BERMITRA BERSAMA MAHASISWA MEMBUAT ARTIKEL TENTANG LIVING AL-QUR’AN DAN HADIS





BERMITRA BERSAMA MAHASISWA MEMBUAT ARTIKEL TENTANG LIVING AL-QUR’AN DAN HADIS






Hari ini kami dikejar waktu untuk submit (mengirim) artikel ke jurnal ilmiah. Kali ini kami menulis topik living Al-Qur’an dan Hadis. Artikel ini ditulis melalui kemitraan dengan mahasiswa.

Mula-mula kami melakukan penelusuran untuk mencari sasaran jurnal ilmiah. Setelah ditemukan jurnal yang tepat untuk memuat topik artikel, kami mengunduh article template yang disediakan jurnal sasaran. Kami membaca dan mempelajari template tersebut secara cermat. Kami juga mengunduh beberapa artikel dari jurnal sasaran sebagai perbandingan gaya (style) penulisan.  

Artikel kami bertujuan membahas aspek-aspek utama dalam penelitian living Al-Qur’an dan Hadis. Hal ini ditulis mengingat penelitian living sedang banyak diminati di kalangan akademisi keagamaan Islam tetapi terlihat ditampilkan secara beragam. Sehingga kami memandang perlu menjawab pertanyaan apakah aspek-aspek utama penelitian living Al-Qur’an dan Hadis.

Terlebih dahulu kami merancang desain penelitian aspek-aspek utama penelitian living Al-Qur’an dan Hadis. Membuat desain penelitian dilakukan dengan mengajukan beberapa pertanyaan. Antara lain: Apa itu penelitian living; Sejak kapan penelitian living berkembang; Bagaimana pelaksanaan penelitian living; dan apa aspek-aspek utama penelitian living Al-Qur’an dan Hadis.

Kami berusaha menjawab seluruh pertanyaan di atas. Kami menelusuri berbagai sumber referensi untuk menghimpun data. Kami lakukan inventarisasi dan kategorisasi data tersebut sesuai pertanyaan penelitian. Kami mengolahnya dan menampilkan (display) data tersebut sebagai hasil penelitian.

Tahap berikutnya kami menguraikan dan membahasakan tampilan data secara apa adanya. Dimaksud apa adanya adalah menguraikan dan membahasakan tanpa mengurangi dan menambahkan serta tanpa analisis. Sehingga data yang diuraikan dan dibahasakan apa adanya tersebut dipahami sebagai fakta. Dengan begitu, kami memiliki hasil penelitian berupa data dan fakta.

Tidak sampai di situ, kami berusaha memberikan analisis terhadap fakta yang telah ditemukan. Analisis terhadap fakta menghasilkan informasi. Dalam hal ini, informasi disebut dengan pengetahuan. Dengan demikian, artikel kami telah menghasilkan pengetahuan tentang aspek-aspek utama penelitian living Al-Qur’an dan Hadis.

Kini kami tengah melakukan editing serta paraphrase dan akan dilakukan proofreading serta cek plagiarism. Setelah itu, hari ini kami akan melakukan submit ke jurnal sasaran. Semua ini dikerjakan melalui kemitraan dengan mahasiswa.



Wahyudin Darmalaksana
Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung


Comments

Popular posts from this blog

UIN SGD BANDUNG RAIH PERINGKAT PERTAMA DI INDONESIA VERSI SCIMAGO

PRESTASI

CARA MEMBUAT JUDUL PENELITIAN