MENULIS ARTIKEL PROSIDING CEPAT 2 JAM

 



Artikel prosiding bisa selesai dua jam tanpa membutuhkan keahlian menulis. Beberapa langkah menulis prosiding cepat dengan tetap menjamin kualitas penulisan di bawah ini:

 

1.       Tentukan Tujuan Penelitian

Tujuan pada dasarnya mencakup topik, rumusan, dan focus. Ketika peneliti menentukan tujuan penelitian padasarnya mereka sudah memilki topik penelitian, dan rumusan masalah, dan focus utama penelitian. Tulis tujuan penelitian dalam kalimat lengkap dengan menghindari redaksi yang dapat memalingkan focus.

 

2.      Pencarian Referensi

Lakukan pencarian referensi berdasarkan focus utama penelitian pada mesin pencarian referensi untuk menemukan referensi yang relevan. Siapkan matrik untuk mendaftar referensi menurut skala penulis, topik, tema, teori, metode, analisis, hasil temuan, dan kesimpulan.  

 

3.      Menyusun Kerangka Berpikir

Matrik pada tinjauan referensi berperan untuk menyusun kerangka berpikir. Penulis tidak akan menyusun kerangka berpikir dari yang tidak ada referensinya berdasarkan telaah referensi. Lebih memudahkan lagi bila dibuat diagram kerangka berpikir berupa alur logis berdasarkan teori-teori yang ditemukan ketika tinjauan referensi.

 

4.      Penyelarasan

Tujuan penelitian, tinjauan referensi, dan kerangka berpikir pada dasarnya merupakan keselarasan. Peneliti akan menyelaraskan ketiga hal itu.

 

5.      Metode Penelitian

Tentukan jenis penelitian, metode, dan pendekatan analitis yang relevan.

 

6.      Hasil dan Pembahasan

Tampilkan data sesuai focus penelitian. Abstraksikan data tersebut dengan pola generalisasi sesuai teori-teori pada kerangka berpikir sehingga membentuk informasi. Interpretasikan informasi tersebut dengan pendekatan analitis yang telah disiapkan hingga terbentuk pengetahuan.

 

7.      Simpulan

Simpulan bukan mengulang pembahasan melainkan natijah. Sertakan pula limitation, implication, future works, dan recommendation.

 

8.      Daftar Pustaka

Gunakan aplikasi references sejak pengutipan dalam tinjauan referensi, kerangka berpikir, dan pembahasan. Sehingga akan terbentuk daftar Pustaka secara otomatis.

 

9.      Abstrak

Tulis abstrak 200 kata meliputi tujuan penelitian, metode penelitian, hasil dan pembahasan, dan simpulan.

 

10.   Kata Kunci

Tentukan kata kunci yang menjadi highlight penulisan.

 

11.     Latarbelakang

Pendahuluan diawali latarbelakang. Tulis latarbelakang singkat, padat, dan to the point dalam satu paragraph yang membicarakan focus utama.

 

12.    Judul Penelitian

Ditulis ketika penulisan telah selesai. Judul biasanya mencakup problem, metode, dan hasil (results).

 

Hal di atas bukan hanya menulis cepat dalam dua jam melainkan pula menjamin kualitas penulisan. Berbeda dengan artikel jurnal minimal sepuluh halaman, prosiding maksimal tujuh halaman dan minimal lima halaman. Ini merupakan pengalaman kelas menulis dan silakan mencoba serta pastikan sukses.

 

Wahyudin Darmalaksana, Kelas Menulis UIN Sunan Gunung Djati Bandung    

 


Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

UIN SGD BANDUNG RAIH PERINGKAT PERTAMA DI INDONESIA VERSI SCIMAGO

PRESTASI

CARA MEMBUAT JUDUL PENELITIAN