CARA MENGHEBATKAN PUBLIKASI ILMIAH MAHASISWA

 





Mengapa mahasiswa penting berlatih menulis artikel, hal ini sering dijelaskan oleh beberapa kolega. Pastinya, publikasi ilmiah para akdemisi, dosen dan mahasiswa, menjadi parameter pendidikan tinggi maju.  
 
Pendidikan tinggi di dalam dan di luar negeri telah menampilkan pengalaman terbaik (best practice). Berbagai best practice dihimpun, disistematiskan, dan dipraktikan. Sehingga terbitlah "Cara Menghebatkan Publikasi Ilmiah Mahasiswa" ini yang disajikan untuk berbagi pengalaman.

 
Pengenalan Aplikasi References
Aplikasi references berfungsi untuk penerapan sistem pengutipan sumber rujukan dan bibliografi. Penerapan aplikasi references dalam penulisan artikel ilmiah merupakan kesepakatan internasional. Sehingga seluruh bentuk penulisan karya ilmiah terlebih artikel ilmiah tidak bisa terlepas dari ketetapan standar internasional academic writing

Ada dua tipe aplikasi references standar internasional, yakni aplikasi internal dan aplikasi eksternal. Pengenalan aplikasi references eksternal dan internal di lingkungan mahasiswa generasi hebat bukan perkara yang pelik. Kenyataannya, mahasiswa generasi hebat mereka mampu menguasai penggunaan aplikasi references dalam waktu yang amat singkat tidak lebih dari ½ jam. Bagi mahasiswa semester pertama direkomendasikan penerapan aplikasi references internal. Silakan klik di sini: Aplikasi References Internal.

 
Panduan Penulisan Artikel Ilmiah
Panduan penulisan artikel ilmiah mempunyai dua fungsi, yaitu acuan latihan penulisan artikel dan berfungsi sebgai alat penilaian kesesuaian hasil latihan penulisan dengan panduan yang telah tersedia. Panduan meliputi struktur penulisan yang menegaskan artikel sebagai karya ilmiah baku. Tulisan bisa saja “mengembara” ke luar struktur penulisan tanpa adanya panduan yang praktis. Tak disangka, ternyata mahasiswa generasi hebat begitu adaptif dalam mengikuti struktur penulisan yang sifatnya baku ini.
 
Reviu terhadap hasil latihan penulisan mutlak dilakukan. Mahasiswa hendaknya melakukan setoran secara bertahap paragraph per paragraph. Mengapa setoran per paragraph. Pertama, berperan mengawal struktur dan kerapian dalam penulisan. Kedua, peningkatan kualitas penulisan. Ketiga, mahasiswa tidak mengulangi kesalahan-kesalahan yang sama dalam teknis penulisan di paragraf-paragraf berikutnya. Keempat, berfungsi sebagai umpan balik (feedback) terutama dalam memotivasi semangat menulis. Kelima, memastikan kesuksesan dan keberhasilan.
 
Indikator sukses adalah mahasiswa generasi hebat selesai menulis full paper (artikel lengkap). Mahasiswa semester awal cukup mereka latihan menulis prosiding (proceeding) hasil penelitian sederhana (mini research) sebanyak 16 paragraf dengan 1500 karakter. Mahasiswa semester lanjut bisa diarahkan menulis hingga 2500 karakter. Adapun indikator keberhasilan ialah artikel mahasiswa generasi hebat terbit di jurnal ilmiah. Silakan klik di sini: Panduan Penulisan Artikel Ilmiah.

 
Login and Submission Artikel Ilmiah
Mahasiswa generasi hebat hendaknya dilatih login dan submission. Saat ini jurnal ilmiah seluruhnya menerapkan open system. Mula-mula ditentukan jurnal sasaran sesuai dengan lingkup (scope) keilmuan. Lalu dilakukan login dan submission (pengiriman) naskah artikel ilmiah.
 
Ada dua pola pengirimaan artikel ilmiah secara open system. Pertama, pengiriman naskah artikel ke jurnal reguler yang menerbitkan artikel secara berkala, biasanya dua volume dalam setahun. Kedua, pengiriman naskah ke agenda forum ilmiah semisal konferensi, baik level nasional maupun level internasional.
 
Pengiriman naskah artikel ke open system (online system) pasti dilakukan review (reviu) oleh reviewer (pengulas) yang ditunjuk oleh pihak jurnal ilmiah. Pengulas menjadi penentu apakah naskah diterima (accepted) ataukah ditolak (rejected). Jika diterima biasanya masih ada perintah revisi terlepas apakah minor (kecil) atau major (besar). Alasan ditolak biasanya naskah tidak sesuai dengan lingkup keilmuan yang diharapkan oleh jurnal ilmiah. Silakan klik di sini: Cara Login dan Submission.
 

Apakah menulis artikel ilmiah itu hantu. Tidak. Apakah latihan menulis artikel ilmiah itu horor? Tidak. Ada banyak kisah sukses berkaitan dengan hal ini. Terbit artikel di jurnal ilmiah itu selebrasi.

Saat ini mahasiswa disebut generasi hebat sebab mereka berada di era digital dimana publikasi ilmiah diselenggarakan serba elektonik dan mereka sangat adaptif dan mampu untuk sukses dan berhasil. Di tahun-tahun ke depan ada baiknya diselenggarakan konferensi melalui kolaborasi lintas pendidikan tinggi. Konferensi ini hendaknya diarahkan untuk mengakomodasi artikel-artikel ilmiah mahasiswa bersama dosen disebut kemitraan dosen-mahasiswa. Keluaran dari konferensi ini bisa berupa publikasi prosiding di jurnal special issue atau publikasi artikel ilmiah di jurnal reguler.
 
Mahasiswa generasi hebat hendaknya menyiapkan diri menguatkan skill penulisan artikel ilmiah. Hubungi dosen pembimbing atau dosen pengampu mata kuliah untuk menjadi tutor dalam latihan penulisan artikel ilmiah. Sebab, kami pasti menyiapkan undangan bagi para akademisi pada Conference Series di hari mendatang. Ini pasti terlaksana bila semua kita berkolaborasi.
 

 
Bandung, 19 Desember 2020
Wahyudin Darmalaksana, Kelas Menulis UIN Sunan Gunung Djati Bandung
 


Comments

Popular posts from this blog

CARA MEMBUAT JUDUL PENELITIAN

CARA MENENTUKAN JUDUL PENELITIAN SKRIPSI

CARA MENULIS PEMBAHASAN PENELITIAN