-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Mendapat Dukungan Mahasiswa, 2 Jurnal Fakultas Ushuluddin UIN Bandung Submit Akreditasi Nasional

Saturday, June 10, 2023 | 9:43:00 AM WIB Last Updated 2023-06-10T03:29:37Z
 

 

 
 
Akreditasi jurnal ilmiah secara Nasional ditempuh untuk memperoleh penilaian aspek pengelolaan dan substansi isi. Ini menjadi perhatian para pengelola jurnal di Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
 
 
Fakultas tertua di UIN Sunan Gunung Djati Bandung ini memiliki 11 jurnal ilmiah. Sebanyak 4 jurnal terakreditasi Nasional Sinta 2, 2 jurnal terakreditasi Nasional Sinta 3, 2 jurnal sedang submit akreditasi Nasional, dan 3 jurnal baru sebagai rintisan.
 
 
Dua jurnal yang sedang submit akreditasi Nasional adalah Jurnal Penelitian Ilmu Ushuluddin (JPIU) dan Jurnal Riset Agama (JRA). Submit akreditasi Nasional dilaksanakan di Rumah Jurnal Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Jum’at, 09/06/2023.
 
 
JPIU dan JRA dirintas Tahun 2020, saat itu muncul aspirasi untuk mengenalkan publikasi ilmiah kepada mahasiswa. Sejak itu, mahasiswa dilatih penulisan artikel untuk tujuan publikasi di jurnal ilmiah.
 
 
Pada saat Covid-19 di akhir Tahun 2020, terbit kebijakan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Pendis) Kementerian Agama Republik Indonesia yang membolehkan mahasiswa membuat tugas akhir dalam bentuk artikel ilmiah. Kebijakan ini diteruskan dalam bentuk kebijakan Rektor UIN Sunan Gunung Djati Bandung dan ditindaklanjuti di masing-masing fakultas.
 
 
Sejak itu, mahasiswa makin memberi dukungan terhadap keberadaan JPIU dan JRA. Di saat yang sama pengelolaan JPIU dan JRA juga melibatkan mahasiswa. JPIU dikelola oleh Muhammad Yoga Firdaus (Jurusan Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir) dan JRA dikelola oleh Hidayatul Fikra (Jurusan Tasawuf dan Psikoterapi). Pelibatan mahasiswa dalam pengelolaan jurnal ditempuh melalui kegiatan magang yang mendapat pendampingan secara intensif dari Rumah Jurnal di tingkat fakultas.
 
 
Seluruh jurnal di Fakultas Ushuluddin pada dasarnya melibatkan mahasiswa dalam pengelolaannya sebagai bentuk pembelajaran praktik. Adapun yang langsung dikelola mahasiswa ada 4 jurnal. Selain JPIU dan JRA, yaitu Jurnal Spirituality and Local Wisdom (SLW) dan Journal of Takhrij al-Hadith (JTH). SLW dikelola oleh Susanti Vera dan JTH dikelola oleh Fitriani. Keduanya dari Jurusan Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir.

 
 
 
 
Saat ini, pengelola JPIU, JRA, SLW, dan JTH telah menjadi alumni, namun semuanya berkomitmen terus melakukan pengelolaan sebagai wujud kontribusi alumni terhadap almamater. Selebihnya, para alumni ini pun memfasilitasi magang pengelolaan jurnal yang diperuntukan bagi mahasiswa aktif.
 
 
Momentum submit akreditasi Nasional untuk JPIU dan JRA mendapat pendampingan secara khusus dari Rumah Jurnal UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Tampak hadir Busro, M.Ag., Sentra Jurnal Ilmiah pada Rumah Jurnal UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Dekan Fakultas Ushuluddin beserta jajaran pun hadir untuk mengapresiasi dedikasi mahasiswa dan alumni yang menurutnya sangat luar biasa. 
 
 
“Kami ucapkan terimakasih kepada semua pihak atas partisipasi yang dahsyat. Semoga JPIU dan JRA melalui dukungan mahasiswa memperoleh nilai maksimal, baik aspek pengelolaan maupun substansi isi,” ungkap Dekan Fakultas Ushuluddin di Kampus I UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Jl. AH. Nasution 105. Bandung, Jum’at, 09/06/2023 [Gifari].

 

 
×
Berita Terbaru Update