TUH KAN BISA !








Terdengar mahasiswa ingin tembus di jurnal ilmiah. Aku katakan bisa! Kami siapkan modul. Mulailah kami latihan step by step.

Peserta diminta membuat kalimat tujuan penelitian. Bagian ini cukup pelik. Tapi teratasi dengan melihat abstrak artikel-artikel ilmiah. Kami bersama memeriksa struktur kalimat tujuan penelitian. Beranjak ke menyusun rumusan masalah. Ini tidak terlalu menyulitkan sejauh tujuan penelitian telah ajeg. Peserta mengurai rumusan ke dalam pertanyaan terperinci. Beranjak ke pencarian referensi berdasarkan kata-kata kunci di masing-masing pertanyaan. Referensi terkumpul sampai dirasakan cukup untuk melakukan tinjauan pustaka. Peserta membuat matrik tinjauan pustaka mencakup pengarang, judul, teori dan konsep, metode, pendekatan, dan analisis, hasil dan pembahasan, dan kesimpulan dan saran. Dari situ peserta punya teori-teori dan konsep-konsep untuk membuat kerangka berpikir. Juga bisa melihat penelitian-penelitian terdahulu yang paling mutakhir. Bahkan, peserta bisa melihat posisi rencana penelitiannya di antara penelitian lain yang serupa dalam hal topik, tema, dan fokus utama. Disusunlah kerangka berpikir untuk menjawab pertanyaan satu, pertanyaan dua, dan pertanyaan tiga. Seluruh paragraf kerangka berpikir dikawal. Kalimat-kalimat di masing-masing paragraf dikendalikan untuk menyusun sistematika penulisan. Kerangka berpikir dibuat bagan untuk memudahkan deskripsi kerangka berpikir dan untuk pengendalian sitematika penulisan. DIsampaikan pula cara pengutipan menggunakan aplikasi references. Tiba di situ aku katakan latihan sudah cukup untuk bahan pendahuluan artikel ilmiah.

Tiba gilirannya mencantumkan metode penelitian. Peserta terfokus pada penelitian kualitatif, tetapi beberapa ada yang ambil penelitian kuantitatif. Format dibuatkan untuk studi pustaka dan studi lapangan. Peserta cukup ambil format tersebut bergantung metode, pendekatan, dan analisis yang digunakan.

To be continue....

Lanjutan...

Peserta menyiapkan hasil dan pembahasan penelitian. Berpijak pada kerangka berpikir, pertanyaan penelitian dijawab satu persatu. Aku katakan, mula-mula sajikan data. Lalu instruksi untuk abstraksi data hingga menjadi fakta. Selanjutnya, silakan melakukan interpretasi terhadap fakta hasil abstraksi. Gunakan interpretasi dengan perangkat analisis dan pendekatan yang telah disiapkan di bagian metode penelitian. Analisis bisa berupa kedalaman, relevansi, konektivitas, perbandingan, dan pengembangan. Pastikan semua pertanyaan telah terjawab dengan baik. Pastikan penelitian telah tiba sampai di tujuan yang telah ditetapkan. Pastikan tidak ada penambahan di luar dari keranga berpikir yang telah dirumuskan. Begitu aku sampaikan kepada peserta. Disampaikan pula bahwa penulisan hasil dan pembahasan tidak lebih pelik dibandingkan membuat pendahuluan. Sebab, pelaksanaan penelitian akan mengalir mengikuti alur kerangka berpikir yang dengan susah payah telah dirumuskan sebelumnya. Terlebih lagi, aku sampaikan pula, penelitian untuk mengisi tubuh artikel ilmiah pasti rampung bila kita senantiasa bahagia !

To be continue....

Lanjutan....

Tiba gilirannya menyimpulkan. Aku katakan, kesimpulan tidak selalu berupa poin-poin dari hasil dan pembahasan. Tapi berupa "tali" yang mengikat poin-poin itu. Kesempulan akan dirasakan berperan menjawab manfaat dan kegunaan penelitian. Di kesimpulan biasa disertakan pula rekomendasi yang dapat berupa anjuran penelitian lanjutan.


To be continue....

Lanjutan...

Bagian daftar pustaka pastikan telah menggunakan aplikasi referencess. Pastikan telah mengutip sumber babon jurusan. Pastikan terdapat minimal lima referensi penelitian paling mutakhir. Pastikan pula telah mengutip karya ilmiah dosen pengampu matakuliah.

To be continue...

Lanjutan....


Abstrak dan kata kunci. Pada bagian abstrak tuliskan empat hal saja. Tujuan penelitian, metode penelitian, hasil dan pembahasan, dan kesimpulan.

Kata kunci adalah teori, konsep, dan term yang sudah lazim dan populer terkait topik, tema, dan fokus utama penelitian ini yang tidak memerlukan penjelasan lagi.


To be continue...

Lanjutan...

Judul penelitian. Ini mengandung tiga hal: problem, method, dan result (hasil).


Sekian....

Comments

Popular posts from this blog

UIN SGD BANDUNG RAIH PERINGKAT PERTAMA DI INDONESIA VERSI SCIMAGO

PRESTASI

BANDUNG: TOP 10 PUBLIKASI INDEX SCOPUS