KULIAH USHULUDDIN






Namanya Fakultas Ushuluddin. Di UIN Sunan Gunung Djati Bandung, fakultas ini membina lima program studi (jurusan), yaitu Ilmu Al-Qur'an & Tafsir (IAT), Aqidah & Filsafat Islam (AFI), Studi Agama-Agama (SAA), Tasawuf & Psikoterpi (TP), dan Ilmu Hadis (ILHA).

Tiga hal ditekankan bagi lulusan, yaitu sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Sikap merupakan budi pekerti dari nilai-nilai inti Islam.

Pengetahuan berkenaan dengan penguasaan ilmu-ilmu dasar Ushuluddin yang ditawarkan sebagai kurikulum meliputi Filsafat Islam, Teologi, Tasawuf, Al-Qur'an, Hadis, dan esensi Agama. Secara spesifik, iImu dasar Ushuluddin keluasan dan kedalamannya disajikan sesuai konsentrasi masing-masing jurusan.

Ketermpilan dibagi dua, yaitu umum dan khusus. Umum meliputi literasi teknologi informasi, bahasa Asing, dan penulisan karya ilmiah.

Adapun khusus didasarkan keunggulan dan keunikan (distingsi) masing-masing jurusan. Khusus meliputi penerapan metode-metode penelitian, praktik metodologi pengabdian, dan keutamaan menurut target capaian pembelajaran lulusan (CPL) masing-masing jurusan.

Target CPL jurusan, yakni IAT mufasir pemula, AFI pemikir keagamaan, SAA pemikir relasi agama-agama, ILHA ahli hadis pemula, dan TP praktisi tasawuf dan psikoterapi. Target CPL masing-masing jurusan bisa diubah yang lebih aplikatif.

Beban belajar paling sedikit 144 sistem kredit semester (SKS). Ini meliputi perkuliahan, praktik profesi mahasiswa (PPM), kuliah kerja nyata (KKN), seminar komprehensif, dan skripsi. Ada juga ekstra kurikuler non-SKS namun bersifat wajib terutama tahfidz, praktik ibadah dan tilawah.

Seluruh proses pembelajaran fokus terhadap pemenuhan kualifikasi kemampuan sikap, pengetahuan, dan ketermpilan CPL jurusan. Seluruh sivitas memastikan CPL jurusan secara terukur.

Kuliah di Ushuludin sangat terukur mulai bahan kajian, proses pembelajaran, dan hasil pencapaian.

Comments

Popular posts from this blog

UIN SGD BANDUNG RAIH PERINGKAT PERTAMA DI INDONESIA VERSI SCIMAGO

PRESTASI

BANDUNG: TOP 10 PUBLIKASI INDEX SCOPUS