Berita Terkait :
Intronews
Wartanusa
Saat ini modernisasi
sistem layanan merupakan tantangan lembaga publik. Tantangan ini menjadi perhatian
utama pimpinan dan segenap jajaran Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung
Djati Bandung.
UIN Sunan
Gunung Djati Bandung telah mengembangkan berbagai aplikasi diantaranya Sistem
Informasi Pegawai (SIP). Aplikasi ini dirancang untuk pelayanan Dosen serta Tenaga
Kependidikan berkenaan kontrak kinerja, presensi, penilaian kinerja, dan reward.
Dalam rangka
pembinaan pegawai, Fakultas Ushuluddin menggelar Pelatihan Pengisian Laporan
Capaian Kinerja Harian (LCKH). Acara digelar di Aula Lantai 4 Jalan AH.
Nasution 105 Bandung, Senin, 17 Ferbruari 2020.
Dr. Wahyudin
Darmalaksana, M.Ag., Dekan Fakultas Ushuluddin, didampingi para Wakil Dekan,
menyampaikan pernyataan. “Modernisasi layanan merupakan terobosan hebat.
Perubahan laporan kinerja dari manual ke digital harus diakui sebagai langkah
maju,” ujar Dekan.
Pelatihan
diisi beberapa ahli, yakni: Dr. H. Syamsudin RS., M.Ag., Ketua Satuan
Pengawasan Intern (SPI); Mohamad Irfan, ST., M.Kom., Sekretaris Pusat Informasi
dan Pangkalan Data (PTIPD); Iman Sulaeman S.HI., MM., Operator pada Sistem
Informasi Pegawai (SIP); Mohamad Wildannudin ST. dan Muhammad Deden Firdaus,
ST, M.Kom., Tim aplikasi LCKH.
Dr. H. Syamsudin
RS., M.Ag. menyampaikan urgensi pengisian Beban Kinerja Dosen (BKD). “Dosen
terlebih dahulu harus mengisi kewajiban BKD yang menjadi konsekuensi sertifikasi.
Adapun LCKH merupakan dasar penghargaan remuneurasi setelah terpenuhinya BKD,”
uangkap Ketua SPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Mohamad
Irfan, ST., M.Kom. menjelaskan sistem terintegrasi. “Laporan kinerja diambil
dari berbagai aplikasi yang diintegrasikan. Sistem ini dibangun untuk menyediakan
data yang menyeluruh untuk berbagai kepentingan. Seluruh sistem aplikasi yang
telah tersedia sedang diintegrasikan,” papar Sekretaris PTIPD.
Iman
Sulaeman S.HI., MM. menjelaskan sistem presensi di aplikasi SIP. “Presensi
memiliki dampak bagi penilaian kinerja. Aplikasi SIP menyediakan sistem perizinan
yang memberikan kemudahan bagi pegawai untuk unggah surat izin kehadiran,”
jelas Operator SIP ini.
Mohamad
Wildannudin ST. menunjukan integrasi SIP dengan SALAM (Sistem Administrasi
Layanan Akademik Mahasiswa). “Pengisian BKD telah tersedia karena SIP bisa mengunduh
bidang pengajaran dari SALAM. Tersedia juga kolom bidang penelitian, bidang
pengabdian, dan bidang penujang,” ujarnya.
Muhammad
Deden Firdaus, ST, M.Kom. menjelaskan aplikasi LCKH. “Jika rencana BKD telah
melampaui pemenuhan sertifikasi, maka kelebihannya bisa diakumulasi ke dalam
LCKH untuk penghitungan remuneurasi,” jelas Deden Firdaus, ST, M.Kom.
Pelatihan pengisian
LCKH melibatkan seluruh sivitas Fakultas Ushuluddin. Dosen memberikan apresiasi
bagi terobosan modernisasi sistem layanan di UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
(Wahyu)