WhatsApp Kuliah Mobile
Wahyudin Darmalaksana
UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Abstrak
Penelitian ini
bertujuan memantau penggunaan WhatsApp dalam kuliah mobile. Metode penelitian
ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan studi pustaka dan lapangan.
Hasil dan pembahasan penelitian ini meliputi pembuatan Grup WhatApp,
pengelolaan kelas, dan pencapaian pembelajaran. Kesimpulan penelitian adalah
penggunaan WhatsApp secara efektif memberikan dampak positif.
Kata
Kunci:
e-Learning,
Kuliah Terbuka, Mobile Learning, Smartphone
Pendahuluan
Abad
21 menuntut pendidikan melaksanakan belajar daring (He, Xu, & Kruck, 2014) . Penggunaan
teknologi informasi secara terbuka menjadi momentum untuk memfasilitasi
pembelajaran yang lebih baik serta mengurangi masalah pembelajaran tradisional
yang tertutup (Panigrahi, Srivastava,
& Sharma, 2018) . Diperlukan adanya koordinasi
tentang pendidikan terbuka berbasis online (Tolsteneva, Gruzdeva, Katkova, Prokhorova, & Lagunova, 2019) . Pendidikan tinggi sangat
membutuhkan suatu lingkungan belajar modern (Huda, et al., 2018) . Segala daya mesti
dikerahkan untuk pendidikan online yang sedang beralangsung untuk
menjadi arus utama pada tahun 2025 (Palvia, et al., 2018) .
Belajar
online mestinya bukan suplemen yang hanya memberikan manfaat tambahan (Williams, Birch, &
Hancock, 2012) . Semestinya juga belajar online bukan
informal yang tidak terstruktur seperti terjadi dalam kehidupan sehari-hari
ketika orang mengakses internet (Holland, 2019) . Berbagai platform
dapat dimanfaatkan untuk mendukung pembelajaran daring termasuk fasilitas WhatsApp (Bensalem, 2018) .
Sejak
10 tahun terakhir aplikasi WhatsApp telah berperan dalam pendidikan m-learning (Mohesh & Meerasa, 2016) . Beberapa hasil
penelitian menunjukkan bahwa penggunaan WhatsApp di kelas meningkatkan motivasi
siswa pendidikan tinggi semisal untuk menulis (Allagui, 2015) . Teknik WhatsApp
menghasilkan efek signifikan pada keterampilan menulis siswa di pendidikan tinggi (Fattah, 2015) , dan ternyata penggunaan
mediasi WhatsApp lebih efektif (Awada & Wang, 2016) . Persepsi
peserta tentang penggunaan WhatsApp dalam pembelajaran kosakata menunjukkan
bahwa umumnya peserta memiliki sikap positif terhadap pembelajaran item
kosakata baru melalui WhatsApp (Bensalem, 2018) .
Penelitian
lain menunjukan bahwa sebagian besar peserta menyukai mobile learning melalui
WhatsApp, ada penerimaan metodologi mobile learning oleh mahasiswa, dan sikap
positif terhadap mobile learning di kalangan mahasiswa sangat menjanjikan untuk
perubahan paradigma e-learning ke mobile learning (Mohesh & Meerasa, 2016) . Ceramah dengan
penggunaan papan tulis yang dikombinasikan presentasi power point telah
menjadi praktik tradisional di kelas dibandingkan aplikasi ponsel pintar yang dapat
meningkatkan lingkungan dan hasil belajar (Wijaya, 2018) . WhatsApp adalah
dorongan besar pada penggunaan media modern yang terus berkembang untuk tujuan
pembelajaran (Nagler, Ebner, & Schön,
2015) .
Dengan kemajuan pesat teknologi seluler dan ketersediaan ponsel cerdas di
setiap siswa dapat ditegaskan bahwa ada ruang lingkup yang luas untuk
metodologi mobile learning melalui Whatsapp untuk digunakan dalam pendidikan (Mohesh & Meerasa, 2016) .
Penelitian
ini bertujuan memantau keberlangsungan kuliah daring penerapan mobile leraning
berbasis platform Whatsapp di pendidikan tinggi.
Metode
Penelitian
ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang menerapkan studi pustaka dan
lapangan. Studi pustaka dilalakukan terhadap artikel jurnal yang diambil dari
database bereputasi. Studi lapangan dilaksanakan pada Jurusan Ilmu Hadis
Fakultas Ushuluddin Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung.
Analisis dalam penelitian ini digunakan logika, baik deduktif maupun induktif.
Hasil
dan Diskusi
Bagian
ini membahas beberapa hasil dan diskusi:
1. Membentuk Grup
Pembelajaran daring
mobile learning dibuka untuk 4 (empat) kelas, yakni semester IV kelas A-B
dan semester VI kelas A-B. Dibentuklah 4 (empat) Grup WhatsApp. Berdasarkan nomor
kontak, anggota grup semester IV kelas A 33 orang dan kelas B 43 orang, sedangkan
semester VI kelas A 41 orang dan kelas B 40 orang.
Mata kuliah yang
disajikan pada semester IV kelas A-B adalah Metode Penelitian. Adapun mata
kuliah yang disajikan pada semester IV kelas A-B ialah Metode Penelitian Hadis.
Recana Pembelajaran Semester (RPS) telah disiapkan untuk 2 (dua) mata kuliah dimaksud.
Jadwal kuliah
masing-masing kelas beragam. Jadwal kuliah semester IV kelas A hari Senin pukul
10.20-12.00 WIB. Jadwal kuliah Semester IV kelas B hari Rabu pukul 10.20-12.00
WIB. Sedangkan jadwal kuliah semester VI Kelas A hari Kamis pukul 14.40-18.05
WIB. Adapun jadwal kuliah semester VI kelas B hari Kamis pukul 14.40-18.05 WIB.
Kuliah daring
dilaksanakan mulai tanggal 16 Maret 2020. Pelaksanaan kuliah daring telah
berlangsung 8 (delapan) kali sampai tanggal 26 Maret 2020 di mana masing-masing
kelas telah terlaksana 2 (dua) kuliah non tatap muka.
2. Mengelola Kelas
Pelaksanaan
kuliah non tatap muka dibuat ketentuan. Sedangkan ketentuan tersebut adalah absensi
awal serta pengumpulan tugas pekan lalu 5 (lima) menit, pembahasan bahan kajian
10 (sepuluh) menit, sesi interaktif 20 (dua puluh) menit, penyampaian materi
pekan depan 5 (lima) menit, sesi instruksi kerja penugasan atau latihan 5 (lima)
menit, dan absensi akhir serta lanjutan pengumpulan hasil latihan pekan lalu 5 (lima)
menit.
Berikut ini
adalah bahan kajian sebanyak 2 (dua) kali materi pada masing-masing kelas
sebanyak 4 (empat) kelas. Pertama pengumpulan hasil latihan menenetapkan tujuan
penelitian dan pendalaman materi tersebut serta penyampaian materi persiapan
pekan depan berupa latihan membuat kalimat rumusan masalah beserta pertanyaan-pertanyaan
penelitian selaras dengan tujuan penelitian. Kedua pengumpulan latihan membuat
kalimat rumusan masalah beserta pertanyaan-pertanyaan penelitian dan pendalaman
materi tersebut termasuk cara mencari referensi serta penyampaian materi persiapan
pekan depan berupa latihan melakukan tinjauan pustaka.
Sebanyak 2 (dua)
kali materi pada masing-masing kelas sebanyak 4 (empat) kelas telah menghasilkan
8 (delapan) dokumen hasil kuliah non tatap muka. Bahan kajian ditayangkan pada
Blog Spot, sedangkan dokumen hasil perkuliahan daring disimpan di Google Drive.
3. Capaian Belajar
Target mata
kuliah ini pada masa Ujian Tengah Semester (UTS) adalah dihasilkannya proposal-proposal
mini penelitian. Target dibedakan untuk tingkatan semester. Semester IV penekanannya
pada penelitian secara umum. Sedangkan semester VI penekannya pada penelitian
hadis.
Pekuliahan daring
di masing-masing kelas berlangsung lancar dalam arti hampir tidak ada kendala
yang signifikan. Mahasiswa dapat mengikuti perkuliah secara tertib. Kontrol
dilakukan terhadap kehadiran atau partisipasi, respon pada saat sesi
interaktif, dan penugasan. Berdasarkan hasil penelitian lain terdapat beberapa
keuntungan menggunakan mobile leraning berbasis WhatsApp. Antara lain WhatsApp
membantu siswa memperoleh pengetahuan, berdiskusi dan belajar secara aktif, dan
berinteraksi dengan mudah daripada pembelajaran tradisional (Grover, Garg, & Sood, 2020) . WhatsApp secara positif
mendukung tujuan pembelajaran di antara jejaring social lainnya (Zulkanain, Miskon, &
Abdullah, 2020) . Nilai keterlibatan emosional ditemukan
lebih tinggi di platform pesan instan WhatsApp (Andujar
& Rodriguez, 2020) . Dalam penggunaan
WhatsApp ada dampak positif pada perilaku yang mempengaruhi proses pembelajaran,
seperti berbagi pengetahuan, persiapan untuk belajar, perhatian, dan partisipasi
di kelas (Rahaded, Puspitasari, &
Hidayati, 2020) .
Sekain itu, terdapat
informasi pula bahwa terdapat banyak yang memanfaatkan aplikasi WhatsApp untuk
mengembangkan baik model pembelajaran campuran atau tugas online sementara
penggunaan Instagram untuk pengembangan pembelajaran masih sangat langka (Andujar, 2020) . Grup WhatsApp
melaporkan rasa komunitas yang lebih kuat, mahasiswa mengalami tingkat
kehadiran social, dan pembelajaran lebih dapat yang dirasakan (Suardika, et al., 2020) . Penggunaan WhatsApp
yang efektif di kelas memiliki dampak positif untuk menggabungkannya dengan
metode atau strategi lain dalam mencapai tujuan (Damanik, 2020) . Memang WhatsApp
kurang terbuka (Deb, Paul, & Das, 2020) , tetapi terbukti
efektif dengan ditopang aplikasi lain (Mpungose, 2020) .
Kuliah mobile
dengan aplikasi WhatsApp diharapkan berlangsung efektif untuk target capaian
belajar minimal sampai UTS.
Kesimpulan
WhatsApp
terbukti efektif di beberapa tempat untuk kuliah mobile. Efektifitas itu dapat
dirasakan dalam beberapa peristiwa kuliah non tatap muka di Jurusan Ilmu Hadis
Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Penelitian ini
merekomendasikan agar dilakukan evaluasi yang memadai terhadap pemanfaat
aplikasi WhatsApp.
Daftar
Pustaka
Allagui, B. (2015). Writing through WhatsApp: an
evaluation of students writing performance . International Journal of
Mobile Learning and Organisation.
Andujar, A. (2020). Analysing WhatsApp and Instagram as Blended Learning
Tools . Recent Tools for Computer- and Mobile-Assisted Foreign Language
Learning.
Andujar, A., & Rodriguez, J. M. (2020). WhatsApp and Jitsi to Foster
Student Engagement in an American-Spanish Telecollaboration Exchange . Recent
Tools for Computer- and Mobile-Assisted Foreign Language Learning.
Awada, G., & Wang, S. (2016). Effect of WhatsApp on critique writing
proficiency and perceptions toward learning . Journal Cogent Education.
Bensalem, E. (2018). The Impact of Whatsapp on EFL Students' Vocabulary
Learning . Arab World English Journal (AWEJ).
Damanik, E. S. (2020). Student Attitude Toward The Use of Whatsapp In
EFL Class . Journal of Langguage, Literature, and Education.
Deb, K., Paul, S., & Das, K. (2020). A Framework for Predicting and
Identifying Radicalization and Civil Unrest Oriented Threats from WhatsApp
Group . In Advances in Intelligent Systems and Computing .
Switzerland: Springer.
Fattah, S. F. (2015). The Effectiveness of Using WhatsApp Messenger as
One of Mobile Learning Techniques to Develop Students' Writing Skills . Journal
of Education and Practice.
Grover, S., Garg, B., & Sood, N. (2020). Introduction of case-based
learning aided by WhatsApp messenger in pathology teaching for medical
students. Journal of Postgraduate Medicine.
He, W., Xu, G., & Kruck, S. (2014). Online IS Education for the 21st
Century . Journal of Information Systems Education.
Holland, A. A. (2019). Effective principles of informal online learning
design: A theory-building metasynthesis of qualitative research . Computers
& Education.
Huda, M., Maseleno, A., Teh, K. S., Don, A. G., Basiron, B., Jasmi, K.
A., . . . Ahmad, R. (2018). Understanding Modern Learning Environment (MLE)
in Big Data Era . International Journal of Emerging Technologies in
Learning (IJET).
Mohesh, G., & Meerasa, S. S. (2016). Perceptions on M-Learning
through WhatsApp application . Journal of Education Technology in Health
Sciences.
Mpungose, C. B. (2020). Is Moodle or WhatsApp the preferred e-learning
platform at a South African university? First-year students’ experiences . Education
and Information Technologies.
Nagler, W., Ebner, M., & Schön, M. (2015). Why Facebook Swallowed
WhatsApp. e-Media and Innovate Learning. Canada: Association for the
Advancement of Computing in Education (AACE).
Palvia, S., Aeron, P., Gupta, P., Mahapatra, D., Parida, R., Rosner, R.,
& Sindhi, S. (2018). Online Education: Worldwide Status, Challenges,
Trends, and Implications . Journal of Global Information Technology
Management.
Panigrahi, R., Srivastava, P. R., & Sharma, D. (2018). Online
learning: Adoption, continuance, and learning outcome—A review of literature
. International Journal of Information Management.
Rahaded, U., Puspitasari, E., & Hidayati, D. (2020). The Impact of
Whatsapp Toward UAD Undergraduate Students’ Behavior In Learning Process . International
Journal of Educational Management and Innovation.
Suardika, I. K., Alberth, Mursalim, Siam, Suhartini, L., &
Pasassung, N. (2020). Using WhatsApp for Teaching a Course on the Education
Profession: Presence, Community and Learning . International Journal of
Mobile and Blended Learning (IJMBL).
Tolsteneva, A. A., Gruzdeva, M. L., Katkova, O. V., Prokhorova, O. N.,
& Lagunova, M. V. (2019). Organizational and Technical Conditions for the
Implementation of Educational Programs of the University Using Open Online
Courses of the National Platform for Open Education. In Lecture Notes in
Networks and System. Switzerland: Springer.
Wijaya, A. (2018). Students’ Responses Toward The Use of Whatsapp In
Learning . Teaching and Learning English in Multicultural Context.
Williams, A., Birch, E., & Hancock, P. (2012). The impact of online
lecture recordings on student performance . Australasian Journal of
Educational Technology.
Zulkanain, N. A., Miskon, S., & Abdullah, N. S. (2020). An adapted
pedagogical framework in utilizing WhatsApp for learning purpose . Education
and Information Technologies .