TUJUAN DAN STRATEGI RAPAT KERJA USHULUDDIN UIN BANDUNG




TUJUAN DAN STRATEGI RAPAT KERJA USHULUDDIN UIN BANDUNG


Pendidikan tinggi memiliki tantangan untuk menyusun sasaran strategis. Ini menjadi perhatian utama Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati (SGD) Bandung.


Fakultas Ushuluddin UIN SGD Bandung telah rampung menyusun draft rencana strategis 2020-2023. Ini masih menyisakan pembahasan dan penetapan.

Fakultas tertua di lingkungan UIN SGD ini ambisius untuk memainkan isu pendidikan tinggi di tingkat lokal, nasional, regional, dan global. Ini disipakan dalam wujud rencana strategis meliputi program prioritas, aktivitas kunci, action of plan, dan alur proses kegiatan.

Untuk kepentingan penetapan rencana strategis 2020-2023, Fakultas Ushuluddin UIN SGD melaksanakan rapat kerja. Tema rapat kerja adalah “Bergegas Menuju SDM Unggul Berdaya Saing Nasional, Regional & Global.”

Tujuan Rapat Kerja
Tujuan rapat kerja meliputi beberapa hal. Pertama, melakukan tinjauan lingkungan eksternal dan internal kebijakan pendidikan tinggi. Kedua, menganalisis kondisi objektif pelaksanaan akademik Fakultas Ushuluddin UIN SGD.

Ketiga, mengukur rencana strategis Fakultas Ushuluddin UIN SGD Tahun 2020-2023. Keempat, menyusun action plan berbasis indikator kinerja utama untuk masing-masing unit di lingkungan Fakultas Ushuluddin UIN SGD.

Strategi Rapat Kerja
Strategi pencapaian tujuan pertama, yakni melakukan tinjauan lingkungan eksternal dan internal kebijakan pendidikan tinggi ditempuh dengan cara menghadirkan narasumber kunci. Ini akan memberikan wawasan berkenaan dengan arah kebijakan dan pengaturan pendidikan tinggi.  

Strategi pencapaian tujuan kedua, yakni menganalisis kondisi objektif pelaksanaan akademik Fakultas Ushuluddin UIN SGD ditempuh dengan cara penyajian data-data factual. Ini akan memberikan informasi mengenai hasil pencapaian Fakultas Ushuluddin UIN SGD.

Strategi pencapaian tujuan ketiga, yakni mengukur rencana strategis Fakultas Ushuluddin UIN SGD Tahun 2020-2023 ditempuh dengan cara penyajian draft rencana strategis. Ini meliputi beberapa hal: 1) memastikan keterukuran misi untuk jangka waktu 2020-2023; 2) mengukur kecukupan misi untuk mencapai visi; 3) mengukur tujuan sesuai poin-poin misi; 4) mengukur sasaran strategis untuk masing-masing tujuan; 5) memastikan setiap program dasar (program prioritas) ditopang sasaran strategis; 6) memastikan indikator kinerja utama pada masing-masing program dasar (program prioritas); dan 7) mengukur baseline dan target pencapaian 2020-2023.

Strategi pencapaian tujuan keempat, yakni menyusun action plan berbasis indikator kinerja utama untuk masing-masing unit di lingkungan Fakultas Ushuluddin UIN SGD ditempuh dengan cara presentasi agenda kerja. Materi action of plan meliputi aktivitas, penerima manfaat, kebutuhan (input), output, alat verfikasi, pelaksana, mitra, waktu pelaksanaan, sumber anggaran, dan metode monitoring dan evaluasi. Adapun pada masing-masing aktivitas dibuat alur proses kegiatan.


Rapat kerja berlangsung di Garut, Jawa Barat, Selasa-Kamis, 21-23 Januari 2020. Rapat kerja melibatkan sivitas akademik Fakultas Ushuluddin UIN SGD Bandung.


(Wahyudin)

Comments

Popular posts from this blog

UIN SGD BANDUNG RAIH PERINGKAT PERTAMA DI INDONESIA VERSI SCIMAGO

PRESTASI

CARA MEMBUAT JUDUL PENELITIAN