dibuat artikel sampai terbit di jurnal ilmiah. Perjalanan latihan dicatat dan dibukukan menjadi panduan penulisan artikel ilmiah. Buku panduan ini silakan klik dan download disini !
 
Dari Skripsi Menjadi Artikel Ilmiah
Ini pengalaman dari Sarjana yang telah lulus Sidang Skripsi. Lalu Skripsi dibuat artikel sampai terbit di jurnal ilmiah. Perjalanan latihan dicatat dan dibukukan menjadi panduan penulisan artikel ilmiah. Buku panduan ini silakan klik dan download di sini !
 
Cara Menulis Proposal
Berbagai pengalaman menulis artikel ilmiah dicatat. Seluruh latihan penulisan artikel ilmiah diawali dengan penyusunan proposal penelitian. Dari perjalanan latihan dihasilkan buku “Cara Menulis Proposal” silakan klik dan download di sini !
 
Formula Penelitian
Seiring dengan perjalanan latihan menulis proposal dan latihan menulis artikel, Kelas Menulis menemukan istilah baru, yakni Formula Penelitian. Formula ini semacam “rumah” bagi tiga hal, yaitu rumusan masalah, pertanyaan penelitian, dan tujuan penelitian. Temuan ini tidak menggugurkan panduan-panduan sebelumnya, tetapi justru dibentuk untuk memudahkan dalam memulai menulis proposal penelitian, khususnya proposal yang berorientasi menjadi artikel ilmiah. Adapun bentuk Formula Penelitian silakan klik dan download di sini !
 
 
Bandung, 25 Desember 2020
Wahyudin Darmalaksana, Pegiat Kelas Menulis Di UIN Sunan Gunung Djati Bandung
 


Comments

Popular posts from this blog

CARA MEMBUAT JUDUL PENELITIAN

UIN SGD BANDUNG RAIH PERINGKAT PERTAMA DI INDONESIA VERSI SCIMAGO

PRESTASI