Melatih Generasi Superhero Gen Z dalam Penulisan Artikel Ilmiah

 


 

 

Gen Z memiliki karakter mandiri. Karena karakter mereka yang cenderung mandiri, Gen Z menyandang julukan sebagai generasi superhero (Luttrell & McGrath, 2021). Mereka sangat produktif dalam penggunaan internet (Miftakhuddin, 2020). Mereka juga senang berkolaborasi dan berpartisipasi secara aktif (Dass et al., 2021).

 


Hasil sensus penduduk 202o, Gen Z mendominasi di Indonesia. Milenial menempati posisi manajer Gen Z (Gabrielova & Buchko, 2021). Motif prestasi sangat kuat di milenial (Borges et al., 2010). Berdasarkan penelitian Pichler, S., Kohli, C., & Granitz, N. (2021), DITTO for Gen Z: A framework for leveraging the uniqueness of the new generation, Business Horizons, manajerial dari milenial untuk Gen Z dibutuhkan model yang mengarah pada peningkatan produktivitas dan keunggulan kompetitif (Pichler et al., 2021). Gabrielova, K., & Buchko, A. A. (2021), Here comes Generation Z: Millennials as managers, Business Horizons, menyarankan Gen X untuk membantu manajer milenial dalam mengelola aktivitas Gen Z (Gabrielova & Buchko, 2021).

Usia Gen Z dan milenial merupakan masa kuliah. Menurut Redmer, T. A. O., Redmer, A., Redmer, K., Redmer, M., & Redmer, M. (2021), Grandpa, Wake Up! It’s the 21st Century! An Opportunity for Gen Zs to Educate the Baby Boomers, Christian Business Academy Review, Gen Z sangat adaptif dalam pembelajaran real-time secara online (Redmer et al., 2021). Dass, S., Ramananda, H. S., Jagadeesha, B., PC, R. K., & Cherian, R. K. K. (2021), Effectiveness of Collaborative on Learning Among Gen Z Engineering Students, Journal of Engineering Education Transformations, melaporkan bahwa pembelajaran kolaboratif merupakan metode yang efektif dalam meningkatkan pembelajaran di kalangan mahasiswa Gen Z dimana mereka dapat berpartisipasi secara aktif (Dass et al., 2021).

Latihan menulis artikel telah berlangsung untuk mahasiswa. Latihan diorganisasi oleh milenial dengan melibatkan peserta Gen Z. Ternyata Gen Z itu superhero (Luttrell & McGrath, 2021). Manajerial milenial (Gabrielova & Buchko, 2021) dengan motif prestasi (Borges et al., 2010) sangat luar biasa. Mereka sangat adaptif dalam latihan real-time secara online (Redmer et al., 2021). Akhirnya, latihan efektif secara kolaboratif (Dass et al., 2021) telah menghasilkan keberhasilan menyiapkan naskah-naskah artikel.

 

Laporan Kursus Menulis HMJ IAT Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Rabu, 17 Februari 2021.

 

Referensi

Borges, N. J., Manuel, R. S., Elam, C. L., & Jones, B. J. (2010). Differences in motives between Millennial and Generation X medical students. Medical Education, 44(6), 570–576.

Dass, S., Ramananda, H. S., Jagadeesha, B., PC, R. K., & Cherian, R. K. K. (2021). Effectiveness of Collaborative on Learning Among Gen Z Engineering Students. Journal of Engineering Education Transformations, 34(3), 70–78.

Gabrielova, K., & Buchko, A. A. (2021). Here comes Generation Z: Millennials as managers. Business Horizons.

Luttrell, R., & McGrath, K. (2021). Gen Z: The Superhero Generation. Rowman & Littlefield Publishers.

Miftakhuddin, M. (2020). Pengembangan model pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter empati pada generasi Z. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 17(1), 1–16.

Pichler, S., Kohli, C., & Granitz, N. (2021). DITTO for Gen Z: A framework for leveraging the uniqueness of the new generation. Business Horizons.

Redmer, T. A. O., Redmer, A., Redmer, K., Redmer, M., & Redmer, M. (2021). “Grandpa, Wake Up! It’s the 21st Century!” An Opportunity for Gen Zs to Educate the Baby Boomers. Christian Business Academy Review, 16.

 

Comments

Popular posts from this blog

CARA MEMBUAT JUDUL PENELITIAN

CARA MENENTUKAN JUDUL PENELITIAN SKRIPSI

CARA MENULIS PEMBAHASAN PENELITIAN