-->

Notification

×

Iklan

Iklan

MUNAQOSAH

Sunday, October 27, 2019 | 6:55:00 PM WIB Last Updated 2022-09-23T14:15:51Z
Munaqosah adalah sidang skripsi untuk menelaah metodologi kaitannya dengan materi penelitian dalam menjawab problem atau masalah utama penelitian.


Pertama, pernyataan masalah yang menjadi problem utama (state of the art) penelitian. Kedua, pertanyaan utama tunggal yang hendak dijawab atau diselesaikan dalam penelitian. Ketiga, pernyataan tujuan (purpose statement) penelitian.

Keempat, telaah pustaka (literature review) terhadap penelitian yang telah ada terkait topik, teori, metodologi, analisis atau pendekatan, temuan, dan simpulan. Kelima, alur pikir atau peta konsep atau kerangka teori yang disusun sebagai desain atau disiplin (dicipline) berpikir yang mengarahkan "jalan pikiran" kepada tujuan penelitian. Suatu tujuan menghendaki suatu pilihan "rute berpikir" untuk sampai pada tujuan dimaksud.

Keenam, metodologi penelitian yang digunakan sebagai skenario (alur proses) dalam menampilkan (display) data penelitian apakah kualitatif (studi literatur) ataukah kuantitatif (studi lapangan) beserta pendekatan atau analisis  secara spesifik yang digunakan oleh peneliti dalam menjawab atau menyelesaikan masalah penelitian.

Ketujuh, temuan atau hasil dan diskusi yang merupakan jawaban atas pertanyaan utama penelitian. Terakhir, kedelapan, kesimpulan dan rekomendasi berupa jawaban utama atas pertanyaan utama terkait masalah utama penelitian serta rekomendasi penelitian lanjut tindak.

Semua di atas itu hanyalah anotasi bahan perenungan bersama untuk diskusi lebih lanjut.

Selamat bertugas mengawal kelancaran munaqosah, dan atas segala dedikasi Bapak/Ibu untuk Fakultas Ushuluddin Maju kami ucapkan terimakasih.

Hormat kami,
Wahyudin Darmalaksana
Hari ke 2 Jum'at, 23 Agustus 2019

🙏🙏🙏
×
Berita Terbaru Update