APLIKASI DESIGN THINKING UJI COBA SPANDUK TANPA BAHAN PLASTIK


Ini mencoba menerapkan metode design thinking dalam pembelajaran hadis. Tujuan pembelajaran ini adalah pemahaman hadis sebagai prinsip dasar dalam pembuatan suatu desain yang dibutuhkan bagi pemecahan suatu masalah yang dihadapi dalam kehidupan secara riil.





Poin Pembahasan
Pembelajaran ini dibagi ke dalam beberapa bagian. Pertama, perhatian terhadap suatu issue tentang topik dan tema yang menjadi suatu permasalahan untuk dicermati dengan penalaran induktif.

Kedua, pencarian teks hadis berkenaan dengan issue yang sedang dibicarakan yang menurut penalaran deduktif dapat dijadikan prinsip dasar dalam pemecahan masalah yang akan diselesaikan.  

Ketiga, bagian berpikir logis yang mensistematiskan bagian berpikir induktif dengan berpikir deduktif yang titik temu antara keduanya membentuk suatu hipotesis sebagai jawaban sementara atas permasalahan yang sedang dibahas.

Keempat, penerapan metode design thinking sebagai prosedur, scenario, alur, dan langkah-langkah dalam membuat desain untuk penyelesaian suatu masalah.

Kelima, hasil dan tes bahwa design thinking akan menghasilkan sebuah desain yang diidealkan yang penerapannya dilakukan test terus-menerus untuk menghasilan desain yang paling tepat.   


Contoh Design Thinking
Contoh ini mengambil hadis “kebersihan sebagian dari iman.” Hadis dipahami secara deduktif bahwa keimanan salah satunya terkait dengan memelihara kebersihan. Dipahami pula bahwa pemeliharaan kebersihan merupakan cerminan dari iman.

Secara induktif, permasalahan difokuskan pada issue lingkungan hidup seputar topik persoalan sampah, khususnya tema tentang limbah plastik. Ini diakui sebagai persoalan dunia termasuk Indonesia.

Pada bagian berpikir logis dijelaskan bahwa hadis “kebersihan sebagian dari iman” dapat menjadi suatu prinsip dasar tentang kemestian memelihara lingkungan. Termasuk mengatasi masalah sampah, khususnya limbah plastik. Oleh karena itu, solusi masalah sampah plastik hendaknya dapat didesain mengacu kepada prinsip dasar hadis. 

Berdasarkan pembahasan dengan metode desain thinking ditemukan beberapa desain. Antara lain desain membuat spanduk tanpa bahan plastik. Hal ini karena terbukti spanduk bahan plastik telah menyumbang limbah yang cukup besar.

Contoh artikel tentang desain thinking hadis dapat diunduh (download) di link ini: Artikel PembelajaranHadis dengan Metode Design Thinking dalam Mendesain Spanduk Tanpa BahanPlastik. Adapun template artikel Design Thinking dapat diunduh di link ini: Template Artikel Design Thinking.



Bandung, 18 Desember 2019
Wahyudin Darmalaksana, Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung


Comments

Popular posts from this blog

UIN SGD BANDUNG RAIH PERINGKAT PERTAMA DI INDONESIA VERSI SCIMAGO

PRESTASI

BANDUNG: TOP 10 PUBLIKASI INDEX SCOPUS