USHULUDDIN UIN BANDUNG KONSOLIDASI PENGUATAN JURNAL ILMIAH



USHULUDDIN UIN BANDUNG KONSOLIDASI PENGUATAN JURNAL ILMIAH


Pendidikan tinggi memiliki tantangan meningkatkan jurnal ilmiah. Ini telah menjadi komitmen pimpinan dan jajaran Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati (SGD) Bandung.


Fakultas Ushuluddin (FU) UIN SGD Bandung menggelar agenda “Konsolidasi Penguatan Jurnal Ilmiah” yang dilaksanakan di Aula Lantai 4 FU UIN SGD Bandung, Jalan AH. Nasution 105 Bandung, Jum’at, 10 Januari 2020.

Agenda ini merupakan inisiatif laboratorium dan para pengelola jurnal FU UIN SGD Bandung. “Jurnal merupakan unjung tombak publikasi di pendidikan tinggi. Ini dibutuhkan konsolidasi di antara para pengelola jurnal untuk penguatan tata kelola yang baik,” ujar Irma Riyani, Ph.D, Ketua Laboratorium FU UIN SGD Bandung.

“Konsolidasi bertujuan untuk meningkatkan kualitas jurnal agar memiliki reputasi nasional dan internasional. Dalam agenda ini disampaikan arahan substansi dan teknis pengelolaan jurnal. Disadari penguatan jurnal dibutuhkan sinergi,” lanjut Irma Riyani, Ph.D.

Timbul pula aspirasi peningkatan pengelolaan jurnal. “Pengelola jurnal butuh ruang khusus, fasilitas computer yang memadai, dan jaringan internet yang baik,” ujar Dr. Neng Hannah, M.Ag., Ketua Jurusan Aqidah & Filsafat Islam, dan sekaligus penanggungjawab jurnal ilmiah JAQFI, yakni Jurnal Aqidah dan Filsafat Islam FU UIN SGD Bandung.

FU UIN SGD memiliki lima jurnal terakreditasi nasional dan terindeks Science and Technology Index (Sinta). Wawasan, Jurnal Ilmiah Agama dan Sosial Budaya, index Sinta 2. Religious, Jurnal Studi Agama-Agama dan Lintas Budaya, index Sinta 4. Al-Bayan, Jurnal Studi Al-Qur’an dan Tafsir, Sinta 4. Diroyah, Jurnal Studi Ilmu Hadis, Sinta 5. Syifa Al-Qulub Tasawuf Psikoterapi, Sinta 5. Lima jurnal FU menjadi bagian dari 33 jurnal UIN SGD Bandung yang telah terakreditasi nasional.
  


Dekan FU UIN SGD memberikan apresiasi atas berbagai langkah peningkatan kualitas jurnal. “Saya berjanji untuk memberikan perhatian utama terhadap aspirasi-aspirasi peningkatan kualitas jurnal. Serta apresiasi yang tinggi atas dilaksanakannya kegiatan konsolidasi pengutan jurnal ini,” ujar Dr. Wahyudin Darmalaksana, M.Ag., Dekan FU UIN SGD Bandung melalui pesan singat kepada awak media.

“Ushuluddin memiliki baseline pencapaian jurnal sebagai modal untuk peningkatan kuantitas dan sekaligus kualitas. Jurnal index Sinta memiliki target meningkat rangkingnya, dan target pencapaian index Sinta 1 menjadi sasaran utama. Serta medorong tumbuhnya jurnal-jurnal lain untuk target akreditasi nasional,” lanjutnya.
  
Seluruh pengelola jurnal FU UIN SGD hadir pada kegiatan ini. Hadir pula stakeholder dari mitra bestari para pengulas artikel jurnal ilmiah. Seluruh peserta berkomitem untuk peningkatan kualitas jurnal FU UIN SGD Bandung.



(One)

Comments

Popular posts from this blog

UIN SGD BANDUNG RAIH PERINGKAT PERTAMA DI INDONESIA VERSI SCIMAGO

PRESTASI

BANDUNG: TOP 10 PUBLIKASI INDEX SCOPUS