Tiga Alasan Mengapa Mahasiswa Hendaknya Punya Pengalaman Publikasi Ilmiah

 


Publikasi ilmiah, yang dimaksud di sini, adalah penerbitan hasil penelitian dalam bentuk artikel di jurnal ilmiah. Untuk publikasi ilmiah, mula-mula dilakukan penelitian. Hasil penelitian tersebut ditulis dalam bentuk artikel. Artikel dikirim ke jurnal ilmiah. Lalu, editor jurnal menerbitkan artikel.
 
Ada beberapa alasan mengapa mahasiswa hendaknya mempunyai pengalaman publikasi ilmiah. Paling tidak, ada tiga alasan yang paling utama, yaitu:
 
Persiapan Tugas Akhir
Mahasiswa akan menulis tugas akhir untuk meraih gelar sarjana. Tugas akhir ini berupa penelitian. Disebutkan di paparan terdahulu bahwa artikel ditulis dari hasil penelitian. Tidak diragukan lagi, penulisan artikel berperan dalam dua hal, yakni latihan penelitian dan latihan penulisan hasil penelitian. Di sini, mahasiswa memiliki persiapan dalam penyelesaian tugas akhir.
 
Literasi Aplikasi Digital
Penulisan artikel memiliki dampak bagi penguatan literasi digital. Berbagai aplikasi akan digunakan dalam penulisan artikel. Seperti akses big data untuk pencarian sumber rujukan. Sitasi ilmiah dengan mengguanakan aplikasi pengutipan. Pengecekan similarity melalui aplikasi cek plagiasi. Pengiriman artikel pada jurnal berbasis open journal system (OJS). Termasuk upload ulang artikel hasil revisi. Tegaslah, publikasi ilmiah berperan untuk memperkuat kemampuan literasi digital.
 
Kampus Kelas Dunia
Setiap kampus memiliki tonggak-tonggak yang hendak dilampaui. Dimulai dari kampus pengajaran (teaching university), kampus penelitian (research university) dan kampus kelas dunia (world class university). Setiap kampus akan berusaha beranjak dari teaching university menuju research university. Sejak semester pertama, mahasiswa dilatih penelitian mini (mini research). Hasilnya ditulis menjadi artikel untuk dipublikasikan di jurnal ilmiah. Indikator world class university antara lain produktifitas publikasi ilmiah akademisi di jurnal internasional reputasi global.
 
Berdasarkan tiga alasan utama di atas, mahasiswa hendaknya segera membuat rencana publikasi ilmiah. Sangat dibanggakan bila mahasiswa mempunyai pengalaman publikasi ilmiah semasa kuliah.
 
 
Bandung, 17 Desember 2021
Wahyudin Darmalaksana, Kelas Menulis Di UIN Sunan Gunung Djati Bandung
 

Comments

Popular posts from this blog

CARA MEMBUAT JUDUL PENELITIAN

CARA MENENTUKAN JUDUL PENELITIAN SKRIPSI

LATIHAN MENULIS PENDAHULUAN ARTIKEL ILMIAH