-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Academic Writing Fakultas Ushuluddin dan Adab IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Tuesday, February 14, 2023 | 11:46:00 AM WIB Last Updated 2023-02-14T05:20:23Z

 




Latar Belakang
Publikasi artikel di jurnal ilmiah menjadi tantangan Abad 21 yang ditandai dengan era transformasi digital. Produktivitas publikasi artikel di jurnal ilmiah berbasis Open Journal System (OJS) menandakan kemajuan Negara, performa Pendidikan Tinggi, dan prestasi akademisi. Akademisi wajib melakukan penelitian dan mempublikasikan hasilnya sebagai wujud diseminasi pengetahuan kepada masyarakat luas. Kewajiban publikasi ilmiah tidak hanya terpaku kepada Dosen, tetapi juga sivitas Mahasiswa dalam bentuk kemitraan antara Dosen dan Mahasiswa. Oleh karena itu, perlu dilakukan penguatan kapasitas keterampilan (skills) Mahasiswa dalam penulisan artikel ilmiah untuk tujuan publikasi (penyebarluasan) di jurnal ilmiah berbasis OJS.

Nama Kegiatan
Academic Writing Mahasiswa Fakultas Ushuluddin dan Adab Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon.

Tujuan
Tujuan kegiatan yaitu: 1) Penguatan kapasitas skills mahasiswa dalam penulisan artikel ilmiah; 2) Memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam melakukan publikasi artikel di jurnal ilmiah; 3) Menyiapkan sumber daya pelatih untuk kegiatan pelatihan-pelatihan academic writing tingkat mahasiswa; dan 4) Menyiapkan sumber daya pengelola jurnal ilmiah mahasiswa.

Target
Target kegiatan ini adalah: 1) Mahasiswa mengerti arti penting kerapian dalam penulisan karya ilmiah; 2) Mahasiswa dapat mempraktikan penggunaan aplikasi manajemen pengutipan Mendeley; 3) Mahasiswa mampu menyelesaikan latihan penulisan naskah artikel ilmiah; 4) Mahasiswa mengerti tahapan pengiriman artikel dan pelaksanaan revisi artikel dalam jurnal berbasis OJS; dan 5) Mahasiswa mempunyai pengalaman publikasi artikel dalam jurnal berbasis OJS.

Narasumber
Narasumber kegiatan ini: 1) Dr. Wahyudin Darmalaksana, M.Ag., Dekan Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung; dan 2) Dr. Anwar Sanusi, M.Ag., Dekan Fakultas Ushuluddin dan Adab IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Fasilitator
Tim Kelas Menulis dan Jurnal Mahasiswa Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Materi Kegiatan
Materi kegiatan meliputi Introduction, Kerapian dalam Penulisan Artikel Ilmiah, Instalasi Perangkat Mendeley, Latihan Tahapan Penulisan Artikel, Re-See (Peninjauan Naskah Artikel), Validasi Sumber Rujukan, Layout, dan Penerbitan Artikel.

Strategi Pelaksanaan Kegiatan
Kegiatan dilaksanakan secara hybrid (online dan offline). Peserta mendapat modul penulisan artikel ilmiah sebagai acuan dalam latihan penulisan artikel ilmiah. Modul penulisan mencakup tahapan mulai tahap 1 sampai tahap 11. Peserta mendapat pendampingan dan umpan balik (feedback) dalam upaya meningkatkan kualitas penulisan. Ahli bidang ilmu melakukan Re-See, yaitu peninjauan kembali naskah artikel area mana yang harus dipotong, ditambah, dan ditata ulang. Re-See melibatkan dosen ahli bidang keilmuan. Strategi kegiatan dilaksanakan dengan model writing camp yaitu peserta berada dalam tempat khusus dengan akses internet yang cepat dan model writing sprint yaitu peserta melaksanakan balapan penulisan artikel tahap demi tahap. Sehingga akan muncul peserta dengan artikel terbaik, tercepat, paling rapi, dan sebagainya. Strategi ini telah dilaksanakan di beberapa tempat dengan dilakukan beberapa inovasi sesuai situasi dan kondisi. Peserta pasti bisa menulis dan yang sudah bisa pasti makin cinta menulis artikel ilmiah.

Sasaran Peserta
Mahasiswa terbaik sebanyak 30 Orang yang merupakan utusan/delegasi program studi di lingkungan Fakultas Ushuluddin dan Adab IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Waktu dan Tempat Pelaksanaan
Waktu pelaksanaan meliputi pra, latihan, dan pasca latihan. Latihan secara offline dilaksanakan Sabtu-Minggu tanggal 25-26 Februari 2023. Bertempat di kampus IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Mitra Kerja Sama
Mitra kerja sama kegiatan ini: 1) Forum Dekan Fakultas Ushuluddin PTKI se-Indonesia; 2) Fakultas Ushuluddin dan Adab IAIN Syekh Nurjati Cirebon; 3) Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung; 4) Pengelola Jurnal Fakultas Ushuluddin dan Adab IAIN Syekh Nurjati Cirebon; 5) Pengelola Jurnal Mahasiswa Kelas Menulis Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung; 6) Pengelola Gunung Djati Conference Series (GDCS); 7) Kelas Menulis Sentra Publikasi Indonesia; 8) Dan lain-lain.

Penutup
Ketentuan yang belum diatur ditetapkan kemudian.


Cirebon, 14 Februari 2023
Panitia Academic Writing
Fakultas Ushuluddin dan Adab IAIN Syekh Nurjati Cirebon

×
Berita Terbaru Update