Setiap struktur dalam organisasi mempunyai peran strategis yang
diturunkan dari program dasar atau program prioritas yang termaktub di dalam dokumen
rencana strategis (renstra). Renstra menjadi penting untuk pelaksanaan
program-program prioritas sebuah organisasi.
Pendidikan Tinggi merupakan organisasi akademik yang pelaksanaan programnya
diatur di dalam Renstra sebagai acuan pelaksanaan kerja untuk jangka menengah 5
Tahun. Renstra mencakup sejumlah program dasar atau program prioritas. Setiap
program prioritas merupakan sasaran strategis Pendidikan Tinggi. Setiap sasaran
strategis terdiri dari masing-masing poin yang disebut dengan Indikator Kinerja
Utama, disingat IKU.
Rektor mendistribusikan atau membagi habis seluruh sasaran strategis kepada
seluruh struktur organisasi Pendidikan Tinggi termasuk Dekan di tingkat
Fakultas. Berikut ini sasaran strategis Dekan Fakultas Ushuluddin UIN Sunan
Gunung Djati Bandung Tahun Akademik 2019 :
1.
Meningkatnya pemerataan akses Pendidikan Tinggi
Keagamaan Islam
2.
Meningkatnya kualitas layanan Pendidikan Tinggi
Keagamaan Islam
3.
Meningkatnya kualitas dan kualifikasi pendidik dan
tenaga kependidikan Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam
4.
Meningkatnya kualitas hasil penelitian/riset
Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam
5.
Meningkatnya relevansi dan daya saing Pendidikan
Tinggi Keagamaan Islam
6.
Meningkatnya tata kelola kelembagaan dan otonomi
Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam
Setiap sasaran
strategis memiliki masing-masing Indikator Kinerja Utama (IKU) di bawah ini:
I.
Meningkatnya pemerataan akses Pendidikan Tinggi
Keagamaan Islam
1. Jumlah mahasiswa baru yang diterima
2. Jumlah mahasiswa penerima BIDIKMISI
3. Jumlah mahasiswa penerima beasiswa prestasi dan akademik
4. Jumlah mahasiswa penerima beasiswa Tahfidz Qur’an
5. Jumlah mahasiswa penerima beasiswa hasil kerjasama dengan lembaga/ dunia
usaha
II.
Meningkatnya kualitas layanan Pendidikan Tinggi
Keagamaan Islam
1.
Prosentase program studi terakreditasi A
2.
Jumlah program studi terakreditasi A
3.
Prosentase Program studi terakreditasi B
4.
Jumlah program studi terakreditasi B
5.
Nilai rata-rata skor Akreditasi Prodi/Jurusan
6.
Jumlah program studi yang menerapkan kurikulum KKNI
7.
Rata-rata lama studi mahasiswa S1
8.
Rata-rata indeks prestasi kumulatif mahasiswa S1
9.
Prosentase lulusan S1 dengan IPK minimal 3,25 dan
lulus tepat waktu
10.
Jumlah jurnal nasional terakreditasi yang dilanggan
11.
Jumlah jurnal internasional yang dilanggan
12.
Indeks Kepuasan masyarakat
III. Meningkatnya kualitas dan
kualifikasi pendidik dan tenaga kependidikan Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam
1.
Prosentase jumlah dosen (PNS dan BLU)bergelar
Doktor, dibandingkan dengan total jumlah Dosen
2.
Jumlah dosen berkualifikasi pendidikan S3
3.
Prosentase dosen bersertifikat pendidik
4.
Jumlah dosen bersertifikat pendidik
5.
Jumlah Guru Besar
6.
Jumlah dosen yang mengikuti forum ilmiah tingkat
internasional
7.
Frekuensi kegiatan seminar/ workshop/ diskusi
ilmiah
IV.
Meningkatnya kualitas hasil penelitian/riset
Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam
1.
Jumlah riset/penelitian yang dilaksanakan
2.
Jumlah publikasi pada jurnal terakreditasi nasional
3.
Jumlah publikasi pada jurnal terakreditasi
internasional
4.
Jumlah penelitian/riset yang bekerjasama dengan
dunia usaha/dunia industri
5.
Jumlah Hak Kekayaan Intelektual (HKI) yang
didaftarkan
V.
Meningkatnya relevansi dan daya saing Pendidikan
Tinggi Keagamaan Islam
1.
Prosentase mahasiswa penerima beasiswa pada prodi Ilmu
Dasar Islam
2.
Jumlah mahasiswa yang mengikuti program pemagangan
ke dunia usaha/dunia industry
3.
Jumlah pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan
4.
Persentase lulusan yang langsung bekerja
5.
Persentase lulusan yang langsung bekerja
6.
Jumlah mahasiswa peraih emas tingkat nasional atau
internasional
7.
Jumlah MoU dengan lembaga local
8.
Jumlah MoU dengan lembaga nasional
VI.
Meningkatnya tata kelola kelembagaan dan otonomi
Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam
1.
Ketersediaan Rencana Pengembangan/Renstra/RKT
2.
Realisasi anggaran Fakultas
3.
Tersedianya pedoman pengelolaan Fakultas
4.
Jumlah SOP yang dihasilkan
5.
Persentase implementasi SOP
6.
Prosentase penurunan nominal temuan audit BPK
7.
Opini auditor eksternal
Setiap sasaran
strategis agar menjadi perhatian seluruh struktur organisasi Fakultas
Ushuluddin. Setiap personalia struktur oranisasi Fakultas Ushuluddin agar
memperhatikan masing-masing IKU dari sasaran strategis Fakultas Ushuluddin UIN
Sunan Gunung Djati Bandung Tahun Akademik 2019 ini.
Bandung, 03
September 2019
Wahyudin Darmalaksana