PUBLIKASI ILMIAH MAHASISWA BERSAMA DOSEN MENJADI AGENDA FAI UAD YOGYAKARTA DAN FU UIN BANDUNG

 




 
Publikasi ilmiah menjadi kebutuhan mendesak pendidikan tinggi di Indonesia. Sebab, pendidikan tinggi maju menurut parameter internasional diukur dari pencapaian publikasi ilmiah para akademisi, baik dosen maupun mahasiswa.
 
Dr. H. Nur Kholis, M.Ag., Dekan Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta memandang perlu diterapkan strategi peningkatan publikasi ilmiah. Bersama ini digelar agenda “Kiat Melejitkan Publikasi Dosen dan Mahasiswa” yang berlangsung online, Kamis, 17 Desember 2020.
 
Acara ini menghadirkan narasumber Dr. Wahyudin Darmalaksana, M.Ag., Dekan Fakultas Ushuluddin (FU) Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung. Acara dipandu oleh Arif Rahman, M.Pd.I., Wakil Dekan FAI UAD Yogyakarta.
 

Wahyudin yang biasa disapa "Yudi" menekankan perlunya membentuk “Writing Center” yang berperan sebagai pusat bantuan penulisan bagi mahasiswa. Sejak semester pertama, mahasiswa mesti dikenalkan penggunaan aplikasi references. Panduan penulisan artikel ilmiah niscaya harus disusun sebagai guide struktur penulisan dan sekaligus alat “interogasi” hasil latihan penulisan. Peningkatan kualitas penulisan dipastikan melalui review dan feedback (umpan balik). Terakhir, menurut Yudi, pastikan mahasiswa melakukan submit artikel ke jurnal ilmiah.
 
“Jika diibaratkan shalat maka penerapan aplikasi references adalah wudhu. Ruku dan sujud ialah struktur. Adapun salam yaitu submit. Tidak sah shalat seseorang tanpa wudhu, ruku dan sujud serta salam. Artikel ilmiah tidak bisa lepas dari penerapan aplikasi references, penguasaan struktur penulisan, dan submit artikel ke jurnal ilmiah,” ungkap Dr. Wahyudin Darmalaksana, M.Ag., Dekan FU sekaligus pegiat Kelas Menulis UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
 

Dekan FAI UAD Yogyakarta dan Dekan FU UIN Bandung sepakat adakan konferensi Tahun 2021. Konferensi ini dimaksudkan untuk mewadahi artikel mahasiswa bersama dosen dari keluaran mata kuliah. Mereka juga berinisiatif menghipun mitra pendidikan tinggi lain di Indonesia untuk berkolaborasi.
 
Acara dimulai pukul 09.00 – 11.30 WIB. dengan audien sekitar 450 orang. Beberapa pertanyaan mengemuka di kegiatan ini. Moderator mengucapkan terimakasih atas partisipasi semua pihak. Juga berharap publikasi ilmiah dosen dan mahasiswa makin melejit melalui kolaborasi lintas pendidikan tinggi [Widodo].


Comments

Popular posts from this blog

CARA MEMBUAT JUDUL PENELITIAN

UIN SGD BANDUNG RAIH PERINGKAT PERTAMA DI INDONESIA VERSI SCIMAGO

PRESTASI