UIN BANDUNG TERAPKAN MODERNISASI LAPORAN KINERJA DOSEN



Berita Terkait :
Intronews
Wartanusa





Saat ini modernisasi sistem layanan merupakan tantangan lembaga publik. Tantangan ini menjadi perhatian utama pimpinan dan segenap jajaran Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung.

UIN Sunan Gunung Djati Bandung telah mengembangkan berbagai aplikasi diantaranya Sistem Informasi Pegawai (SIP). Aplikasi ini dirancang untuk pelayanan Dosen serta Tenaga Kependidikan berkenaan kontrak kinerja, presensi, penilaian kinerja, dan reward.

Dalam rangka pembinaan pegawai, Fakultas Ushuluddin menggelar Pelatihan Pengisian Laporan Capaian Kinerja Harian (LCKH). Acara digelar di Aula Lantai 4 Jalan AH. Nasution 105 Bandung, Senin, 17 Ferbruari 2020.

Dr. Wahyudin Darmalaksana, M.Ag., Dekan Fakultas Ushuluddin, didampingi para Wakil Dekan, menyampaikan pernyataan. “Modernisasi layanan merupakan terobosan hebat. Perubahan laporan kinerja dari manual ke digital harus diakui sebagai langkah maju,” ujar Dekan.

Pelatihan diisi beberapa ahli, yakni: Dr. H. Syamsudin RS., M.Ag., Ketua Satuan Pengawasan Intern (SPI); Mohamad Irfan, ST., M.Kom., Sekretaris Pusat Informasi dan Pangkalan Data (PTIPD); Iman Sulaeman S.HI., MM., Operator pada Sistem Informasi Pegawai (SIP); Mohamad Wildannudin ST. dan Muhammad Deden Firdaus, ST, M.Kom., Tim aplikasi LCKH.


Dr. H. Syamsudin RS., M.Ag. menyampaikan urgensi pengisian Beban Kinerja Dosen (BKD). “Dosen terlebih dahulu harus mengisi kewajiban BKD yang menjadi konsekuensi sertifikasi. Adapun LCKH merupakan dasar penghargaan remuneurasi setelah terpenuhinya BKD,” uangkap Ketua SPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Mohamad Irfan, ST., M.Kom. menjelaskan sistem terintegrasi. “Laporan kinerja diambil dari berbagai aplikasi yang diintegrasikan. Sistem ini dibangun untuk menyediakan data yang menyeluruh untuk berbagai kepentingan. Seluruh sistem aplikasi yang telah tersedia sedang diintegrasikan,” papar Sekretaris PTIPD.


Iman Sulaeman S.HI., MM. menjelaskan sistem presensi di aplikasi SIP. “Presensi memiliki dampak bagi penilaian kinerja. Aplikasi SIP menyediakan sistem perizinan yang memberikan kemudahan bagi pegawai untuk unggah surat izin kehadiran,” jelas Operator SIP ini.


Mohamad Wildannudin ST. menunjukan integrasi SIP dengan SALAM (Sistem Administrasi Layanan Akademik Mahasiswa). “Pengisian BKD telah tersedia karena SIP bisa mengunduh bidang pengajaran dari SALAM. Tersedia juga kolom bidang penelitian, bidang pengabdian, dan bidang penujang,” ujarnya.


Muhammad Deden Firdaus, ST, M.Kom. menjelaskan aplikasi LCKH. “Jika rencana BKD telah melampaui pemenuhan sertifikasi, maka kelebihannya bisa diakumulasi ke dalam LCKH untuk penghitungan remuneurasi,” jelas Deden Firdaus, ST, M.Kom.

Pelatihan pengisian LCKH melibatkan seluruh sivitas Fakultas Ushuluddin. Dosen memberikan apresiasi bagi terobosan modernisasi sistem layanan di UIN Sunan Gunung Djati Bandung.


(Wahyu)

Comments

Popular posts from this blog

UIN SGD BANDUNG RAIH PERINGKAT PERTAMA DI INDONESIA VERSI SCIMAGO

PRESTASI

CARA MEMBUAT JUDUL PENELITIAN