Urgensi Kemitraan
Dosen dan Mahasiswa dalam Publikasi Ilmiah
Tulisan ini
bertujuan membahas kemitraan antara dosen dan mahasiswa dalam publikasi
ilmiah. Ini dijawibkan menurut peraturan akreditasi pendidikan tinggi.
Akreditasi dipahami sebagai penilaian kualitas dan mutu pelaksanaan pendidikan.
Kemitraan
dosen dan mahasiswa bermakna kerjasama antara pengajar dengan peserta didik
disertai pembinaan dengan prinsip saling memerlukan, saling menguatkan, dan
saling menguntungkan. Kerjasama berarti usaha yang dilakukan beberapa
orang atau kelompok untuk mencapai tujuan bersama.
Kemitraan
dosen dan mahasiswa meliputi beberapa hal. Pertama, penyebaran
pengetahuan hasil penelitian. Kedua, penemuan, kreasi, inovasi, dan
pengembangan penelitian. Ketiga, penulisan karya
ilmiah hasil penelitian. Seluruh aspek ini terangkum dalam kemitraan publikasi
ilmiah.
Sivitas akademik memiliki kewajiban melaksanakan penelitian. Hasil penelitian tersebut wajib ditulis dalam bentuk karya ilmiah makalah, paper, atau artikel. Karya ilmiah wajib dipublikasikan ke dalam jurnal ilmiah, baik jurnal nasional maupun jurnal internasional. Semua
ini, menurut penilaian akareditasi jurusan atau program studi, harus diupayakan melalui keterlibatan banyak pihak dalam bentuk kemitraan.
Secara khusus, keterlibatan
mahasiswa melalui kemitraan dengan dosen berperan besar untuk mengembangkan kapasitas
dan menguatkan skill akademik peserta didik. Dalam kemitraan ini, peserta didik dengan pengajar bekerjasama melaksanakan penelitian, melakukan penulisan karya ilmiah hasil penelitian, dan mengupayakan publikasi
ilmiah hasil penelitian di jurnal ilmiah. Ini semua berperan sangat besar dalam pengembangan kapasitas dan penguatan skill akademik semua pihak.
Pengembangan kapasitas dan penguatan skill sivitas akademik menjadi kepentingan pendidikan
tinggi. Upaya ini dapat dilaksanakan salah satunya dalam bentuk publikasi ilmiah melalui kemitraan dosen dan mahasiswa serta stakeholders lainnya. Kemitraan publikasi ilmiah ini memberi keuntungan yang besar untuk semua pihak, yakni dosen, mahasiswa, dan pihak-pihak lain yang terlibat kerjasama secara berkolaborasi.
Secara
prkatis, publikasi ilmiah melalui kemitraan dosen dan mahasiswa bernilai besar
untuk akreditasi program studi. Akreditasi bermanfaat besar bagi keuntungan mahasiswa, lulusan,
orang tua, dan pendidikan tinggi. Oleh karena itu, publikasi ilmiah melalui kemitraan dosen dan mahasiswa merupakan harga mati yang tidak bisa ditawar-tawar lagi.
Wahyudin
Darmalakasana
Fakultas
Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung