USHULUDDIN UIN BANDUNG MEMASTIKAN LULUSAN MEMILIKI KETERAMPILAN KHUSUS

Ushuluddin mengupayakan sarjana lulusan mempunyai keterampilan khusus. Ini akan beragam di masing-masing jurusan bergantung profil lulusan.

Fakultas Ushuluddin Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati (SGD) Bandung mengembangkan lima jurusan, yaitu Aqidah & Filsafat Islam, Ilmu Al-Qur’an & Tafsir, Ilmu Hadis, Studi Agama-Agama, dan Tasawuf Psikoterapi.

Profil lulusan menampilkan target pencapaian. Antara lain target capaian lulusan Aqidah & Filsafat Islam menjadi asisten desain thinking. Target capaian lulusan Ilmu Al-Qur’an & Tafsir menjadi penafsir pemula. Terget capaian lulusan Ilmu Hadis menjadi pentahrij hadis. Target capaian lulusan Studi Agama-Agama menjadi pegiat toleransi beragama. Target capaian lulusan Tasawuf Psikoterapi menjadi asisten terapi sufistik.

Bisa saja target capaian lulusan dikembangkan lagi tetapi menyiapkan banyak target bukan perkara sederhana. Daripada memperbanyak target capaian lebih baik mengubah target yang telah berjalan menjadi lebih relevan dengan kebutuhan penerima manfaat.

Paling tida, ada dua pendekatan dalam penyusunan target capaian lulusan. Pertama, tinjauan sebaran alumni dalam penyerapan dunia kerja. Kedua, tinjauan kebutuhan dunia kerja.

Jurusan mempunyai tugas menyiapkan bahan kajian untuk menyusun materi pembelajaran. Materi ini dihitung bobotnya dalam sistem kredit semester (SKS) yang dapat meliputi 2 SKS, 3 SKS, atau 4 SKS. Materi ajar dituangkan ke dalam rencana pembelajaran semester (RPS) dan silabus. Ini disampaikan di perkuliahan dalam bentuk matakuliah.

Secara terstruktur evaluasi capaian pembelajaran matakuliah meliputi pengetahuan, pemahaman, aplikasi, analisis, evaluasi, dan kreasi. Umumnya sasaran matakuliah untuk sarjana S1 mulai dari pengetahuan sampai aplikasi.

Selain pembelajaran matakuliah, disajikan pula pelatihan efektif untuk keterangan pendamping ijazah. Semua ini diarahkan untuk memastikan setiap lulusan memiliki keterampilan khusus.

Bandung, 04 Desember 2019
Wahyudin Darmalaksana




Comments

Popular posts from this blog

UIN SGD BANDUNG RAIH PERINGKAT PERTAMA DI INDONESIA VERSI SCIMAGO

PRESTASI

BANDUNG: TOP 10 PUBLIKASI INDEX SCOPUS