Manual Proposal Litapdimas

Penenilitian mempunyai varian yang kompleks. Kompleksitas itu bukan saja menyangkut jenis, melainkan juga meliputi kategori, kluster, dan teknis. Pengusul diharapkan dapat menselaraskan berbagai pengaturan. Seperti ARKAN yang meliputi tema-tema, juknis, dan penggunaan aplikasi Litapdimas. Selebihnya, bantuan BOPTN seyogyanya ditangkap sebagai peluang, berkompetisi secara sehat, dan memenangkannya sebagai sebuah integritas. Berikut ini beberapa bantuan kluster PTKIN UIN Sunan Gunung Djati Tahun 2020 :

A1 Pemula Individual
Proposal Peningkatan Kapasitas

Merupakan kegiatan untuk pemula dosen, laboran, dan pemustaka --bila mereka tidak menjadi anggota di kluster lain. Penelitian ini untuk penguatan kompetensi dan pelatihan publikasi ilmiah.
http://digilib.uinsgd.ac.id/19993/

A2 Kumpulan Individu
Penelitian Pengembangan Program Studi (PPPS)

Merupakan kegiatan penelitian yang dilakukan dalam rangka pengembangan program studi di lingkungan PTKI. Dalam konteks ini, hasil penelitian diharapkan dapat menghasilkan temuan untuk mendukung kebijakan terwujudnya tatakelola kelembagaan/program studi yang profesional, transparan dan akuntabel.

Pelaksanaan penelitian dasar pengembangan program studi, dapat dilakkukan dengan menggunakan salah satu jenis peneilitian, yakni; (1) Penelitian Dasar, atau (2) Penelitian Pengembangan.
http://digilib.uinsgd.ac.id/19994/

A3 Kumpulan Individu
Penelitan Interdisipliner (PI)

Merupakan kegiatan penelitian yang dilakukan dalam rangka menemukan teori, mengembangkan postulat baru, dan/atau menghasilkan prototipe yang laik digunakan di dunia industri dengan melibatkan 2 (dua) atau lebih disiplin/bidang keilmuan. Dalam konteks ini, penelitian dasar interdisipliner diharapkan dapat menghasilkan temuan baru atau pengembangan atas teori yang sudah ada untuk menjawab fenomena yang berkembang di perguruan tinggi dan masyarakat umum.

Pelaksanaan penelitian interdisipliner ini, dapat dilakukan dengan menggunakan salah satu dari 3 jenis penelitian, yakni; (1) Penelitian Dasar, (2) Penelitian Terapan, dan (3) Penelitian Pengembangan.
http://digilib.uinsgd.ac.id/19995/

Di masa lalu penelitian interdisipliner dibedakan dengan integrasi keilmuan :
http://digilib.uinsgd.ac.id/19996/

A4 Kumpulan Individu
Penelitian Pengembangan Pendidikan Tinggi (PPPT)

Merupakan kegiatan penelitian yang dilakukan dalam rangka menemukan teori baru dan/atau mengembangkan teori yang sudah ada sebelumnya untuk peningkatan kualitas penyelenggaraan Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI). Dalam konteks ini, penelitian pengembangan Pendidikan tinggi diharapkan dapat menghasilkan temuan baru dan/atau pengembangan atas teori yang sudah ada untuk menjawab problematika penyelenggaraan pendidikan tinggi keagamaan Islam di Indonesia.

Pelaksanaan penelitian pengembangan Pendidikan tinggi ini, dapat dilakukan dengan menggunakan salah satu dari 3 jenis penelitian, yakni; (1) Penelitian Dasar, (2) Penelitian Terapan, dan (3) Penelitian Pengembangan.
http://digilib.uinsgd.ac.id/19997/

A5 Kumpulan Individu PKAPT

Penelitian Kolaborasi Antarperguruan Tinggi merupakan kegiatan penelitian yang dilakukan dalam rangka menemukan teori baru dan/atau mengembangkan kajian keilmuan dengan melibatkan peneliti lintas perguruan tinggi (PTKIN dengan PTKIN, PTKIN dengan PTKIS, PTKIN dengan PTU atau PTKIS dengan PTU) atas fenomena atau kasus yang berkembang di perguruan tinggi dan masyarakat secara umum.

Pelaksanaan penelitian kolaborasi antarperguruan tinggi ini, dapat dilakukan dengan menggunakan salah satu dari 3 jenis penelitian, yakni; (1) Penelitian Dasar, (2) Penelitian Terapan, dan (3) Penelitian Pengembangan.

A6 Kumpulan Individu PTPN

Penelitian Terapan Pengembangan Nasional merupakan kegiatan penelitian yang dilakukan dalam rangka menerapkan dan mengembangkan produk ilmu pengetahuan dan teknologi pada skala nasional. Dalam konteks ini, penelitian terapan pengembangan nasional diharapkan dapat menghasilkan temuan baru dan/atau pengembangan atas teori yang sudah ada untuk dapat diterapkan di dunia industri dan/atau dunia usaha.

Pelaksanaan penelitian pengembangan nasional ini, dapat dilakukan dengan menggunakan salah satu dari 2 jenis penelitian, yakni; (1) Penelitian Terapan, dan (2) Penelitian Pengembangan.
http://digilib.uinsgd.ac.id/19998/

A7 Kumpulan Individu PKASN

Penelitian Kajian Aktual Strategis Nasional merupakan kegiatan penelitian yang dilakukan dalam rangka menghasilkan temuan atau keluaran (outputs) penelitian atas kasus-kasus aktual dan strategis yang berkembang di masyarakat. Keluran (outputs) dari pelaksanaan kluster penelitian ini adalah naskah akademik, rekomendasi kebijakan dan/atau rumusan penyelesaian masalah (problem solving formula).

Pelaksanaan penelitian kajian aktual strategis nasional ini, dapat dilakukan dengan menggunakan salah satu dari 3 jenis penelitian, yakni; (1) penelitian Dasar, (2) Penelitian Terapan, dan (3) Penelitian Pengembangan.

Bantuan Pusat :
Proposal Penelitian Terapan dan Pengembangan Global
http://digilib.uinsgd.ac.id/19999/

Bantuan PTKIN :
Proposal Pengabdian Berbasis Riset
http://digilib.uinsgd.ac.id/20000/

Manual proposal di atas merupakan peninggalan di masa lalu Tahun 2017. Beberapa masih relevan dijadikan acuan khususnya untuk melihat perbedaan masing-masing kluster dalam hal maksud, tujuan, sasaran, dan target keluaran. Hal lainnya mohon agar disesuaikan dengan perkembangan mutakhir. Misalnya, berkas dipisahkan menjadi 3 (tiga) bagian, yakni cover, isi proposal, dan RAB. Sama sekali dilarang mencantumkan identitas diri di dalam isi proposal dan RAB. Identitas sertakan di lembar cover proposal meliputi identitas dan uraian umum, biodata tim pengusul, susunan organisasi tim pengusul, dan pengesahan atasan. Selain file PDF, mohon diperhatikan dalam aplikasi Litapdimas terdapat Fill in, yaitu entri materi proposal untuk dipahami dan diikuti sistematikanya.

Kami senang bila dapat melayani untuk tujuan bersama. Hal yang belum jelas untuk tidak segan menghubungi kami.

Puslitpen LP2M
UIN SGD BANDUNG

Comments

Popular posts from this blog

UIN SGD BANDUNG RAIH PERINGKAT PERTAMA DI INDONESIA VERSI SCIMAGO

PRESTASI

BANDUNG: TOP 10 PUBLIKASI INDEX SCOPUS