Urgensi Kemitraan Dosen-Mahasiswa dalam Publikasi Ilmiah




Urgensi Kemitraan Dosen dan Mahasiswa dalam Publikasi Ilmiah







Tulisan ini bertujuan membahas kemitraan antara dosen dan mahasiswa dalam publikasi ilmiah. Ini dijawibkan menurut peraturan akreditasi pendidikan tinggi. Akreditasi dipahami sebagai penilaian kualitas dan mutu pelaksanaan pendidikan.

Kemitraan dosen dan mahasiswa bermakna kerjasama antara pengajar dengan peserta didik disertai pembinaan dengan prinsip saling memerlukan, saling menguatkan, dan saling menguntungkan. Kerjasama berarti usaha yang dilakukan beberapa orang atau kelompok untuk mencapai tujuan bersama.

Kemitraan dosen dan mahasiswa meliputi beberapa hal. Pertama, penyebaran pengetahuan hasil penelitian. Kedua, penemuan, kreasi, inovasi, dan pengembangan penelitian. Ketiga, penulisan karya ilmiah hasil penelitian. Seluruh aspek ini terangkum dalam kemitraan publikasi ilmiah.

Sivitas akademik memiliki kewajiban melaksanakan penelitian. Hasil penelitian tersebut wajib ditulis dalam bentuk karya ilmiah makalah, paper, atau artikel. Karya ilmiah wajib dipublikasikan ke dalam jurnal ilmiah, baik jurnal nasional maupun jurnal internasional. Semua ini, menurut penilaian akareditasi jurusan atau program studi, harus diupayakan melalui keterlibatan banyak pihak dalam bentuk kemitraan.

Secara khusus, keterlibatan mahasiswa melalui kemitraan dengan dosen berperan besar untuk mengembangkan kapasitas dan menguatkan skill akademik peserta didik. Dalam kemitraan ini, peserta didik dengan pengajar bekerjasama melaksanakan penelitian, melakukan penulisan karya ilmiah hasil penelitian, dan mengupayakan publikasi ilmiah hasil penelitian di jurnal ilmiah. Ini semua berperan sangat besar dalam pengembangan kapasitas dan penguatan skill akademik semua pihak.

Pengembangan kapasitas dan penguatan skill sivitas akademik menjadi kepentingan pendidikan tinggi. Upaya ini dapat dilaksanakan salah satunya dalam bentuk publikasi ilmiah melalui kemitraan dosen dan mahasiswa serta stakeholders lainnya. Kemitraan publikasi ilmiah ini memberi keuntungan yang besar untuk semua pihak, yakni dosen, mahasiswa, dan pihak-pihak lain yang terlibat kerjasama secara berkolaborasi.

Secara prkatis, publikasi ilmiah melalui kemitraan dosen dan mahasiswa bernilai besar untuk akreditasi program studi. Akreditasi bermanfaat besar bagi keuntungan mahasiswa, lulusan, orang tua, dan pendidikan tinggi. Oleh karena itu, publikasi ilmiah melalui kemitraan dosen dan mahasiswa merupakan harga mati yang tidak bisa ditawar-tawar lagi.  



Wahyudin Darmalakasana
Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung


Comments

Popular posts from this blog

UIN SGD BANDUNG RAIH PERINGKAT PERTAMA DI INDONESIA VERSI SCIMAGO

PRESTASI

CARA MEMBUAT JUDUL PENELITIAN