MEMBANGUN DESA MELALUI PENGEMBANGAN UKM BERBASIS ASET INDIKASI GEOGRAFIS









Lulusan menjadi perhatian utama di pendidikan tinggi. Universitas mempunyai peluang lebih besar.

Universitas telah melahirkan para ahli di Indonesia. Di universitas beragam bidang. Kaum profesional di Indonesia di lahirkan dari universitas.

Kalau bukan dari universitas tampak para ahli lahir dari institut, atau bahkan dari sekolah tinggi. Adapun peluang lulusan universitas sangat besar dan lebih besar.

Bagaimana lulusan Universitas Islam Negeri (UIN). Kami memastikan mereka pasti menjadi kaum profesional di masa depan. Lulusan ini dapat mengisi peluang kerja di pemerintahan dan industri.

Lulusan UIN bisa menjadi konsultan teknik, konsultan pajak, psikolog dan lain-lain. Tingkat kesejahteraan lulusan dipastikan meningkat.

Hanya saja peluang kerja di pemerintah dan di industri pasti menyusut tiap tahun. Ini karena lulusan begitu melimpah tiap tahunnya. Bagaimana peluang lulusan Fakultas Ushuluddin.

Pemerintah Indonesia sedang fokus mengembangkan Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Ini menjadi proyeksi pemerintah Indonesia sampai jangka menengah dan jangka panjang. Peluang ini lebih besar dibandingkan kerja di pemerintah dan di industri.

Kekayaan indikasi geografis amat melimpah di masing-masing wilayah di Indonesai. Ini belum tersentuh secara memadai dan dibutuhkan upaya pengembangannya.  

Bagaimana mahasiswa Ushuluddin memiliki kesiapan. Suatu kesiapan mengembangkan UKM Desa berbasis asset indikasi geografis. Ini bisa ditempuh melalui kursus kilat secara efektif. Kursus bisa meliputi program excel, akuntansi, marketing, dan manajerial.

Lulusan mesti siap menjadi kaya raya berakhlak mulia.


Bndung, 14 Februari 2020
Wahyudin Darmalaksana, Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Comments

Popular posts from this blog

UIN SGD BANDUNG RAIH PERINGKAT PERTAMA DI INDONESIA VERSI SCIMAGO

PRESTASI

CARA MEMBUAT JUDUL PENELITIAN