Quality, Relevance & Competitiveness in Research

Berikut gambaran kualitas, relevansi, dan daya saing penelitian:

Kualitas
Secara sederhana, kualitas penelitian diukur oleh jurnal. Jurnal bukan saja telah menentukan issue secara berkala yang relevan dengan perkembangan bidang ilmu, melainkan juga telah melaksanakan seleksi dan perintah revisi terhadap paper yang dinilai layak terbit. Sudah menjadi kemestian sebelum pelaksanaan penelitian harus ditentukan jurnal sasaran berdasarkan klasifikasi, bidang keilmuan, dan issue yang akan diusung. Tegaslah jurnal menentukan kualitas hasil penelitian. Karena itu, rencana penelitian dan penyusunan proposal penelitian harus mengikuti rencana penerbitan jurnal.

Relevansi
Relevansi penelitian diukur melalui ketergunaan hasil penelitian oleh penerima manfaat hasil penelitian. Oleh karena itu, sebelum penyusunan proposal penelitian, peneliti harus memiliki konektivitas dengan calon penerima manfaat hasil penelitian. Suatu penelitian disebut memiliki relevansi bila hasil penelitian digunakan oleh penerima manfaat.

Daya Saing
Daya saing penelitian dinilai dari keunggulannya dibanding hasil temuan penelitian lain. Keunggulan diukur dalam skala lokal, nasional, regional, dan internasional. Salah satu penelitian unggul ketika kelanjutan penelitian tersebut telah merebut mitra kerjasama bagi pengembangan.


Tabik
Wahyudin Darmalaksana


Comments

Popular posts from this blog

UIN SGD BANDUNG RAIH PERINGKAT PERTAMA DI INDONESIA VERSI SCIMAGO

PRESTASI

CARA MEMBUAT JUDUL PENELITIAN