KULIAH USHULUDDIN DI UIN BANDUNG


 

 

Peran agama sangat sentral dalam dimensi kehidupan. Segala dimensi kehidupan di sepanjang sejarah selalu dicari hubungannya dengan agama. Hal ini membuat studi agama terus berkembang.

Setiap saat disaksikan berbagai fenomena, gejala-gejala di masyarakat, dan fakta-fakta kehidupan. Semua ini sangat menarik didiskusikan dengan teori agama. Pada gilirannya akademisi ilmu agama kaya dengan data. Sebagai bahan untuk diinterpretasi secara multi-perspektif menjadi informasi dan pengetahuan. Pada saat yang sama teori agama makin berkembang. Menariknya, perspektif agama dari studi secara holistik pasti ditunggu untuk kebaikan dunia.

UIN Sunan Gunung Djati Bandung merawat ilmu Ushuluddin. Meliputi Teologi, Filsafat Islam, Tasawuf, Tafsir Al-Qur’an, dan studi Hadis. Ilmu Ushuluddin merupakan dasar teori agama (Islam). Digali dari dasarnya, menghasilkan teori-teori, dan memberikan perspektif. Peminat ilmu Ushuluddin berperan mengkaji dan melakukan studi untuk menjawab berbagai dimensi kehidupan.

Amanah penguatan ilmu Ushuluddin dilaksanakan di Fakultas Ushuluddin. Di fakultas ini dipahami hakikat iman, tujuan manusia, kehidupan sosial, dan nilai-nilai inti. Sivitas Fakultas Ushuluddin mendialogkan fakta-fakta kehidupan dengan teori Islam. Diterapkan berbagai pendekatan dan analisis. Aktivitas fakutas ini penuh dengan kajian dan studi Islam berkenaan dengan berbagai masalah kehidupan.

Kuliah di Fakultas Ushuluddin disiapkan untuk memiliki kompetensi ilmu yang kokoh. Memiliki kompetensi skill akademik yang tangguh. Melahirkan pembelajar, pemikir, dan peneliti yang handal. Serta menyiapkan lulusan dengan kompetensi sikap keagamaan Islam yang arif dan bijak, toleran, dan inklusif. Lulusan Fakultas Ushuluddin diarahkan dapat diterima di seluruh lapisan masyarakat untuk bersama menghadapi tantangan kehidupan dari perspektif Islam secara holistik.

Yuk kuliah di Fakutas Ushuluddin terkhusus untuk para calon mahasiswa baru. Fakultas Ushuluddin membuka 5 (lima) jurusan, yaitu: 1) Aqidah dan Filsafat Islam; 2) Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir; 3) Ilmu Hadis; 4) Tasawuf dan Psikoterapi; dan 5) Studi Agama-agama.


Berbagai prestasi silakan klik di sini !

 

Bandung, 21 Juni 2020

Wahyudin Darmalaksana, Peminat Ilmu Ushuluddin

 


Comments

Popular posts from this blog

UIN SGD BANDUNG RAIH PERINGKAT PERTAMA DI INDONESIA VERSI SCIMAGO

PRESTASI

BANDUNG: TOP 10 PUBLIKASI INDEX SCOPUS