-->

Notification

×

Iklan

Iklan

SUBJEK PENELITIAN

Wednesday, July 15, 2020 | 7:19:00 PM WIB Last Updated 2020-07-16T15:47:53Z


 

Akademisi ketika merencanakan penelitian hendaknya memperhatikan subjek penelitian. Subjek penelitian yang dimaksud di sini, adalah lingkup (scope) pengetahuan (knowledge) yang menjadi ranah penelitian keilmuan program studi.  

Program studi merancang Rencana Induk Pengembangan Penelitian (RIPP) jangka panjang 30 tahun. RIPP mencakup pembagian subjek penelitian berkelanjutan sasaran program studi. Subjek penelitian dirumuskan dalam rangka menanggapi issue lokal, nasional, regional, dan global.

Subjek penelitian dipahami sebagai batasan keilmuan program studi. Subjek penelitian melandaskan pada teori-teori dasar keilmuan program studi. Program studi berperan memformulasikan issue yang berkembang berlandaskan teori-teori dasar kompetensi keilmuan program studi. Melalui dialognya dengan isu-isu yang sedang berkembang, subjek penelitian diperankan untuk penggalian teori-teori dasar dan pengembangannya melalui konektivitas dengan disiplin-disiplin keilmuan lain. Melalui konektivitas ini terbuka peluang pemutakhiran metodologi keilmuan dan pengayaan pendekatan analitis yang relevan.

Pembagian subjek penelitian menampilkan roadmap (peta jalan) dan topik-topik inti penelitian. Peta jalan penelitian mengarahkan kedalaman dan keluasan materi penelitian, sejak materi dasar sampai materi terapan. Materi dasar mencakup deskripsi, konseptualisasi, dan penemuan teori (postulat) baru. Materi terapan meliputi research and development, pemanfaatan teknologi, pemodelan (prototype), inovasi, dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Pada materi dasar dan materi terapan ditampilkan topik-topik inti penelitian.

Program studi berperan memetakan resources kompetensi keilmuan program studi. Resources kompetensi keilmuan merencanakan penelitian mengacu pada roadmap dan topik-topik inti penelitian. Dengan demikian, peran strategis program studi adalah pengelolaan dan pengembangan pengetahuan untuk menjawab isu-isu yang berkembang.

Berdasarkan paparan di atas, akademisi akan mengacu pada subjek penelitian program studi ketika hendak merencanakan penelitian. Subjek penelitian mencakup pula topik, tema, dan fokus penelitian, termasuk metode dan pendekatan analitis yang relevan.

 

Bandung, 15 Juli 2020

Wahyudin Darmalaksana, Akademisi Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung  


×
Berita Terbaru Update