WOW KEREN MAHASISWA UIN BANDUNG RAIH ANUGERAH START-UP DI WISUDA KE-79


 

Wisuda ke-79 menjadi peristiwa luar bisa. Pasalnya, Rektor, Prof. Dr. H. Mahmud, M.Si., memberikan anugerah paling berkesan di sepanjang sejarah.
 
Anugerah diberikan kepada salah seorang wisudawan sebagai pebisnis start-up di dunia mahasiswa. Dia akrab dipanggil Aden asal dari Tasikmalaya Jawa Barat. Kuliah di Jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Mahasiswa angkatan 2016 ini lulus memuaskan dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3.95. Sejak kuliah, dia gigih mengembangkan bisnis start-up.


Istilah start-up merujuk pada perusahaan rintisan. Biasanya belum lama beroperasi berada dalam fase pengembangan dan dibutuhkan riset untuk menemukan pasar yang tepat. Perusahaan start-up memuncak di era internet. Umumnya didirikan oleh interpreneur muda dengan melibatkan karyawan dari kaum millennial.
 
Mahasiswa pebisnis ini pandai membangun network (jaringan) di dunia start-up. Di masa kuliah dia berhasil menciptakan ekosistem start-up di lingkungan mahasiswa dari pelbagai pendidikan tinggi. Aden sukses menjadi interpreneur muda sejak di masa kuliah.
 
“Kisah inspiratif dari perjalanan mahasiswa ini layak diapresiasi sebagai satu tarikan nafas dengan gagasan kampus merdeka dan merdeka belajar,” ujar Wahyudin Darmalaksana, Dekan FU.
 
Nilai-nilai “merdeka belajar” tertanam di dalam diri Nabi Saw. “Di saat masih muda, Nabi Muhammad Saw. adalah ‘pedagang’ selama 27 tahun sebelum beliau diangkat menjadi Rasul. Nilai-nilai inti wirausaha dari Baginda Rasul mesti ditangkap sebagai semangat bagi kalangan muda untuk sukses dan berhasil dalam persaingan bisnis di masa sekarang,” lanjutnya mengutip pidato Ketua Senat.

Lihat Video Tekait: Sukses Bisnis Sejak Kuliah
 
Dekan mengajak mahasiswa kaum millennial Indonesia meneladani uswah (leadership) dalam manajerial. “Spirit ini mesti dibangkitkan di kalangan mahasiswa kaum millennial untuk merebut peluang menjadi ‘pemain’ start-up di Indonesia,” tegas Dekan yang juga pegiat Kelas Menulis di UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
 
“Mahasiswa kaum millennial hendaknya melirik dunia start-up. Memulai rintisan, mengembangkan, melakukan riset, dan mengakselerasi hingga menjadi start-up global. Kaum millennial merupakan generasi digital. Mereka memiliki berbagai inovasi melalui berpikir solutif dan kreatifitas tanpa batas,” tegasnya.
 
Dekan menghimbau agar pengalaman terbaik (best practice) dari mahasiswa inspiratif ini menjadi teladan untuk semua. Wisuda ke-79 berlangsung secara virtual dari Aula Anwar Musaddad Jalan AH. Nasution 105 Bandung, Sabtu, 24/10/2020 [Yudi].


Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

UIN SGD BANDUNG RAIH PERINGKAT PERTAMA DI INDONESIA VERSI SCIMAGO

PRESTASI

BANDUNG: TOP 10 PUBLIKASI INDEX SCOPUS