Bisakah Mahasiswa Senang Belajar Teori?

 
 


 
 
 
Apa itu teori? Kami tidak akan memberikan definisi apa itu teori, lebih baik kami menyetujui pengertian teori menurut apa yang dipahami pembaca saja. Ya benar itu!
 
Bagi mahasiswa, teori itu penting. Terlebih bagi mereka yang akan menyusun skripsi. Sebab, teori akan digunakan menjadi landasan di bagian pembahasan skripsi.
 
Di dalam skripsi, teori akan disajikan di bagian tinjauan pustaka (berbeda dengan hasil penelitian terdahulu). Tinjauan pustaka yang berupa landasan teoritis akan digunakan sebagai pisau analisis data hasil penelitian. Landasan teoritis akan digunakan peneliti dalam menganalisis data hasil penelitian hingga ditarik sebuah kesimpulan.
 
Pasalnya, bisakah mahasiswa senang belajar teori?
 
Kami berusaha menghadirkan cara bagaimana mahasiswa senang belajar teori. Meskipun kami tidak berani mengatakan bahwa mahasiswa akan sangat senang mempelajari cara ini. Namun, kami bisa dengan yakin mengatakan dari pengalaman kami sendiri bahwa mahasiswa merasakan belajar teori secara lebih seru! Dan itu, kita semua setuju, yakni menghadirkan langkah besar untuk membantu mahasiswa belajar.
 
Pertama, ajukan sebuah pertanyaan penelitian tentang topik tertentu.
Kedua, diskusikan antara teori (yang telah disediakan) dengan realita (yang disoroti) tekait dengan topik penelitian tersebut untuk menjawab pertanyaan penelitian poin satu.
 
Tiba di situ, di saat mahasiswa menyimpulkan hasil diskusi di atas, berarti di situlah mereka sedang berteori. Silakan, tidak boleh ragu mencoba!
 
 
Bandung, 05 September 2021
Wahyudin Darmalaksana, Pegiat Kelas Menulis Di UIN Sunan Gunung Djati Bandung
 
 


Comments

Popular posts from this blog

CARA MEMBUAT JUDUL PENELITIAN

CARA MENENTUKAN JUDUL PENELITIAN SKRIPSI

CARA MENULIS PEMBAHASAN PENELITIAN