Praktis Menulis Artikel Ilmiah, Pengalaman Dari Praktik Di Pelatihan Menulis

 




MODUL PENULISAN ARTIKEK ILMIAH


Artikel ilmiah minimal 2500 karakter dan tidak lebih dari 7000 karakter. Tetapi artikel ilmiah prosiding cukup 1500-2500 karakter.


1. Apa yang hendak dibahas

2. Bagi subjek pembahasan menjadi tiga bagian

3. Telusuri sumber rujukan untuk masing-masing pembahasan di repositori

4. Buat tinjauan pustaka: (a) apa yang telah dilakukan dalam penelitian mereka dan (b) apa yang Anda ketahui dari pembahasan mereka.

5. Buat tujuan penelitian dalan kalimat yang clear.

6. Buat rumusan / asumsi dengan kata "terdapat" (copy paste dari tujuan)

7. Buat satu pertanyaan utama tunggal (copy paste dari tujuan)

8. Buat kerangka berpikir yakni alur logis secara garis besar perjalanan penelitian.

9. Susun menjadi pendahuluan dengan struktur (a) latar belakang dan masalah, (b) tinjauan pustaka, (c) kerangka berpikir, (d) formula penelitian (tujuan, asumsi atau rumusan, dan pertanyaan penelitian).

10. Struktur latar belakang dan masalah sebagai berikut: Sebutkan sorotan (highlight) di awal kalimat. Tulis kata namun. Selanjutnya, tulis oleh karena itu.

11. Tentukan metode penelitian, yakni jenis penelitian (kualitatif atau kuantitatif), studi (studi pustaka, studi lapangan atau studi kasus), metode (skenario), dan analisis (alat interpretasi atau pendekatan).

12. Pembahasan berarti (a) menjawab pertanyaan, (b) membuktikan asumsi atau rumusan, dan (c) memastikan sampai di tujuan penelitian. Caranya jadikan kerangka berpikir sebagai "kompas besar." Urai satu-pesatu tiga pembahasan yang direncanakan di atas. Berbasis pada kerangka berpikir, buatlah pemetaan jalan menurut referensi. Selalu gunakan metode penelitian di atas. Di akhir pembahasan pastikan tiga hal, yakni (a) pertanyaan telah terjawab, (b) rumusan/asumsi telah terbukti, dan (c) penelitian telah tiba sampai di tujuan. Bagus kalau temuan dari pembahasan ini dibandingkan dengan temuan penelitian terdahulu yang disebutkan di tinjauan pustaka.

13. Buat kesimpulan, yakni (a) hasil akhir dari pembahasan, (b) manfaat penelitian bagi penerima manfaat atau pengguna hasil penelitian, (c) sebutkan keterbatasan penelitian sehingga dibutuhkan penelitian lebih lanjut, dan (d) sampaikan rekomendasi bagi pihak yang berkepentingan.

14. Pastikan pengutipan sumber rujukan menerapkan aplikasi references, sehingga otomatis terbentuk daftar pustaka.

15. Buat abstrak, yaitu (a) tujuan, (b) metode (c) pembahasan, dan (d) kesimpulan. Abstrak 250 karakter.

16. Tulis kata kunci yakni konsep-konsep kunci di dalam artikel. Maksimal 5 kata kunci disusun sesuai alphabet A, B, C, D.

17. Judul artikel biasanya menyangkut problem, metode, dan hasil. Judul maksimum 14 karakter.



Bandung, 02 Jan 2021

Wahyudin Darmalaksana, FU UIN Bandung

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

CARA MEMBUAT JUDUL PENELITIAN

UIN SGD BANDUNG RAIH PERINGKAT PERTAMA DI INDONESIA VERSI SCIMAGO

LATIHAN MENYUSUN PETA KONSEP PENELITIAN SKRIPSI