-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Kelas Menulis Siapkan Sumber Daya Literasi untuk Peradabadan Indonesia Emas

Monday, June 26, 2023 | 3:43:00 PM WIB Last Updated 2023-06-26T08:43:36Z
 


 
Kelas Menulis (Writing Class) punya obsesi besar, yaitu menyiapkan sumber daya mumpuni, khusus untuk menyongsong Indonesia Emas Tahun 2045. Sumber daya dimaksud adalah sumber daya literasi.
 
Sumber daya ini sangat dibutuhkan bangsa Indonesia. Sumber daya literasi terlatih disiapkan untuk produktif. Produktivitas literasi berperan besar untuk memenangkan persaingan negara Indonesia dengan dunia global di masa mendatang.
 
Di saat yang sama, Indonesia memiliki bonus demografi. Pada 2020, usia produktif, yaitu berkisar antara 16-65 tahun, 70,72% dari penduduk 270,20 juta jiwa. Pada 2045, Indonesia akan merasakan bonus demografi, yaitu puncak peningkatan usia produktif.
 
Hari ini, Gen-Z, lahir antara 1997-2012, paling dominan di Indonesia, 27,94%. Kelas Menulis membidik Gen-Z untuk produktif dalam kompetensi literasi. Produktivitas ini diharapkan menginspirasi banyak pihak untuk mewujudkan peradaban Indonesia Emas Tahun 2045.
 
Kelas Menulis, di usianya yang baru seumur jagung, sudah terjun mendampingi lebih dari 1000 mahasiswa notabene Gen-Z. Sejak dibentuk, Kelas Menulis memiliki peran utama membantu mahasiswa meningkatkan kompetensi literasi, khususnya skills (keterampilan) penulisan akademik (academic writing).
 
Mulanya didirikan di Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung pada 2020. Pendiriannya terinspirasi oleh “Sekolah Menulis” (Writing School) UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang dibuka sejak 2018. Tapi Sekolah Menulis diperuntukan bagi dosen. Sedangkan Kelas Menulis disediakan untuk mahasiswa.
 
Ide Kelas Menulis disampaikan di Forum Dekan (Fordek) Fakultas Ushuluddin Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) se-Indonesia. Dibentuklah “Kelas Menulis Nusantara” di bawah Bidang Kerjasama dan Publikasi Ilmiah (KPI) Fordek PTKI se-Indonesia pada 2021.
 
Hingga 2023, Kelas Menulis berdiri di berbagai PTKI, khususnya di lingkungan Fakultas Ushuluddin. Seperti UIN Palembang, UIN Semarang, UIN Jambi, UIN Padang, UIN Bukittinggi, IAIN Kendari, IAIN Cirebon, dan IAIN Kediri. Selebihnya, Kelas Menulis yang masih berupa rintisan [].
 
 
 
Bandung, 26 Juni 2023
Wahyudin Darmalaksana, Founder Kelas Menulis Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung
 
×
Berita Terbaru Update