BIMBINGAN MAHASISWA MODEL USHULUDDIN UIN BANDUNG






Tulisan ini merupakan bentuk bimbingan mahasiswa yang berlangsung di Fakultas Ushuluddin Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati (SGD) Bandung.

Setiap dosen mendapat tugas bimbingan mahasiswa. Pembagian dosen pembimbing ditetapkan setiap awal tahun ajaran. Satu orang dosen pembimbing bisa memperoleh sekitar 10 mahasiswa bimbingan setiap tahunnya, bergantung banyaknya mahasiswa. Dosen pembimbing berperan melaksanakan bimbingan terhadap mahasiswa bimbingan selama perkuliahan aktif sampai mahasiswa bimbingan menjadi sarjana.

Secara formal, bimbingan mahasiswa oleh dosen pembimbing mencakup tiga besaran, yaitu: 1) bimbingan akademik; 2) bimbingan praktek ibadah; dan 3) bimbingan praktek tilawah.

Bimbingan akademik meliputi persetujuan rencana pengambilan mata kuliah tiap semester, konsultasi pelaksanaan pembelajaran menyangkut kendala-kendala yang dihadapi, dan evaluasi kemajuan prestasi akademik. Bimbingan praktek ibadah bertujuan untuk memastikan mahasiswa dapat mempraktekan ibadah yang telah ditetapkan menurut panduan. Bimbingan praktek tilawah bertujuan untuk memastikan mahasiswa dapat mempraktekan tilawah Al-Qur’an.

Secara garis besar, bimbingan mahasiswa dipahami sebagai pelaksanaan mandat Pemerintah Republik Indonesia yang diberikan kepada perguruan tinggi untuk target capaian pembelajaran lulusan (CPL). Adapun taget CPL meliputi tiga hal: 1) kualifikasi kemampuan sikap; 2) kualifikasi kemampuan pengetahuan; dan 3) kualifikasi kemampuan keterampilan.

Kemampuan sikap dilandasi tiga nilai inti, yaitu: a) keteladanan, b) pelayanan, dan c) kolaborasi. Kemampuan pengetahuan dilihat dari penguasaan teori-teori utama (babon) yang disajikan oleh masing-masing jurusan sebagaimana tertuang dalam bahan kajian jurusan. Kemampuan keterampilan mencakup keterampilan umum dan khusus.

Keterampilan umum meliputi tiga hal, yaitu: a) penguasaan bahasa asing, Arab atau Inggris; 2) penguasaan aplikasi komputer yang menunjang program akademik; dan 3) penguasaan penulisan karya ilmiah untuk publikasi artikel di jurnal. Sedangkan keterampilan khusus disajikan di masing-masing jurusan sebagai keunggulan dan distingsi jurusan.

Semua di atas itu merupakan bentuk bimbingan mahasiswa yang diarahkan di Fakultas Ushuluddin UIN SGD Bandung. Secara keseluruhan, proses bimbingan mahasiswa melalui dosen pembimbing diarahkan untuk memastikan terlaksananya target CPL, yakni Capaian Pembelajaran Lulusan.

Selamt dan sukses untuk lulus menjadi sarjana tepat waktu dengan prestasi yang memuaskan.


Bandung, 04 Maret 2020
Wahyudin Darmalakasana, Fakultas Ushuluddin UIN SGD Bandung


Comments

Popular posts from this blog

UIN SGD BANDUNG RAIH PERINGKAT PERTAMA DI INDONESIA VERSI SCIMAGO

PRESTASI

BANDUNG: TOP 10 PUBLIKASI INDEX SCOPUS