Model Studi Hadis Metode Mutakhir Ide Masyarakat 5.0
Wahyudin Darmalaksana
Jurusan Ilmu hadis Fakultas Ushuluddin
UIN Sunan Gunung Djati Bandung
yudi_darma@uinsgd.ac.id
Tahap I
Permasalahan utama penelitian ini adalah terdapat rancangan model studi hadis yang relevan untuk turut terlibat dalam mewujudkan ide masyarakat 5.0.
Rumusan masalah penelitian ini ialah bagaimana rancangan model studi hadis yang relevan untuk turut terlibat dalam mewujudkan ide masyarakat 5.0.
Penelitian ini bertujuan merancang model studi hadis yang relevan untuk turut terlibat dalam mewujudkan ide masyarakat 5.0.
Secara teoritis, penelitian ini bermanfaat sebagai tinjauan studi hadis.
Secara praktis, penelitian ini bermanfaat sebagai acuan penerapan model studi hadis yang relevan untuk turut mewujudkan ide masyarakat 5.0 di Indonesia.
Tahap II
Hasil penelitian terdahulu telah dikemukakan oleh peneliti mengenai ide masyarakat 5.0 berkenaan dengan studi hadis. Antara lain Destria, Dary, Huriani, Yeni, & Darmalaksana, Wahyudin (2022), “Ide Mewujudkan Masyarakat 5.0 di Indonesia: Studi Takhrij dan Syarah Hadis Kontemporer,” Gunung Djati Conference Series. Penelitian ini bertujuan untuk membahas hadis tentang kewajiban menuntut ilmu berkenaan dengan upaya mewujudkan ide masyarakat 5.0 di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menerapkan metode deskriptif-analitis. Objek formal penelitian ini adalah ilmu hadis, sedangkan objek materialnya ialah hadis tentang kewajiban menuntut ilmu pada riwayat Ibnu Majah No. 220. Hasil dan pembahasan penelitian ini menunjukan bahwa status hadis berkualitas hasan li ghairihi yang memenuhi kualifikasi maqbul ma’mul bih bagi pengalaman Islam dalam upaya mewujudkan ide masyarakat 5.0. Penelitian ini menyimpulkan bahwa hadis riwayat Ibnu Majah No. 220 relevan digunakan sebagai landasan untuk mewujudkan ide masyarakat 5.0 melalui adaptasi teknologi, menciptakan kebahagiaan dan kesejahteraan, dan menempatkan manusia pada posisi pusat. Ide masyarakat 5.0 bukan hal yang mustahil diwujudkan di Indonesia (Destria, Huriani, & Darmalaksana, 2022).
Hasil penelitian terdahulu dan penelitian sekarang terdapat kesamaan dalam menyinggung ide masyarakat 5.0 kaitannya dengan studi hadis. Akan tetapi, hasil penelitian terdahulu dan penelitian sekarang memiliki perbedaan. Hasil penelitian terdahulu melakukan studi teks hadis melalui metode takhrij dan syarah hadis dikaitkan dengan ide mewujudkan masyarakat 5.0. Adapun penelitian sekarang berusaha merancang model studi hadis yang dapat terlibat dalam mewujudan ide masyarakat 5.0.
Tahap 3
Kerangka berpikir perlu disusun untuk menjawab pertanyaan bagaimana merancang model studi hadis yang mampu terlibat dalam mewujudkan ide masyarakat 5.0. Adapun bagan kerangka berpikir di bawah ini:
Bagan 1. Kerangka berpikir
Studi hadis sama artinya dengan kajian hadis atau penelitian hadis. Studi hadis pasti membutuhkan metode-metode yang tidak terpisahkan di dalam ilmu hadis (Darmalaksana, 2018).
Masyarakat 5.0 merupakan suatu ide yang menghendaki terwujudnya perubahan, kebahagiaan, dan kesejahteraan (Destria et al., 2022). Perubahan dihasilkan dari adaptasi terhadap era revolusi industri 4.0. Kebahagiaan merupakan subjek yang niscaya dibutuhkan manusia, terlebih di era revolusi industri 4.0 dimana orang-orang cenderung “lelah” oleh dunia yang makin sibuk. Kesejahteraan adalah kesepakatan dunia dalam konteks pelaksanaan pembangunan berkelanjutan (Destria et al., 2022).
Model studi hadis berusaha terus berkembang sejak zaman klasik hingga era kontemporer (Darmalaksana, 2020d). Agar studi hadis dapat turut telibat dalam mewujudkan ide masyarakat 5.0 maka perlu dirancang model studi hadis yang relevan.
Tahap 4
Metode Penelitian
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menerapkan metode deskriptif-analitis (UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 2020). Jenis data penelitian ini merupakan data kualitatif yang bukan angka. Sumber data penelitian ini meliputi sumber primer berupa referensi tentang studi hadis dan sumber sekunder berupa referensi seputar ide masyarakat 5.0. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui studi pustaka (Darmalaksana, 2020b). Teknik analisis data ditempuh melalui tahapan inventarisasi, klasifikasi, dan interpretasi (Darmalaksana, 2022). Secara terfokus penelitian ini memotret pengalaman model studi hadis di UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Tahap 5
Landasan teori dibutuhkan untuk pondasi teoritis dalam melakukan pembahasan. Penelitian ini menggunakan teori dasar studi hadis atau pengkajian hadis. Secara garis besar, studi hadis mempunyai dua ranah (Darmalaksana, 2018). Pertama, studi hadis dalam pengertian luas mencakup metode-metode dalam studi hadis. Kedua, studi hadis dalam pengertian yang sempit meliputi studi teks hadis dengan metode tertentu. Studi hadis dalam pengertian yang luas mengalami pekembangan dalam sejarah (Muhtador, 2016). Secara historis, studi hadis mencakup klasik, pertengahan, modern, dan kontemporer. Penelitian ini menganut pola objek formal yaitu subjek ilmu yang membahas dan objek material yakni objek yang dibahas (Parluhutan, 2020). Objek formal penelitian ini adalah studi hadis dalam pengertian yang luas, sedangkan objek materialnya ialah metode-metode yang relevan terkait dengan gagasan mewujudkan masyarakat 5.0. Adapun masyarakat 5.0 dalam penelitian ini merupakan konteks penelitian. Model ialah sebuah konsep implementasi yang penerapannya dilakukan melalui pengujian. Di dalam penelitian ini akan dirancang model studi hadis dengan metode-metode yang relevan untuk terlibat dalam mewujudkan ide masyarakat 5.0.
Tahap 6
Studi hadis sudah sepatutnya berubah untuk turut mewujudkan ide society (masyarakat) 5.0 dalam realitas. Masyarakat 5.0 adalah masyarakat yang tercerdaskan oleh era revolusi industri 4.0 untuk segera membangun kesejahteraan (Destria et al., 2022). Studi hadis juga sejatinya bertujuan membangun kebaikan dalam realitas masyarakat sesuai tuntutan zaman. Namun, studi hadis masih jauh dari harapan turut mewujudkan ide masyarakat 5.0 karena masih terpaku pada studi klasik. Oleh karena itu, penelitian ini tertarik untuk merancang model studi hadis yang dapat terlibat dalam mewujudkan ide masyarakat 5.0 di Indonesia.
Tahap 7 (dilompat)
Tahap 8
Hasil Penelitian dan Pembahasan
1. Studi Hadis Klasik dan Kontemporer
Pasca pembukuan hadis di abad ke-8 kemudian muncul studi hadis dalam bentuk syarah hadis. Syarah ialah penjelasan hadis dari berbagai sudut pandang ilmu untuk mengetahui substansi matan (teks) hadis (Darmalaksana, 2020e). Di antara hasil studi syarah yang populer adalah “Fath al-Bari bi Syarh Shahih al-Bukhari” karya Ibnu Hajar al-Asqalani (773 H/1372 M - 852 H/1449 M). Setelah kemunculan syarah hadis, lalu pada masa pertengahan Islam (abad ke-12 sampai abad ke-17) timbul studi hasyiah, yaitu studi syarah atas syarah hadis. Studi syarah sendiri mendapat pengaruh dari metode-metode dalam studi tafsir al-Qur’an (Kurniati, 2020), seperti tahlili, ijmali, muqaran, dan maudhu’i. Tahlili adalah pemahaman analitis hadis melalui pemaparan kandungan hadis mencakup makna-makna hadis sesuai keahlian ulama yang melakukan syarah. Ijmali ialah penjelasan hadis secara global terhadap makna-makna literal teks hadis dengan pendekatan ilmu kebahasaan. Muqaran yaitu pemahaman hadis melalui komparasi teks hadis yang semakna dengan kasus yang sama atau kasus yang berbeda termasuk komparasi pandangan ulama terkait syarah hadis. Maudhu’i yakni pemahaman hadis melalui penghimpunan hadis tentang topik tertentu untuk disusun secara tematis. Di dalam tafsir al-Qur’an, metode maudhui’i dalam bentuk yang sistematis muncul di abad modern yang didedikasikan oleh ulama Mesir bernama al-Farmawi yang lahir tahun 1942.
2. Mewujudkan Ide Masyarakat 5.0
3. Model Studi Hadis untuk Mewujudkan Masyarakat 5.0
Daftar Pustaka
Darmalaksana, Wahyudin. (2018). Paradigma
Pemikiran Hadis. JAQFI: Jurnal Aqidah Dan Filsafat Islam, 2(1),
95–106.
Darmalaksana, Wahyudin. (2020a). Metode Design Thinking
Hadis Pembelajaran, Riset & Partisipasi Masyarakat. Bandung: Fakultas
Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Darmalaksana, Wahyudin. (2020b). Metode Penelitian Kualitatif
Studi Pustaka dan Studi Lapangan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung
Djati Bandung.
Darmalaksana, Wahyudin. (2020c). Pemetaan Penelitian Hadis:
Analisis Skripsi UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Riwayah: Jurnal Studi Hadis,
191–210.
Darmalaksana, Wahyudin. (2020d). Penelitian Metode Syarah
Hadis Pendekatan Kontemporer: Sebuah Panduan Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Diroyah:
Jurnal Studi Ilmu Hadis, 5.
Darmalaksana, Wahyudin. (2020e). Prosiding Proses Bisnis
Validitas Hadis untuk Perancangan Aplikasi Metode Tahrij. Jurnal Ushuluddin
UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1, 1–7.
Darmalaksana, Wahyudin. (2020f). Rencana Implementasi
Penelitian Hadis pada Pendidikan Tinggi Indonesia: Sebuah Analisis Kebijakan. Jurnal
Hadis Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Darmalaksana, Wahyudin. (2020g). Studi Penggunaan Analisis Pendekatan
Ilmu-ilmu Sosial dalam Penelitian Hadis Metode Syarah. Khazanah Sosial, 2(3),
155–166.
Darmalaksana, Wahyudin. (2021a). Nalar Ilmu Hadis: Sebuah
Rancang Bangun Mesin Semi Otomatis. Pre-Print Kelas Menulis UIN Sunan Gunung
Djati Bandung, 1–9.
Darmalaksana, Wahyudin. (2021b). Paradigma Wahyu Memandu Ilmu
(WMI) dalam Pengajaran, Penelitian, dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Pre-Print
Kelas Menulis UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1–10.
Darmalaksana, Wahyudin. (2021c). Science and Technology
Opportunities in Hadith Research. International Journal of Islamic Khazanah,
11(1), 41–51.
Darmalaksana, Wahyudin. (2022). Panduan Penulisan Skripsi
dan Tugas Akhir. Bandung: Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati
Bandung.
Darmalaksana, Wahyudin, Alawiah, Neli, Thoyib, Elly Hafifah,
Sadi’ah, Siti, & Ismail, Ecep. (2019). Analisis Perkembangan Penelitian
Living Al-Qur’an dan Hadis. Jurnal Perspektif, 3(2), 134–144.
Darmalaksana, Wahyudin, Hambali, R., Masrur, Ali, &
Muhlas, Muhlas. (2020). Analisis Pembelajaran Online Masa WFH Pandemic Covid-19
sebagai Tantangan Pemimpin Digital Abad 21. Karya Tulis Ilmiah (KTI) Masa
Work From Home (WFH) Covid-19 UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1–12.
Darmalaksana, Wahyudin, & Qomaruzzaman, Bambang. (2020).
Teologi Terapan dalam Islam: Sebuah Syarah Hadis dengan Pendekatan High Order
Thinking Skill. Khazanah Theologia, 2(3), 119–131.
Destria, Dary, Huriani, Yeni, & Darmalaksana, Wahyudin.
(2022). Ide Mewujudkan Masyarakat 5.0 di Indonesia: Studi Takhrij dan Syarah
Hadis Kontemporer. Gunung Djati Conference Series, 8, 843–856.
Farida, Umma. (2015). Studi Pemikiran Fazlur Rahman tentang
Sunnah dan Hadis. Addin, 7(2).
Haqqi, Halifa, & Wijayati, Hasna. (2019). Revolusi
Industri 4.0 di Tengah Society 5.0: Sebuah Integrasi Ruang, Terobosan
Teknologi, dan Transformasi Kehidupan di Era Disruptif. Anak Hebat
Indonesia.
Kadarusman, Rafi Rasyad, Huriani, Yeni, & Darmalaksana,
Wahyudin. (2022). Islam dan Perubahan Iklim Global: Studi Transmisi Hadis Era
Kontemporer. Gunung Djati Conference Series, 8, 786–797.
Kurniati, Yunita. (2020). Rekonstruksi Metodologi Keilmuan
Syarah Hadis Klasik. Islam Transformatif: Journal of Islamic Studies, 4(1),
46–56.
Muhtador, Moh. (2016). Sejarah Perkembangan Metode dan
Pendekatan Syarah Hadis. Riwayah: Jurnal Studi Hadis, 2(2),
259–272.
Nasr, Seyyed Hossein. (2020). Tasawuf Dulu dan Sekarang.
Yogyakarta: IRCiSoD.
Parluhutan, Alboin. (2020). Objek Formal & Material
Filsafat Ilmu serta Implikasinya dalam Pendidikan. Jurnal Pionir, 7(3).
Ridwan, Ahmad Hasan. (2016). Kritik Nalar Arab: Eksposisi
Epistemologi Bayani,‘Irfani dan Burhani Muhammad Abed Al-Jabiri. Afkaruna:
Indonesian Interdisciplinary Journal of Islamic Studies, 12(2),
187–222.
Rohim, Herli, & Darwanto, Darwanto. (2020). Pendidikan
untuk Menyambut Masyarakat 5.0. Prosiding Seminar Nasional Program
Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.
Sajidin, Sajidin, Jamaludin, Asep, & Yudhiantara, Rully.
(2020). Integrasi WMI (Wahyu Memandu Ilmu) dalam pembelajaran bahasa Inggris:
Rancangan pembelajaran. Digital Library UIN Sunan Gunung Djati.
Salleh, Norsaleha Mohd, Usman, Abur Hamdi, Wazir, Rosni,
Shamsu, Lilly Suzana Hj, & Burhanuddin, Nurul Ain. (2020). Living Sunnah
Menurut Fazlur Rahman: Satu Sorotan Literatur Secara Sistematik. Al-Burhān:
Journal of Qurʾān and Sunnah Studies, 4(1), 127–141.
Soetari, Endang. (1994). Ilmu Hadits. Bandung: Amal
Bakti Press.
Soetari, Endang. (2005). Ilmu Hadits: Kajian Riwayah dan
Dirayah. Bandung: Mimbar Pustaka.
Soetari, Endang. (2015). Syarah dan Kritik Hadis dengan
Metode Tahrij: Teori dan Aplikasi (2nd ed.). Bandung: Yayasan Amal Bakti
Gombong Layang.
Suryadilaga, Muhammad Alfatih. (2014). Kajian Hadis di Era
Global. Jurnal Esensia, 15(2).
UIN Sunan Gunung Djati Bandung. (2020). Pedoman Penulisan
Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Bandung: UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Wahyudi, Yudian. (2004). The slogan" Back to the
Qur’an and the Sunna": A comparative study of the responses of Hasan
Hanafi, Muhammad’Abid al-Jabiri and Nurcholish Madjid. Canada: McGill
University.