-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Blog Seputar Isu Mahasiswa Tembus 1 Juta Views

Thursday, December 8, 2022 | 5:00:00 PM WIB Last Updated 2022-12-08T10:01:14Z
 



Saya --termasuk-- rajin menulis untuk konten Blog sejak Tahun 2020. Selain membuat Blog dan merawatnya, saya mendirikan Kelas Menulis khusus Mahasiswa. Tulisan-tulisan diunggah di Blog sejak Tahun 2020. Sampai 6 Desember 2022, Blog yang saya rawat telah tembus 1 Juta Views.

Konten yang dimuat di Blog berupa tulisan-tulisan sederhana seputar isu mahasiswa. Atau seputar masalah yang kerap dihadapi oleh teman-teman mahasiswa. Seperti cara membuat makalah untuk tugas kuliah, cara menyusun proposal skripsi, cara menulis skripsi, dan cara menulis artikel ilmiah untuk tujuan publikasi di jurnal ilmiah.


Kelas Menulis menjadi semacam laboratorium yaitu laboratorium pengembangan keterampilan mahasiswa dalam penulisan akademik (academic writing). Dari situ hal yang menyangkut kegagalan dan prestasi mahasiswa dicatat. Kegagalan akan menjadi pelajaran Kelas Menulis untuk meminimalisirnya. Juga prestasi mahasiswa juga menjadi catatan sebagai capaian pengalaman terbaik (best practice). Harapan untuk berbagi pengalaman terutama yang menjadi motivasi menulis Blog.

Daripada itu, topik-topik yang paling diminati dapat dilihat dari views (kunjungan) Blog. Topik yang paling diminati berarti materi yang paling dibutuhkan oleh pengunjung. Sehingga penulis Blog menjadi konsisten menanggapi dan mengembangkan topik-topik yang paling diminati. Dengan cara itu, isu yang dihadapi penggunjung ditemukan solusinya.

Namun demikian, penulisan Blog lebih difokuskan pada prestasi dan keberhasilan mahasiswa daripada kegagalan. Karena kenyataannya mahasiswa penuh dengan prestasi termasuk dalam publikasi ilmiah. Saya mencatat bahwa mahasiswa itu hebat dan luar biasa dalam penulisan akademik dan publikasi ilmiah.

Selagi masih ada energi, saya akan berusaha fokus menulis isu mahasiswa. Mahasiswa itu center (pusat) di dunia kampus. Sebagai center, mahasiswa mempunyai peran penting dalam dinamika akademik. Itu sebabnya mencatat isu mahasiswa pasti akan terus menarik termasuk prestasi mahasiswa dalam kepenulisan karya ilmiah.
 
 
Bandung, 08 Desember 2022
Wahyudin Darmalaksana adalah Dosen, Penulis Blog, dan Pendiri Kelas Menulis khusus Mahasiswa di Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung
 

×
Berita Terbaru Update