CUSTOMIZE
JADWAL KULIAH FAKULTAS USHULUDDIN UIN BANDUNG
Pendidikan
tinggi tengah persiapan memasuki perkuliahan semester genap. Ini menjadi
perhatian Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung.
Memasuki persiapan
semester genap 2020/2021, Fakultas Ushuluddin menggelar agenda “Customize
Jadwal Kuliah” di Aula Lantai 2 Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati,
Jalan AH. Nasution 105 Bandung, Senin, 27 Januari 2020.
Agenda ini
dipimpin Dr.
R. Yuli Ahmad Hambali, M.Hum., Wakil Dekan I Bidang Akademik Fakultas
Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung. “Pengaturan jadwal kuliah menjadi
bagian penting dalam administrasi akademik. Ini membutuhkan sistem aplikasi
yang memadai,” papar Dr. R. Yuli Ahmad Hambali, M.Hum.
“Sistem aplikasi SALAM telah
menyediakan fitur pengaturan jadwal kuliah. Kita berambisi menyiapkan back up
pada sistem lemari digital,” lanjut Wakil Dekan I didampingi Ade Jaenal Arifin,
S.Pd.I., M.M., Kasubag Akademik & Kemahasiswaan Fakultas Ushuluddin UIN
Sunan Gunung Djati Bandung.
Aplikasi pengaturan jadwal kuliah
dikembangkan menjadi bagian yang terintegrasi pada lemari digital Ushuluddin. “Aplikasi
ini tengah dikembangkan pada lemari digital. Sistem ini memiliki fasilitas entry
dosen pengampu, nama matakuliah, jadwal hari dan jam, serta ruang kelas. Tahap customize
merupakan pengaturan sistem aplikasi bebasis kebutuhan user,” papar
Gibson Al-Bustomi, M.Ag., penanggungjawab Lemari Digital Fakultas Ushuluddin UIN
Sunan Gunung Djati Bandung.
Lemari digital Ushuluddin dikembangkan
melalui kerjasama dengan program studi Informatika Fakultas Sains dan Teknologi
UIN Sunan Gunung Djati Bandung. “Ini melibatkan mahasiswa praktek lapangan, dan
aplikasi jadwal kuliah pada lemari digital dikembangkan bertahap sambil berjalan,”
lanjut Gibson Al-Bustomi, M.Ag.
Sistem pengaturan jadwal kuliah
menjadi isu tata kelola kelembagaan. “Tata kelola kelembagaan menjadi isu utama
2020, selain pemetaan dan peningkatan kapasitas SDM. Saya ucapkan terimakasih untuk
semuanya, yakni team akademik yang telah menginisiasi aplikasi jadwal kuliah, team
lemari digital, seluruh jajaran dan sivitas, dan team pengembang lemari digital
dari Saintek. Jadwal kuliah biasanya menjadi hal krusial sehingga dibutuhkan sistem
aplikasi,” ujar Dr. Wahyudin Darmalaksana, Dekan Fakultas Ushuluddin.
Hadir pada kegiatan ini para Ketua
dan Sekretaris Jurusan yang bertanggungjawab menyusun daftar dosen pengampu
matakuliah semester genap 2020/2021. Hadir pula personalia Tata Usaha Fakultas
Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
(One)