LATIHAN MENULIS ABSTRAK ARTIKEL ILMIAH










Analisis Pencapaian Kelas Menulis Artikel Ilmiah Di Pendidikan Tinggi


Wahyudin Darmalaksana
Fakultas Ushuluddin, UIN Sunan Gunung Djati Bandung



Abstract
This study aims to analyze the achievement of class writing scientific articles in higher education. The research uses a qualitative approach through descriptive-analytical methods. The results and discussion of this study indicate that the writing class participants understand article writing according to the journal template, the writing class is held effectively through feedback, and the publication of scientific articles is achieved significantly. This study concludes that writing classes play an effective role in achieving student article publications in scientific journals. This study recommends higher education to form writing classes.

Keywords: Academic writing; Scientific journal; Publication; Writing center


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pencapaian kelas menulis artikel ilmiah di pendidikan tinggi. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif melalui metode deskriptif-analitis. Hasil dan pembahasan penelitian ini menunjukkan bahwa peserta kelas menulis memahami penulisan artikel sesuai template jurnal, penyelenggaraan kelas menulis berlangsung efektif melalui feedback, dan publikasi artikel ilmiah tercapai secara signifikan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kelas menulis berperan efektif bagi pencapaian publikasi artikel mahasiswa di jurnal ilmiah. Penelitian ini merekomendasaikan kepada pendidikan tinggi untuk membentuk kelas menulis.    

Kata Kunci: Jurnal ilmiah; Penulisan akademik; Publikasi; Pusat penulisan

Comments

Popular posts from this blog

CARA MENENTUKAN JUDUL PENELITIAN SKRIPSI

CARA MEMBUAT JUDUL PENELITIAN

LATIHAN MENULIS PENDAHULUAN ARTIKEL ILMIAH